Comscore Tracker

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di Dunia

Sayangnya, sebagian merupakan spesies terancam punah

Saat ini, Bumi diketahui menampung ribuan spesies burung. Dari semuanya, ada banyak spesies yang memiliki penampilan eksotis. Tidak heran, kalau banyak orang tertarik untuk memelihara burung di rumah.

Di alam liar, rupanya banyak spesies burung berukuran kecil yang memiliki bulu eksotis dengan warna mencolok. Yuk, simak sepuluh burung kecil paling cantik dan unik di dunia berikut ini.

1. Burung asity

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaAsity (instagram.com/dustinchen0728)

Asity adalah burung menggemaskan yang hanya bisa ditemukan di Madagaskar. Burung ini memiliki warna bulu yang mencolok terutama di sekitar bagian matanya. Untuk membedakan jenis kelaminnya, biasanya burung asity jantan berwarna lebih cerah dan lebih besar dibandingkan betina.

Burung ini lebih suka tinggal di hutan hujan. Di habitatnya, mereka gemar memakan beri, buah, serangga, dan nektar dari bunga. Berkat paruhnya yang panjang melengkung ke bawah dan lidah berbentuk tabung, mengekstraksi nektar menjadi hal yang mudah bagi mereka.

Saat ini, terdapat empat spesies burung  ini. Namun, beberapa jenis, yakni burung asity perut kuning dan Schelgel asity sedang terancam punah. Hal ini karena adanya ancaman berupa fragmentasi dan hilangnya habitat. 

2. Blue-naped mousebird

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaBlue Naped Mousebird (instagram.com/the_kenyan_birder)

Blue-naped mousebird merupakan spesies burung peliharaan yang hidup di daerah kering di Afrika Timur. Blue-naped mousebird dewasa memiliki kepala jambul dengan tengkuk pirus, tubuh keabu-abuan, dan paruh hitam-merah.

Nama burung ini terinspirasi dari kebiasaan berlarinya di sepanjang cabang pohon atau di tanah yang menyerupai tikus. Hal yang menarik dari burung ini adalah memiliki jari-jari kaki pamprodactylous yang dapat diputar ke depan sesuka hati.

Habitat mereka adalah di daerah kering dan semi-gurun, terutama daerah semak dan hutan terbuka dengan jangkauan yang sangat luas. Burung-burung ini memakan buah beri, bunga, buah-buahan, daun, nektar, dan biji-bijian. Kadang-kadang mereka juga memakan tanah dan menelan kerikil untuk membantu menggiling tumbuh-tumbuhan untuk memperlancar pencernaan.

3. Cuban tody

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaCuban Tody (instagram.com/dustinchen0728)

Cuban tody adalah burung dengan kombinasi berbagai warna cerah di tubuhnya. Bentuk kepalanya yang besar dengan tubuh kecil membuat mereka tampak sangat menggemaskan. 

Memiliki bulu yang berwarna-warni membantu mereka untuk berkamuflase dengan baik di sekitar bunga dan tanaman. Burung ini sangat mudah beradaptasi dan dapat tinggal baik di hampir semua tempat mulai dari semak belukar dan lingkungan basah hingga hutan. Karena mereka sangat cepat dan pandai bersembunyi, menemukan burung yang satu ini di alam liar adalah kesempatan langka. 

4. European roller

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaEuropean Roller (instagram.com/rananishant)

Bisa dibilang burung ini merupakan salah satu spesies paling cantik di dunia. European roller adalah burung berukuran sedang dengan bulu berwarna cerah biru cemerlang kontras dengan punggung cokelat hangat.

Bukan hanya saja cantik, mereka juga memiliki kemampuan akrobatik yang luar biasa. Pada masa kawin, burung jantan akan melakukan "pertunjukan" di depan betinanya. Mereka akan terbang ke atas, berbalik jungkir balik, dan berbelok ke samping sebelum jatuh lagi.

Sesuai namanya, burung ini banyak ditemukan di daratan Eropa. Makanan burung ini terdiri dari serangga besar, hewan pengerat, dan reptil kecil. European roller gemar berburu makanan di siang hari.

5. Guianan cock-of-the-rock

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaGuianan Cock-Of-The-Rock (instagram.com/tmykcampaign)

Guianan cock-of-the-rock jantan memiliki bentuk fisik yang menawan dengan warna yang mencolok. Bulunya oranye terang dengan jambul setengah lingkaran serta pita cokelat di kepala mereka. Bukan hanya itu, kulit dan paruhnya juga berwarna oranye.

