Comscore Tracker

Bisa Mempermudah Tidur, Inilah 5 Pengaruh Musik yang Kamu Harus Tahu

Bisa mempengaruhi perilaku belanjamu juga lho!

Musik merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Banyak sekali orang yang melakukan kegiatan sehari-hari mereka ditemani dengan alunan musik. Selain mengusir kebosanan, musik juga dapat menjadi teman saat merasa sedih.

Bukan suatu rahasia lagi bahwa musik dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik dapat mempengaruhi manusia dari sisi emosi, seperti saat mendengarkan lagu senang kita ikut merasa senang. Tidak hanya emosi, musik juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap tingkah laku manusia.

Berikut pengaruh musik yang mungkin tidak kamu sadari dalam aktivitas sehari-hari.

1. Mempengaruhi keputusan pembelian

Bisa Mempermudah Tidur, Inilah 5 Pengaruh Musik yang Kamu Harus TahuUnsplash/graphwyatt

Seringkali kita mengabaikan latar belakang musik di suatu tempat, misalkan toko baju atau restoran. Ternyata musik dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam berbelanja, lho.

Sebuah studi dari University of South Florida menemukan musik bervolume tinggi di restoran atau supermarket dapat mengarahkan konsumen untuk membuat pilihan makanan yang tidak sehat, sementara musik yang lebih tenang dapat mendorong pembelian makanan yang lebih baik.

Menurut studi tersebut, musik bervolume tinggi dapat meningkatkan tingkat kegembiraan sehingga orang ingin memilih makanan yang dapat memanjakan lidah mereka. Sedangkan musik yang lebih tenang membuat seseorang lebih rileks dan lebih perhatian sehingga lebih memikirkan hal-hal yang baik untuk jangka panjang.

2. Konsumsi alkohol

Bisa Mempermudah Tidur, Inilah 5 Pengaruh Musik yang Kamu Harus Tahuunsplash/scottiewarman

Pernahkah kamu penasaran mengapa musik di bar memiliki volume yang kencang? Musik yang kencang dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi alkohol lebih banyak dan memesan lebih banyak minuman. Kencangnya volume musik juga membatasi interaksi sosial di bar sehingga orang lebih banyak minum karena mereka lebih sedikit berbicara.

Bagi kalian yang sering memesan alkohol di bar sebaiknya berhati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental, Sudah Tahu? 

3. Mengoptimalkan olahragamu

Bisa Mempermudah Tidur, Inilah 5 Pengaruh Musik yang Kamu Harus Tahupixabay/stocksnap

Olahraga sambil mendegarkan musik ternyata bermanfaat bagi kita. Selain lebih menyenangkan, musik juga dapat mempengaruhi performa kita saat berolahraga.

Dikutip dari acefitness.org, sebuah studi menyatakan bahwa jika kita meningkatkan frekuensi tempo musik, orang cenderung lebih cepat atau bekerja lebih keras sehingga meningkatkan performa mereka saat olahraga.

Musik juga dapat membantu kita menikmati olahraga yang kita jalani karena musik mampu mengalihkan fokus kita dari ketidaknyamanan yang ada saat olahraga

4. Mengurangi rasa sakit

Bisa Mempermudah Tidur, Inilah 5 Pengaruh Musik yang Kamu Harus Tahudiethics.com

Musik dapat mempengaruhi suasana hati kita dan memiliki manfaat seperti mengontrol rasa stres. Selain itu, musik juga memiliki peranan di bidang medis yaitu mengurangi rasa sakit.

Menurut Psychologytoday.com, sebuah studi menemukan bahwa peserta studi tersebut memiliki kontrol rasa sakit yang lebih besar dan mampu menangani rasa sakit lebih lama saat mendengarkan musik bahagia.

Musik yang santai juga mengurangi kecemasan dan intensitas rasa sakit sedangkan musik sedih tidak seefektif musik yang bahagia atau santai namun masih lebih baik daripada tidak ada musik sama sekali.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Bisa Mempermudah Tidur, Inilah 5 Pengaruh Musik yang Kamu Harus Tahupixabay/sweetlouise

Musik memiliki kemampuan untuk memperlambat detak jantung dan pernapasanmu, menurunkan tekanan darah, dan bahkan dapat memicu ototmu untuk rileks. Perubahan biologis ini mencerminkan beberapa perubahan yang sama yang dialami tubuh ketika kamu tertidur, menjadikan musik persiapan sempurna untuk tidur nyenyak.

Pilihlah lagu yang memiliki ritme sekitar 60 sampai 80 ketukan per menit, yang mungkin dapat kamu temukan di lagu-lagu klasik, jazz, dan folk.

Itulah beberapa pengaruh musik yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh musik mana, nih yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: Secara Ilmiah, Ini 7 Efek Mendengarkan Musik Klasik untuk Manusia

Sharon Suryaatmadja Photo Writer Sharon Suryaatmadja

Loves music and watching movies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya