Comscore Tracker

5 Misteri Perilaku Unik Bayi yang Perlu Kamu Tahu

Tahukah kamu alasannya?

Kehadiran bayi selalu membuat kita antusias dan terkesan, terlebih dengan setiap tingkah lakunya. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin membuat kita bertanya-tanya kenapa si bayi "bertingkah" demikian. Nah, ini lima pertanyaan tentang bayi yang seharusnya pernah kita pikirkan beserta dengan penjelasan ilmiahnya.

1. Mengapa saat menangis, bayi tidak mengeluarkan air mata?

5 Misteri Perilaku Unik Bayi yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Tim Bish

Apakah kamu pernah khawatir ketika melihat bayi menangis sambil menjerit dengan keras, mereka tidak mengeluarkan air mata? Atau justru kamu termasuk orang yang sering menggoda si bayi dengan mengatakan bahwa dia sedang merajuk atau bersandiwara sedang menangis tanpa mengeluarkan air mata?

Fakta ilmiahnya, bayi tidak mengeluarkan air mata ketika menangis karena saluran kelenjar air mata bayi belum berkembang sempurna. Kelenjar tersebut baru akan sempurna saat mereka berumur tiga bulan.

Kelenjar mata pada bayi yang baru lahir hanya cukup menghasilkan air mata untuk melumasi dan melembapkan mata pada bayi. Namun, jika hingga usia lebih dari empat bulan si bayi belum juga bisa mengeluarkan air mata, kamu perlu memeriksa kesehatannya. Barangkali ada saluran air mata yang tersumbat atau terinfeksi.

2. Kok, dengan mata tertutup, bayi bisa menemukan puting payudara dan dot pada botol susu?

5 Misteri Perilaku Unik Bayi yang Perlu Kamu Tahuunspalsh.com/Eco Grid

Saat mengasuh bayi, mungkin kamu bingung. Kenapa bayi sudah memanyunkan bibirnya padahal dot botol susu belum menyentuh bibirnya dan mata mereka masih tertutup? Perilaku bayi tersebut pun mungkin sering kamu jumpai saat bayi hendak menyusu pada ibunya.

Ternyata perilaku bayi tersebut disebabkan kemampuan bayi yang dapat mencium bau kolostrum yang terkandung di dalam ASI. Selain itu, bayi juga mampu mencium bau menarik lainnya yang dikeluarkan oleh kelenjar susu. Kandungan susu formula yang dibuat serupa ASI pun mampu tercium oleh bayi. Itu sebabnya mereka bisa sadar dan siap menyedot ketika botolnya didekatkan.

Baca Juga: 10 Bayi Hewan Ini Ternyata Gak Mirip Sama Induknya

3. Apakah bayi mengenali suara kita?

5 Misteri Perilaku Unik Bayi yang Perlu Kamu Tahuunspalsh.com/Sean Roy

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa bayi konsisten merespons kehadiran seseorang yang berbincang dengannya. Namun, mereka memilih tidak merespons suara orang yang berbeda?

Ternyata bayi sudah mampu mengenali perbedaan suara ketika baru lahir atau hingga usia satu bulan. Bahkan, kemampuan mengenali suara sudah dimiliki bayi sejak masih di dalam kandungan atau saat janin menginjak usia lima bulan.

4. Kenapa bayi lebih merespons saat wajah kita begitu dekat dengan wajahnya?

5 Misteri Perilaku Unik Bayi yang Perlu Kamu Tahuunspalsh.com/Gift Habeshaw

Apakah kamu menyadari bahwa bayi lebih antusias saat wajah kita begitu dekat dengannya. Namun, saat kita menjauh dan ingin mengambil gambarnya, si bayi justru berhenti tersenyum.

Ternyata, hal tersebut karena sudut pandang bayi hanya 20-30 cm hingga usia satu bulan. Lebih dari jarak tersebut, apa yang dilihat bayi masih terlihat kabur.

5. Kenapa ketika tidur, bayi lebih suka mengangkat tangannya ke atas?

5 Misteri Perilaku Unik Bayi yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Kelly Sikkema

Memandangi bayi yang tertidur pulas adalah salah satu hal yang membahagiakan para orangtua. Bahkan, mungkin kamu pun akan menghabiskan waktu belasan menit hanya untuk memandanginya.

Namun, apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa bayi sering mengangkat tangannya ke atas ketika tidur? Ternyata jawabannya adalah karena bayi memiliki refleks moro.

Refleks moro adalah refleks tiba-tiba ketika bayi mendengarkan suara atau gerakan yang mengejutkan. Berdasarkan buku Rumah Main Anak karya Julia Sarah Rangkuti, saat terkejut, bayi akan melengkungkan punggungnya, melemparkan kepalanya ke belakang, dan merentangkan tangan dan kakinya. Gerakan tersebut merupakan refleks moro yang digunakan bayi baru lahir untuk mempertahankan diri.

Bayi sudah mulai mengenali suara, akan tetapi belum bisa membedakan suara yang normal dan suara yang tidak normal. Sehingga ketika bayi sedang tidur dan tiba-tiba mendengar suara baru atau keras, bayi akan terkejut dan melakukan refleks moro. Refleks moro tersebut yang membuat tangan bayi terangkat ke atas kemudian terkulai di posisi tersebut.

Nah, itu tadi lima pertanyaan tentang bayi yang seharusnya pernah kita pikirkan dan cari tahu jawabannya. Berapa banyak pertanyaan di atas yang sudah kamu ketahui jawabannya sebelumnya? Sampaikan di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: 5 Tingkah Bayi Hewan yang Mirip Anak Manusia, Bikin Gemas!

Shinta Dwi Adinda Photo Community Writer Shinta Dwi Adinda

Cheer up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You