Kamu dapat menemukan burung yang satu ini di hutan dataran rendah dekat daerah berbatu, tempat mereka membangun sarang dan mencari makan. Adapun makanan mereka adalah buah-buahan, serangga besar, amfibi kecil, dan reptil.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Burung Flamingo, Si Ramping Berwarna Pink

6. Guinea turaco

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaGuinea Turaco (instagram.com/ira_ima64)

Memiliki jambul tinggi seperti mohawk, tidak heran kalau burung guinea turaco dijuluki juga burung rocker. Guinea turaco adalah burung berukuran sedang dengan mata merah dan di sekitar mata mereka terdapat tanda putih dan hitam tebal. Bulu burung ini juga mengilap dengan ujung bulu berwarna ungu atau merah.

Burung ini tersebar luas di Afrika Barat, khususnya di hutan dan daerah sabana. Makanannya adalah akasia, buah ara, bunga, buah-buahan, polong, siput, rayap, dan buah beri beracun.

Jumlahnya yang begitu banyak membuat mereka dianggap sebagai hama pertanian. Namun, guinea turaco mampu membantu pembaruan hutan melalui penyebaran benih saat mereka makan.

7. Kingfisher

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaKingfisher (instagram.com/iryuichi)

Kingfisher terkenal dengan warna tubuhnya yang cerah dan tanda yang mencolok seperti garis, bintik, atau bercak. Sebagian besar spesies ini memiliki kombinasi warna yang berbeda, seperti biru cerah, emas, hijau, merah, atau pirus.

Ada sekitar 90 spesies kingfisher yang berbeda tersebar di semua benua kecuali Antartika. Burung-burung menggemaskan ini memiliki kebiasaan menjaga kebersihan dengan menyelam ke dalam air untuk mandi.

Selain itu, kingfisher gemar memakan ikan. Mereka juga memakan serangga air, udang air tawar, reptil, laba-laba, dan berudu. Kingfisher dapat menyelam dan terbang dengan cepat untuk menyergap ikan-ikan yang akan menjadi mangsanya di air.

8. New zealand wren

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaNew Zealand Wren (instagram.com/birdexplained)

New zealand wren adalah salah satu burung terkecil dengan ukuran yang mini dan penampilan yang menggemaskan. Burung ini juga memiliki bulu warna cokelat, hijau, kuning, dan putih dengan paruh runcing, pendek, dan lurus.

Mereka memiliki sayap yang pendek dan kaki yang dapat mencengkeram kuat.Karena ekornya yang pendek, burung ini terlihat seperti berbentuk bulat sehingga menggemaskan untuk dilihat.

Burung endemik Selandia Baru ini hidup di lingkungan pegunungan, hutan, daerah berbatu, dan semak belukar tempat mereka mencari makan dan berburu. Makanan kesukaannya adalah buah-buahan, artropoda kecil, serangga, dan hewan pengerat seperti mencit.

9. Resplendent quetzal

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaResplendent Quetzal (instagram.com/rainforest_photo_tours)

Resplendent quetzal tidak perlu diragukan lagi keindahan bulunya yang memanjakan mata. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau dan bulu warna-warni dengan dada berwarna merah.

Yang membuat burung ini semakin eksotis adalah bulu ekornya yang sangat panjang menjulai. Keunikan ekornya membuat burung ini tampak sangat indah ketika terbang. Sebagai burung soliter, resplendent quetzal yang gemerlap biasanya hidup sendiri dan hanya berkumpul bersama di musim kawin.

10. Turquoise-browed motmot

Menggemaskan, Ini 10 Burung Kecil Tercantik dan Terunik di DuniaTurquoise-Browed Motmot (instagram.com/birds.fanatic)

Turquoise-browed motmot memiliki tubuh yang sebagian besar berwarna hijau dengan garis biru cerah di atas mata. Penampilannya semakin memukau dengan ujung ekornya yang tidak biasa.Mereka merupakan burung nasional El Salvador dan Nikaragua.

Burung ini hidup di habitat yang cukup terbuka, seperti tepi hutan, semak belukar, dan hutan tropis. Di habitatnya, mereka suka memakan serangga kecil, reptil, dan buah-buahan. Sayang sekali, populasinya semakin menurun dari hari ke hari karena fragmentasi dan perusakan habitat.

Nah, itulah sepuluh burung kecil yang cantik dan unik di dunia. Populasinya perlu dijaga agar keindahan mereka dapat dikagumi oleh generasi berikutnya.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Burung Emu, Burung Raksasa dengan Sayap Mini

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya