Comscore Tracker

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercaya

Dari Raja Arthur hingga Cawan Suci

Urban legend atau legenda urban adalah kisah kontemporer yang sering dianggap sebagai sebuah kebenaran oleh masyarakat tertentu.

Meskipun kebenarannya masih dipertanyakan oleh para sejarawan, legenda urban tidak bisa dianggap sebagai kisah bohong belaka karena ia sama seperti mentifact atau fakta mental yang disebarkan dari mulut ke mulut.

Di bawah ini akan membahas sembilan urban legend Eropa di Abad Pertengahan paling terkenal dan masih dipercaya oleh sebagian orang sampai hari ini. Berikut daftarnya.

1. Raja Arthur

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayamedievalists.net

Siapa yang tidak mengenal Raja Arthur? Menurut mitologi dan roman di Abad Pertengahan, Arthur dikenal sebagai raja Inggris (Keltik) yang bertakhkta di Camelot. Ia adalah pemimpin legendaris yang melawan bangsa Saxon di awal abad ke-6.

Sebagian besar kisah tentang Arthur memang terdiri dari cerita rakyat dan sastra, sehingga keberadaan historisnya masih diperdebatkan oleh sejarawan modern.

Beberapa orang yang percaya sering mengutip entri dalam Historia Brittonum dan Annales Cambriae yang menyebut Arthur sebagai seorang pemimpin Romawi-Inggris yang berperang melawan invasi Anglo-Saxon pada abad ke-5 hingga awal abad ke-6.

Namun, kurangnya bukti sejarah membuat Raja Arthur tercecer dari daftar tokoh sejarah yang benar-benar eksis, sehingga ia hanya ditempatkan ke dalam tokoh mitologi saja.

2. Robin Hood

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayahistory.com

Robin Hood adalah salah satu tokoh terkenal, di mana ceritanya berasal dari Abad Pertengahan. Namun, kisahnya masih menjadi elemen penting dalam budaya populer, terutama karena tindakan anti-hero-nya yang mencuri dari orang kaya, dan memberikannya kepada orang miskin serta berjuang melawan ketidakadilan dan tirani.

Asal muasal legendanya bisa ditarik ke beberapa tokoh nyata seperti Hereward the Wake, Eustace the Monk, Fulk FitzWarin, atau William Wallace. Ada sejumlah teori yang mencoba untuk mengidentifikasi sejarah Robin Hood, tetapi karena berbagai alasan ia masih menjadi sosok legenda dalam cerita rakyat Inggris.

Baca Juga: 6 Film Horor yang Terinspirasi dari Urban Legend, Bikin Merinding!

3. Prester John

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayanicholaskotar.com

Legenda Prester John cukup populer di Eropa dari abad ke-12 hingga abad ke-17, menceritakan seorang raja Kristen yang dikatakan akan memerintah negara Kristen yang hilang di tengah peradaban Muslim. Sayangnya, beberapa catatan tertulis tentang kerajaan ini berasal dari fantasi populer di Abad Pertengahan.

Sering disebut sebagai keturunan dari salah satu 'Tiga Orang Majusi', Prester John dikenal sebagai seorang penguasa yang murah hati dan pria yang berbudi luhur. Disebutkan juga kalau ia memimpin dunia yang penuh dengan hal-hal dan makhluk aneh.

Dilansir Britannica, kerajaannya sendiri diisi oleh berbagai keajaiban seperti Gerbang Alexander, Air Mancur Awet Muda, dan bahkan berbatasan dengan Surga Dunia.

Terlepas dari benar atau tidaknya, legenda tentang Prester John telah memengaruhi sejarah Eropa dan dunia, dan secara tidak langsung telah mendorong para penjelajah Eropa, misionaris, para ilmuwan, dan pemburu harta karun untuk pergi ke Dunia Baru.

4. Paus Joan

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayasmithsonianmag.com

Paus Joan (juga disebut La Papessa) adalah seorang paus wanita yang konon memerintah kurang dari tiga tahun pada tahun 850-an, antara kepausan Leo IV dan Benediktus III, meskipun pada nyatanya hanya ada jeda dua bulan di antara masa pemerintahan dua paus tersebut.

Paus Joan dikenal lewat beberapa legenda yang beredar di Abad Pertengahan. Bagi sebagian besar sejarawan dan sarjana agama modern, ia hanya dianggap sebagai tokoh fiktif yang mungkin berasal dari kisah satire anti-kepausan.

Oxford Dictionary of Popes bahkan mengakui kalau legenda ini pernah dipercaya secara luas selama berabad-abad, bahkan di kalangan Katolik, walau mereka sendiri menyatakan kalau tidak ada bukti kontemporer yang bisa membenarkan kisahnya.

