Comscore Tracker

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Air

Herbal alami banyak manfaatnya, lho!

Biasanya tumbuhan herbal digunakan untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, hingga mencegah serangan serangga dan jamur. Salah satu contoh tanaman herbal adalah kemangi. Tak heran bila tumbuhan yang termasuk dalam tanaman herbal sering di pelihara selain untuk menjadi hiasan rumah, tanaman herbal juga memiliki banyak fungsi.

Bila kamu tak mau repot menanam tanaman hias di tanah ataupun kamu tidak mempunyai media tanam seperti pot dan tanah, air juga bisa menjadi media tempat tumbuhnya beberapa tanaman herbal berikut ini. Biar kamu nggak penasaran tanaman herbal apa saja yang bisa tumbuh di air, simak artikel di bawah ini, guys!

1. Peppermint

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Airpeppermint (youtube.com/DIYGardenIdeas)

Peppermint merupakan tanaman herbal paling populer untuk keperluan pengobatan karena mengandung mentol zat volatil dalam jumlah tinggi. Selain rasanya yang bisa memberikan sensasi dingin yang unik, tumbuhan ini juga mudah untuk ditumbuhkan dalam air, salah satu cara mudahnya yaitu cukup masukkan stek batang peppermint segar ke dalam air untuk menumbuhkan tanaman baru.

2. Oregano

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Airoregano (youtube.com/FreshIngredients)

Tanaman herbal lainnya yang juga mempunyai rasa sensasi pedas yaitu oregano. Ramuan pedas satu ini juga layak dan mudah untuk ditanam di dalam ruangan karena selain mudah tumbuh di dalam air kamu juga dapat menggunakan daunnya untuk membumbui sayuran.

Cara untuk menanam tumbuhan oregano di air adalah dengan mengambil stek yang masih segar dan tinggal dimasukkan ke dalam air. Jangan lupa untuk mulailah mencubit ujung tumbuh segera setelah tanaman mulai tumbuh dengan baik agar tanaman semakin subur.

3. Basil

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Airbasil (youtube.com/BonniePlants)

Salah satu kelebihan daun basil adalah dapat mengobati jerawat, mengatasai kelelahan, mengurangi stres, hingga menurunkan gula darah. Tanaman herbal yang satu ini juga dapat tumbuh di berbagai wadah seperti tanah hingga air.

Cara menanam tanaman basil di air hampir sama dengan cara pepermint, yaitu ambil stek batang tanaman kapan saja sebelum mulai berbunga lalu dimasukkan ke air.

4. Sage

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Airsage (youtube.com/KhangStarr)

Sage merupakan tanaman herbal asli yang berasal dari pantai utara Mediterania. Tanaman yang memiliki nama ilmiah salvia officinalis ini masih satu keluarga dengan oregano, lavender, rosemary, thyme, dan basil. Sage dikenal dapat mengobati berbagai penyakit dari gangguan mental hingga gangguan sistem pencernaan. Kandungan antioksidan pada daun sage juga terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Cara menumbuhkan tanaman sage di air adalah dengan mengambil stek lunak dan akarkan dalam air. Jauhkan tanaman di tempat yang terang dan di tempat yang berudara baik karena ramuan ini rentan terhadap jamur.

5. Lemon balm

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Airlemon balm (unsplash.com/victorserban)

Aroma lemon dari ramuan keluarga mint ini adalah suguhan yang nikmat bila menanamnya di rumah. Daunnya juga sangat bagus untuk membuat teh. Selain memberikan aroma yang nikmat, lemon balm bermanfaat untuk kesehatan seperti mengurangi insomnia dan mengurangi peradangan rasa sakit.

Cara menumbuhkan tanaman ini adalah dengan mengambil stek batang lalu taruh dalam air kemudian simpan wadah di tempat yang hangat yang menerima banyak cahaya tidak langsung yang terang. Mereka mungkin memakan waktu hingga 3-4 minggu untuk mengembangkan akar. Jaga air tetap bersih dengan penggantian rutin.

6. Tarragon

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Airtarragon (youtube.com/HealthApta)

Tarragon alias artemisia dracunculus merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan. Kegunaan tarragon dalam masakan diperoleh dari daun kering dan pucuk bunganya. Selain menambah cita rasa makanan, tarragon juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu melancarkan pencernaan hingga meningkatkan nafsu makan.

Cara menumbuhkan  tanaman ini di air adalah dengan mengambil stek batang tanaman lalu simpan di air. Simpan stek di tempat yang hangat yang mendapat cahaya terang.

7. Thyme

7 Tanaman Herbal Bermanfaat yang Mudah Tumbuh di Airthyme (youtube.com/GoGreen)

Thyme atau dikenal dengan nama latin thymus vulgaris ini dapat dikonsumsi dalam kondisi segar atau dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, thyme juga bisa diolah menjadi teh herbal, minyak esensial untuk aromaterapi, hingga obat tradisional.

Cara menumbuhkan tanaman ini dengan mengambil stek pertumbuhan baru yang berwarna hijau karena pertumbuhan bagian tua yang telah menjadi kaku dan coklat mungkin tidak mudah tumbuh akar.

Waktu terbaik untuk mengambil stek adalah sebelum tanaman mulai berbunga. Batang tipis thyme dapat mengering dengan sangat cepat, jadi masukkan ke dalam air segera setelah memotongnya. Semprotkan bagian di atas air, jika perlu. Setelah mulai tumbuh, potong batangnya untuk mendorong percabangan.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa tumbuh dalam air. Selain bisa jadi tanaman hias, tanaman herbal di atas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman untuk Teh Herbal yang Bisa Ditanam dalam Pot

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya