7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisik

Ikan dengan banyak pertahanan diri

Tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan pemeran Nyonya Puff di serial kartun Spongebob Squarepants bukan? Yup, Nyonya Puff adalah jenis ikan Fugu dari famili Diodontidae yang digambarkan dapat menggembungkan dirinya saat terkena ancaman atau stres.

Fugu juga memiliki beberapa pertahanan diri dari serangan predator. Selain itu, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari ikan fugu. 

1. Ukurannya bervariasi

7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisiktheguardian.com

Ikan fugu atau ikan buntal ini memiliki ukuran yang bervariasi dari ikan buntal kerdil sepanjang satu inci, hingga ikan buntal air tawar raksasa sepanjang dua kaki. Jenis ikan ugu terbesar yang pernah ada disebut atau dikenal dengan sebutan ikan stella. Adapun ukuran ikan fugu stella yaitu mencapai 47 inci atau 120 cm.

2. Mempunyai racun mematikan

7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisikcolors.life

Sebagai alat pertahanan diri, ikan fugu akan menggembungkan tubuhnya dan mengeluarkan duri- duri beracun. Racun itu adalah Tetrodotoxin atau TTX, neurotoksin yang bekerja merusak sistem saraf sehingga menyumbat saluran komunikasi antara tubuh dengan otak dalam waktu singkat. Bahkan racunnya lebih berbahaya dari sianida. 

3. Mempunyai gigi yang tajam

7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisikatlasobscura.com

Ikan fugu atau ikan buntal ini berasal dari famili Diodontidae dan berasal dari ordo Tetraodontiformes. Nama tetraodontiformes berasal dari morfologi gigi ikan ini, yaitu memiliki dua gigi besar pada rahang atas dan bawah yang cukup tajam seperti paruh yang selalu tumbuh memanjang. Untuk mengatasi tumbuhnya gigi tersebut, ikan fugu memotong giginya dengan cara menggesekkan gigi pada terumbu karang dan bebatuan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Ikan Buntal, Ada Bisa Membesar hingga 3 Kali Ukuran Asli

4. Ikan yang gak memiliki sisik

7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisiktumblr.com

Ternyata tak semua ikan memiliki sisik, contohnya ikan fugu. Ikan fugu memiliki kulit yang tebal dan kasar. Namun, beberapa spesies memiliki duri pada kulitnya untuk pertahanan diri.

5. Bisa menggembungkan tubuh

7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisikwashingtonpost.com

Selain memiliki racun, salah satu bentuk pertahanan diri dari ikan fugu adalah kemampuannya dalam menelan air dan atau udara sehingga tubuhnya menjadi menggembung melebihi tiga kali lipat dari ukuran biasanya. Transformasinya yang cepat saat terancam ini sangat menakuti hewan yang akan memangsanya. 

6. Bisa mengubah warna tubuhnya

7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisikdivementor.org

Seperti halnya bunglon, Ikan fugu juga mampu mengubah warna tubuhnya menjadi terlihat lebih cerah ataupun lebih gelap untuk mengelabui predator. Keunikan tersebut bereaksi mengikuti keadaan lingkungan yang ada di area sekitar ikan.

7. Bisa membuat rumah sendiri

7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisikflickr.com

Fugu putih dan fugu masked adalah sebagian spesies ikan yang bisa membuat rumahnya sendiri. Rumah ini dibuat oleh ikan fugu jantan pada saat musim kawin untuk menarik lawan jenis dan sebagai tempat ikan fugu betina bertelur.

Proses pembuatan rumah yang ukurannya bisa mencapai diameter tiga meter itu menghabiskan waktu sembilan hari menggunakan dada dan sirip ekornya.

Baca Juga: Dua Nelayan Myanmar Ditemukan Tewas Setelah Makan Telur Ikan Buntal

Sherly Photo Community Writer Sherly

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You