Comscore Tracker

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakan

Mulai dari hal-hal kecil yang sering terabaikan

Gangguan kecemasan adalah kondisi yang benar-benar kompleks dan melelahkan. Saat logika mengatakan bahwa tidak ada yang salah dan perlu dirisaukan, otak justru bertindak sebaliknya. Akibatnya, kamu akan merasa lebih kacau dan hal ini memengaruhi produktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi situasi ini, yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengakali otak. Bukan dengan trik atau solusi kognitif, melainkan dengan mengalihkan pikiran sepenuhnya. Meski gangguan kecemasan tidaklah mudah untuk dialami dan dapat dihilangkan dalam sekejap mata, mulai melakukan hal-hal kecil seperti berikut ini dapat membantumu untuk merasa lebih baik.

1. Tanyakan pada dirimu sendiri tentang apa yang akan kamu lakukan bila kamu adalah anak kecil

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakaneverypixel.com

Seiring bertambahnya usia dan pengalaman, manusia kerap menjadi lebih keras terhadap dirinya sendiri. Kini saat kamu mulai merasa cemas, cobalah untuk menempatkan diri sebagai anak kecil.

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang akan kamu lakukan bila ada hal yang mengganjal secara emosional? Boleh jadi, jawabannya adalah dengan mencorat-coret di atas kertas, berjalan-jalan, atau bahkan makan snack kesukaan. Intinya, cobalah untuk memperlakukan diri sendiri dengan lebih baik.

2. Berhenti melakukan apa pun dan duduk

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakanheysigmund.com

Saat kecemasan melanda, berhentilah melakukan apa yang sedang kamu lakukan--entah berjalan kaki, beberes rumah, mengerjakan tugas, atau yang lainnya. Sebagai gantinya, duduklah di mana pun yang dekat dari tempatmu berada. Tutup kedua mata dan cobalah untuk fokus dengan apa yang terjadi pada dirimu. 

Perhatikan apa yang terjadi dengan tubuh, mulai dari ujung jari hingga ujung kepala tanpa perlu memberi sangkalan apa pun. Tidak perlu menghindari bila memang ada 'sesuatu' yang sedang terjadi dalam pikiran maupun badanmu. Cukup duduk, amati, dan terima saja apa pun yang tengah kamu alami tanpa menolaknya.

3. Mandi air dingin

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakanrd.com

Saat sedang risau, cobalah untuk mengguyur tubuhmu di bawah pancuran air. Bagi sebagian orang, terapi ini bekerja cukup baik untuk menghalau kecemasan dan suasana hati buruk.

Namun, kamu tidak harus melakukannya langsung dengan air dingin. Lakukan secara bertahap, mulai dari air hangat lalu perlahan-lahan memutar keran sehingga terbuka aliran air dingin. Transisi semacam ini dapat menjadi latihan untukmu menyadari bahwa kamu pun dapat melalui gangguan kecemasan yang menghantui.

Baca Juga: 7 Gejala Gangguan Kecemasan yang Sering Dianggap Bentuk Kepribadian

4. Pergi ke luar

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakannatalierousseau.com

Salah satu cara strategi terbaik dan termudah yang dapat dilakukan oleh orang-orang dengan gangguan kecemasan adalah dengan pergi ke luar ruangan dan menyatu dengan alam. Tak harus pergi ke Bali, Sumbawa, atau tempat-tempat sejenis lainnya, terpapar sinar matahari hangat pun cukup untuk membuatmu lebih baik.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan, berlari, atau bersepeda ke tempat-tempat alami. Aktivitas seperti ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan membuatmu merasa lebih relaks.

5. Melatih indra

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakanweararizen.com

Cara ini mungkin masih cukup asing di telingamu. Namun, latihan 'five things' ini sangat mudah dan dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, serta melibatkan seluruh panca indramu.

Kali lain kecemasan datang menghampiri, cobalah untuk memperhatikan lima hal yang ada di sekitarmu, empat hal yang dapat kamu sentuh, tiga hal yang dapat kamu dengar, dua hal yang dapat kamu baui, dan satu hal yang dapat kamu kecap. Latihan semacam ini dapat membantu menjernihkan pikiranmu.

6. Berikan sebutan atau nama untuk kecemasanmu

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakanmedicalnewstoday.com

Salah satu saran yang diberikan oleh konselor untuk mengatasi situasi ini adalah dengan memberi nama untuk gangguan kecemasan yang kamu alami. Asosiasikan gangguan kecemasan sebagai makhluk atau seseorang. Deskripsikan dengan detail seolah-olah dia sedang ada bersamamu.

Melalui personifikasi, kamu jadi lebih mudah untuk mengatasi manakala rasa gelisah tersebut kembali muncul. Dengan mengetahui bagaimana karakter dan wujudnya, kamu pun dapat memperlakukannya seperti bagaimana kamu memperlakukan orang lain, termasuk menyuruhnya pergi.

7. Buat daftar lagu dan guyonan

7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakanunsplash.com

Daripada berlama-lama mengurung diri dengan pikiran dan emosi negatif, cobalah untuk lebih ceria meski tak harus berinteraksi langsung dengan individu lain. Salah satu caranya adalah dengan memutar musik. Tak perlu malu atau ragu, ikutlah menyanyi bersama dengan alunan lagu yang diputar.

Selain itu, kamu juga bisa mencari guyonan seperti di YouTube atau meme yang banyak tersebar di internet. Mengalihkan perhatian dari hal-hal yang membuatmu merasa sendu tidak harus dengan menenggelamkan diri dalam pekerjaan, kok!

Gangguan kecemasan sama sekali bukan hal yang mudah dan tidak semua orang dapat memahaminya. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak dapat lepas dari belenggu ini. Bila hal-hal di atas tidak terlalu manjur buatmu, jangan lupa bahwa masih ada pihak profesional yang dapat membantumu.

Baca Juga: 7 Tanda Agoraphobia dan Fakta Ilmiah tentang Kecemasan pada Keramaian

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You