5. Incubus dan Sucubus

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayaenacademic.com

Melansir dari Mythology Wiki, Incubus adalah iblis yang mengambil bentuk pria dan suka melakukan hubungan seksual dengan orang yang sedang tertidur, terutama wanita. Sedangkan Succubus adalah kebalikannya.

Menurut legenda, Incubus melakukan hubungan seksual agar dirinya bisa menjadi ayah dari seorang anak manusia, seperti yang dijelaskan dalam legenda Merlin yang menyebutkan kalau ia adalah anak dari Incubus.

Tradisi Kristen di Abad Pertengahan sendiri menyatakan kalau hubungan berulang dengan Incubus atau Succubus dapat mengakibatkan penurunan kesehatan sampai kematian. Sejumlah penjelasan modern pun telah diajukan untuk menjelaskan asal mula legenda Incubus.

Para sejarawan sering mengutipnya sebagai 'fantasi' orang Eropa di Abad Pertengahan yang sangat terobsesi dengan dosa, terutama dosa seksual wanita. Disebutkan kalau para korbannya mungkin pernah mengalami tidur berjalan atau sleep paralysis (ditindih).

6. Sepuluh suku Israel yang menghilang

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayaunderstandinglife.co.uk

Legenda ini mengacu pada suku-suku Israel kuno yang menghilang dari catatan Alkitab setelah Kerajaan Israel dihancurkan, diperbudak dan diasingkan oleh Kerajaan Asyur kuno. Banyak kelompok Yahudi yang memiliki doktrin tentang keberadaan atau kembalinya suku-suku ini di masa depan.

Berbeda dari kisah lain di daftar ini, sepuluh suku Israel yang hilang adalah subjek yang didasarkan pada fakta sejarah yang telah diautentikasi dan didokumentasikan. Ada banyak sekali literatur agama Yahudi tentang suku-suku yang hilang, walau tidak ada sumber khusus yang dapat menguatkan klaim tersebut.

Perlu dicatat kalau Kitab Mormon menyatakan kalau penduduk asli Amerika (Indian) berasal dari dua suku Israel yang hilang.

7. Seorang Yahudi yang mengembara

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayablogs.timesofisrael.com

The Wandering Jew adalah tokoh dari cerita rakyat Kristen Abad Pertengahan yang menyebar pada abad ke-13 sampai era Romantisisme. Legenda itu sendiri berkisah tentang seorang Yahudi yang mengejek Yesus ketika ia berjalan menuju penyaliban.

Ia kemudian dikutuk untuk terus berjalan sampai kembalinya Yesus dari surga ke bumi. Beberapa versi cerita yang berbeda membuat kebenarannya dipertanyakan.

Terkadang, dia disebut sebagai seorang pembuat sepatu atau pedagang biasa. Namun di waktu lain, dia disebut sebagai penjaga pintu di perkebunan Pontius Pilatus.

8. Cawan Suci

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayahistory.com

Menurut mitologi Kristen, Cawan Suci adalah cawan, piring, atau cangkir yang digunakan oleh Yesus pada Perjamuan Terakhir. Dikatakan kalau cawan ini memiliki kekuatan ajaib. Perkembangan tentang legenda ini telah dilacak secara saksama oleh para sejarawan budaya Barat, khususnya karena ia pertama kali muncul dalam bentuk roman tertulis.

Selain itu, ada pula sumber yang merujuk pada cerita rakyat pra-Kristen. Romansa tentang cawan ini pun sering berpusat pada Percival, salah satu anggota Ksatria Meja Bundar. Ada pula yang beranggapan kalau kaum Katar (salah saktu sekte Kristen) mengetahui lokasi cawan ini.

9. Air Mancur Awet Muda

9 Urban Legend Paling Terkenal di Eropa yang Masih Dipercayathedailymeal.com

The Fountain of Youth adalah mata air legendaris yang konon dapat mengembalikan usia siapa pun yang meminum airnya. Florida (ironisnya) sering dikatakan sebagai lokasinya. Hidup muda selamanya adalah anugerah yang sering dicari dalam mitos dan legenda dunia.

Tak heran kalau legenda tentang batu filsuf, obat keabadian, dan elixir of life sering ditemukan dalam legenda di seluruh Eurasia dan wilayah lainnya. Sayangnya, kisah tentang air mancur ini masih tidak bisa dibuktikan dengan catatan sejarah yang kredibel.

 

Nah, itu tadi sembilan legenda urban yang paling terkenal di Eropa Abad Pertengahan. Apakah ada legenda yang belum tertulis di atas? Jika ada, kalian bisa menambahkannya di kolom komentar ya!

Baca Juga: 8 Mitos dan Legenda Berdasarkan Kisah Nyata yang Mengerikan

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya