Comscore Tracker

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinya

Fungsi puting susu pada pria, apaan hayo?

Kalau ngomongin anggota tubuh dan fungsinya, mungkin kamu sudah hafal di luar kepala. Telinga, hidung, mata, jantung, paru-paru dan sebagainya. Tapi di antara semua organ tubuh yang kamu miliki, ada beberapa yang sebenarnya aneh dan bahkan gak punya fungsi.

Delapan organ tubuh ini contohnya, mereka termasuk ke dalam kelompok organ tubuh yang aneh dan kamu harus tahu apa fungsinya.

1. Uvula

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinyatwitter.com/drbenirusani

Gak ada yang peduli sama benda kecil menggantung di tenggorokanmu ini, kecuali mungkin para komikus dan animator. Beberapa teori mengatakan kalau uvula, yang hanya terdapat pada manusia, membantu nenek moyang kita untuk berbicara atau minum ketika membungkukkan badan ke sungai saat zaman prasejarah.

Tapi fungsi yang paling jelas adalah uvula bisa dengan cepat menghasilkan ludah. Uvula mungkin juga bisa bikin kamu mendengkur, karena orang yang punya jaringan saraf di uvula mereka cenderung akan mendengkur dibandingkan orang yang tak punya jaringan saraf di uvulanya.

2. Alis

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinyarawpixel.com/383869

Melalui barisan rambut halus yang sekarang bisa dipakai buat komunikasi itu, fungsi utamanya adalah melindungi mata kita dari debu, air, dan sinar matahari. Alis juga jadi faktor penting untuk mengenali wajah seseorang.

3. Rambut ketiak

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinyarawpixel.com/473988

Rambut yang gak pernah diinginkan keberadaannya ini awalnya berfungsi untuk menarik lawan jenis karena aromanya. Rambut ketiak tumbuh di atas kelenjar keringat yang memproduksi aroma tubuh seseorang yang mungkin bisa menarik perhatian lawan jenis di masa prasejarah.

Sekarang, wanita pada umumnya malah mencukur rambut ini untuk menarik pasangannya.

4. Puting susu pada pria

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinyarawpixel.com/186635

Surprise! Semua janin di dalam rahim pada awalnya adalah berjenis kelamin perempuan. Selama 60 hari, semua embrio akan memiliki aktivitas genetik yang sama, hingga tentosteron mengubah dan menambahkan kromosom Y di janin embrio tersebut dan meninggalkan puting susu.

Baca Juga: Gak Nyangka, 5 Perilaku Hidup Bersih Ini Malah Buruk Bagi Kesehatan

5. Amandel

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinyaenews.tech

Kalau kamu pernah sakit tenggorokan, mungkin kamu bakal melihat adanya jaringan di belakang mulutmu bengkak, merah, dan mungkin ada bercak-bercak putih.

Sebagai bagian dari sistem limfatik, amandel akan melindungi tubuh dari infeksi yang masuk melalui hidung dan mulut. Tapi amandel itu sendiri juga bisa terinfeksi ketika terbebani dengan banyaknya bakteri atau virus.

Karena hanya berfungsi sebagai pertahanan awal, amandel bisa dihilangkan dengan cara operasi jika memang sudah terlalu kronis atau menimbulkan nafas yang tak sedap.

6. Kuku jari

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinyarawpixel.com/15502

Kuku jari adalah organ tubuh yang menjadi pembeda antara primata dan mamalia lainnya. Kebanyakan mamalia memiliki cakar dan kuku jari adalah versi datarnya. Ketika nenek moyang kita menggunakan kuku mereka untuk meraih cabang pohon dan buah-buahan, kini kita menggunakan kuku untuk membalik buku, menggaruk sesuatu, atau apapun.

Kuku jari juga menjadi jendela yang bisa mengungkap kesehatan tubuh. Perbedaan warna kuku bisa menandakan beberapa masalah kesehatan.

7. Usus buntu

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinyarawpixel.com/399833

Usus buntu atau apendiks, organ tubuh sepanjang 8 cm yang terdapat pada usus besar ini punya sejarah yang panjang. Ketika membengkak (biasanya disebabkan oleh luka atau infeksi) bisa pecah dan dengan fatalnya menyebarkan zat infeksi ke organ tubuh lainnya.

Pembengkakan usus buntu ini dinamakan apendisitis, dan lebih sering menyerang anak-anak. Ketika usus buntu diambil, tak akan ada dampak yang bisa dirasakan dari tubuh.

8. Gigi bungsu

Jangan Cuma Dilihat, Kamu Harus Tahu 8 Organ Tubuh 'Aneh' & Fungsinya123dentist.com

Gigi bungsu sebenarnya adalah tiga set gigi geraham yang membantu nenek moyang kita mengunyah makanan yang keras dan kasar seperti akar, kacang dan daging, terutama jika gigi lainnya sudah tanggal.

Sekitar 35 persen orang gak punya gigi bungsu, tapi sisanya bakal tumbuh gigi bungsu mulai usia 10 tahun dan akan mulai naik menyobek gusi ketika usia 17 hingga 30 tahun, itulah sebabnya gigi bungsu juga dinamakan wisdom teeth karena tumbuh di usia-usia kita mendapatkan kebijaksanaan diri.

Gigi bungsu yang tumbuh sempurna gak perlu dicabut. Tapi kalau dibiarkan saat bertumbuh miring bisa menyebabkan masalah gusi atau merusak gigi terdekatnya sehingga mau tak mau harus dilakukan pembedahan kecil untuk mencabut gigi bungsu.

Siapa sangka 8 organ tubuh ini ternyata punya kisah dan fungsi masing-masing ya?

Mungkin 100 tahun lagi, orang-orang gak bakal butuh lidah untuk mengecap rasa atau telinga untuk mendengar karena tubuh manusia sudah berevolusi di tahap yang gak bisa kita bayangkan.

Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Ajaibnya Ternyata Manusia Tetap Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Tubuh Ini Lho

Jaladriana Photo Verified Writer Jaladriana

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You