10 Hewan yang Dijuluki Insinyur Ekosistem, Pembuat Ekosistem Baru

Menciptakan habitat baru bagi hewan lainnya

Pernah mendengar istilah "insinyur ekosistem"? Julukan ini sendiri diberikan pada hewan-hewan yang dapat menciptakan, menghancurkan, memodifikasi, atau memelihara habitat dengan cara yang signifikan. Ada hewan insinyur ekosistem yang bersifat memelihara, tetapi ada juga yang merusak.

Meskipun begitu, dampak dari aktivitas mereka sering kali baik untuk kelangsungan hidup spesies lain. Dilansir Treehugger dan The Orianne Society, berikut adalah sepuluh hewan yang dijuluki sebagai insinyur ekosistem. Merekalah yang menyediakan habitat baru dan sumber makanan bagi hewan lainnya.

1. Berang-berang

10 Hewan yang Dijuluki Insinyur Ekosistem, Pembuat Ekosistem Baru ilustrasi berang-berang (unsplash.com/Niklas Hamann)

Beaver atau berang-berang adalah salah satu insinyur ekosistem yang paling terkenal. Hobi mereka dalam membuat bendungan dari ranting-ranting kayu sering kali menciptakan berbagai kondisi, mulai dari terhambatnya aliran sungai, banjirnya beberapa daerah yang berdekatan, dan terbentuknya lahan basah baru.

Lahan basah yang terbentuk menjadi habitat bagi organisme air, seperti zooplankton kecil dan amfibi. Bukan hanya itu saja, melalui aktivitas berang-berang, sering kali terbentuk juga daerah teduh yang lebih padat dan cukup sinar matahari yang dapat menjadi habitat yang pas bagi serangga, burung, kelelawar, amfibi, kura-kura, bahkan hewan yang lebih besar seperti rusa.

2. Gajah

10 Hewan yang Dijuluki Insinyur Ekosistem, Pembuat Ekosistem Baru ilustrasi gajah (pexels.com/Pixabay)

Sebagai binatang yang bertubuh besar, sering kali aktivitas yang dilakukan gajah dapat berdampak pada lingkungan di sekitarnya. Gajah memiliki sejumlah perilaku yang dapat mengubah lingkungan dan menciptakan habitat bagi spesies lain. Kebiasaan migrasi mereka sering meninggalkan jejak pada tanah yang cukup dalam. Apabila terisi air hujan, ini dapat menciptakan kolam kecil bagi katak dan makhluk air lainnya.

Bukan hanya itu saja, gajah juga mendorong dan merobohkan pohon di sekitarnya untuk mendapatkan makanan. Melalui kebiasaannya ini, gajah kadang dapat mengubah hutan menjadi habitat padang rumput yang membuat tempat tersebut ramah bagi spesies hewan lain untuk merumput.

Meskipun kebiasaan gajah yang sering mengubah tanah dan merobohkan pohon memiliki sisi yang merusak, penelitian dari NCBI menemukan bahwa modifikasi habitat ini dapat menyebabkan kekayaan spesies yang lebih tinggi.

3. Peccary

10 Hewan yang Dijuluki Insinyur Ekosistem, Pembuat Ekosistem Baru ilustrasi peccaries (critterfacts.com)

Umumnya ditemukan di hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan, peccary merupakan mamalia bermoncong dan bergading yang punya hubungan kekerabatan dengan binatang babi. Dilansir ResearchGate, peccary adalah salah satu hewan yang ahli dalam menciptakan ekosistem baru.

Hewan ini dapat membuka wilayah baru bagi spesies lain dan mengubah struktur hutan. Kubangannya yang digunakan selama beberapa dekade menjadi habitat bagi hewan, seperti katak dan serangga air. Selain itu, peccary juga termasuk hewan pemakan biji-bijian sehingga menjadi penyebar benih yang penting.

4. Rubah arktik

10 Hewan yang Dijuluki Insinyur Ekosistem, Pembuat Ekosistem Baru rubah arktik (pexels.com/Pixabay)

Rubah arktik yang hidup di ekosistem tundra diketahui dapat merekayasa kimia tanah dengan membangun sarang untuk melindungi anak-anaknya. Butuh usaha yang keras untuk membuat sarang, teta[i sarang yang sudah jadi bisa dipakai hingga berabad-abad.

Saat digunakan, sarang ini mengandung sejumlah besar nutrisi dari urine rubah, kotoran, dan mangsanya yang membusuk. Hal ini dapat meningkatkan vegetasi di sekitar sarang dan menciptakan keragaman tanaman yang lebih besar hingga pada akhirnya menarik hewan seperti lemming dan rusa kutub untuk tinggal di sekitar sana.

5. Koral

10 Hewan yang Dijuluki Insinyur Ekosistem, Pembuat Ekosistem Baru ilustrasi koral (pexels.com/Francesco Ungaro)

Karang adalah insinyur ekosistem yang klasik. Mereka menciptakan struktur fisik yang mempengaruhi arus laut dan membuat peluang bagi keanekaragaman tumbuhan dan spesies hewan untuk berkembang.

Koral memberikan perlindungan pada ikan dari para predator dan juga arus air yang kencang. Bukan hanya itu saja, koral dan terumbu karang sering menjadi tempat pembibitan serta tempat mencari makan dan pemijahan bagi banyak ikan.