Comscore Tracker

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!

Ada yang perlu direvisi nih kayaknya

Penemuan telepon listrik oleh Alexander Graham Bell di tahun 1876 menjadi salah satu penemuan terbesar yang pernah ada. Kehadiran perangkat elektronik tersebut suskes menggantikan telegraf sebagai solusi komunikasi jarak jauh satu-satunya pada saat itu. Melalui gagang telepon, individu dapat berkomunikasi dengan cara yang jauh lebih praktis.

Namun, setelah lebih dari satu abad dunia mengenal Graham Bell sebagai otak di balik karya gemilang tersebut, sejarah perlu diperbarui. Beberapa nama muncul diperdebatkan, termasuk Elisha Gray. Pada akhirnya, di tanggal 11 Juni 2002, Kongres Amerika Serikat menetapkan bahwa Antonio Meucci sebagai penemu telepon yang pertama kali

1. Ilmuwan berkebangsaan Italia

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!up.sorgenia.it

Antonio Santi Giuseppe Meucci lahir di Florence, Italia, pada tahun 1808 dan merupakan putra dari Amatis Meucci dan Domenica Pepi. Dia adalah anak pertama dari sembilan bersaudara. Ayahnya seorang pegawai pemerintahan setempat sekaligus seorang polisi, sementara ibunya seorang wanita rumah tangga.

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!puntoycoma.pe

Ketika usianya baru mencapai 15 tahu, Meucci terdaftar sebagai murid termuda di Florence Academy of Fine Arts. Dia mengambil jurusan teknik mesin dan kimia. Karena keterbatasan dana, setelah dua tahun pertamanya menempuh studi sebagai full time student, dia kemudian melanjutkan pendidikannya sembari bekerja sebagai pegawai bea cukai pemerintahan setempat.

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!archeocomputing.com

Meucci lalu mendapat kesempatan untuk bekerja di opera house bersejarah di Florence, Teatro della Pergola. Sang penemu bekerja sebagai teknisi panggung. Di tempat ini, dia bertemu dengan Esterre Mochi, seorang desainer kostum yang kemudian dinikahinya pada tanggal 7 Agustus 1834.

2. Awal penemuan telepon

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!pixabay.com

Di tahun yang sama, 1834, Meucci merancang sebuah telepon pipa akustik sebagai media komunikasi antara panggung dan ruang kontrol teater. Namun, situasi politik di Italia yang mendukung dan sempat menjebloskannya ke penjara selama tiga pulan membuatnya bersama istri bermigrasi ke Havana, Kuba, pada 1835.

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!youtube.com/DougCameramen

Pada 1844, setelah sebelumnya juga menjadi chief engineer di gedung teater Gran Teatro de Tacon, Havana, Meucci mendirikan perusahaan penyepuhan listrik (electroplating). Dia pun terus bereksperimen hingga di tahun 1848, lelaki Italia tersebut menemukan ketertarikan khusus soal listrik dalam penyembuhan rasa sakit.

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!oldradioparts.com

Barulah kemudian di tahun 1849, Meucci menemukan efek elektrofonik ketika melakukan perawatan pada seorang pasien yang mengalami migrain. Dari sinilah Meucci lantas merancang sebuah perangkat yang disebut talking telegraph dan menjadi cikal bakal telepon.

Baca Juga: Inilah 6 Penemuan Eksoplanet Paling Ekstrem yang Tersebar di Antariksa

3. Pengembangan eksprerimen

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!wikiwand.com

Meucci dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1850 dan menetap di New York hingga akhir hayatnya kelak. Untuk menunjang kebutuhan finansial, dia pun mendirikan sebuah usaha pembuatan bir dan juga lilin.

Namun, eksperimennya soal komunikasi suara berbasis elektromagnetik tetap berkelanjutan. Meucci berhasil melakukan panggilan suara melalui kawat di tahun 1856. Hingga tahun 1870, dia pun berhasil mengembangkan lebih dari 30 jenis telepon berdasarkan prototype yang dibuatnya.

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!marketingdonut.co.uk

Sayangnya, support berupa finansial tidak dimiliki Meucci untuk terus mengembangkan penemuannya. Pabrik lilinnya mengalami kebangkrutan dan di tahun 1871, terjadi kebakaran yang semakin memperburuk situasinya.

4. Hak paten dan finansial

Bukan Alexander Graham Bell, Inilah Penemu Telepon yang Sesungguhnya!golegal.co.za

Walau begitu, sesungguhnya, semangat Meucci tidak lantas pudar begitu saja. Pada 12 Desember 1871 dia membuat kesepatakan dengan Sereno G. P. Breguglia Tremeschin, Angelo Antonio Tremeschin, dan Angelo Zilio Gandi mendirikan Telettronfo Company.

Mereka pun lantas bersiap mengajukan hak paten atas penemuan tersebut. Karena keterbasatan dana, mereka pun hanya bisa menggunakan hak paten sementara. Sayangnya, sang pengacara yang disewa tidak benar-benar memahami penemuan yang dikerjakan Meucci tersebut. Singkatnya, dalam hak paten sementara yang dimiliki, keterangan soal transmisi suara berbasis elektromagnetik yang justru menjadi inti dari penemuan tersebut tidak tercantum.

Partnership yang dijalani bersama tiga orang tersebut pun bubar. Tidak adanya sokongan finansial pun membuat Meucci hanya mampu memperpanjang hak patennya hingga tahun 1874. Hal ini juga diperparah dengan kondisi kesehatannya yang terus memburuk dan lagi-lagi, membutuhkan dana untuk pengobatan.

Hanya berselang dua tahun kemudian, di tahun 1876, nama Alexander Graham Bell pun muncul sebagai pemilik paten atas inovasi telepon berbasis sinyal elektromagnetik. Nama ilmuwan asal Edinburgh ini pun hingga lebih dari seabad setelahnya dikenal sebagai penemu telepon di seantero dunia.

Meucci sendiri meninggal pada tahun 1889 dalam usia 81 tahun karena sakit yang dideritanya. Hmmm... ternyata, perjuangan menjadi ilmuwan besar tidaklah mudah, ya?

Baca Juga: 15 Penemuan Terbesar Spitzer selama 15 Tahun Misi di Luar Angkasa

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya