Comscore Tracker

5 Ilmuwan dengan Kontribusi Besar dalam Bidang Listrik

Berkat penemuan mereka, teknologi pun berkembang pesat

Listrik dapat memberi daya pada dunia modern kita saat ini. Semenjak adanya listrik dan studi mendalam mengenai kelistrikan, lahirlah sejumlah teknologi canggih dan modern seperti saat ini. Semua ini berkat ilmuwan yang telah berjasa di dalam kelistrikan.

Siapa saja ilmuwan-ilmuwan yang telah berkontribusi besar dalam bidang kelistrikan? Kalau ingin tahu, simak sampai selesai artikel ini. Berikut 5 ilmuwan yang berkontribusi besar dalam dunia kelistrikan.

1. Michael Faraday 

5 Ilmuwan dengan Kontribusi Besar dalam Bidang ListrikMichael Faraday (allaboutcircuits.com)

Michael Faraday merupakan seorang ilmuwan Inggris yang memusatkan perhatiannya pada dunia elektromagnetisme dan elektrokimia. Saking banyaknya penemuan yang ia lakukan dalam dunia kelistrikan, Michael Faraday bahkan dijuluki sebagai "Bapak Listrik". 

Michael Faraday telah berhasil menemukan dan membuktikan beberapa teori kelistrikan yang dipakai hingga saat ini, seperti induksi timbal-balik, Hukum Faraday, diagmatisme, dan sebagainya. Bukan hanya itu saja, Michael juga merupakan penemu generator listrik pertama. Selain itu, beliau juga dikenal akan kontribusinya sebagai penemu motor homopolar, cikal bakal motor listrik.

2. Alessandro Volta

5 Ilmuwan dengan Kontribusi Besar dalam Bidang ListrikAlessandro Volta (avozdegalicia.es)

Baterai merupakan salah satu sumber daya yang banyak dipakai oleh alat elektronik saat ini. Namun, tahukah kamu siapakah orang yang pertama kali menciptakan baterai? Ya, ia adalah Alessandro Volta.

Alessandro Volta adalah seorang fisikawan berkebangsaan Italia yang lahir pada tanggal 18 Februari 1745. Ia merupakan seorang fisikawan jenius yang dibuktikan penemuannya, yakni elektrofikus yang merupakan alat untuk menghasilkan muatan listrik dengan induksi.

Bukan hanya itu saja, ia berhasil membuktikan bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Ia menyadari bahwa efek ini disebabkan oleh gesekan 2 benda logam yang tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Hal inilah yang menginspirasi Volta menuju penemuan berikutnya, yakni baterai.

3. Thomas Alva Edison 

5 Ilmuwan dengan Kontribusi Besar dalam Bidang ListrikThomas Alva Edison (thoughtco.com)

Siapa yang tidak mengenal sosok yang satu ini? Beliau merupakan penemu lampu yang kita kenal sebagai Thomas Alva Edison. Berkat kegigihannya, ia berhasil menciptakan lampu yang kini sangat berguna dalam kehidupan manusia.

Dengan 1.093 hak paten atas namanya, Edison dianggap sebagai penemu paling produktif dalam sejarah Amerika. Penemuan dan penelitian Edison lainnya yang sangat penting antara lain, penciptaan katup radio dan elektronik. Selain itu, penemuan lainnya yang bekerja di bidang lain, seperti bioskop, transportasi kereta api listrik, dan telegraf.

4. Nikola Tesla 

5 Ilmuwan dengan Kontribusi Besar dalam Bidang ListrikNikola Tesla (boweryboyshistory.com)

Nicola Tesla adalah salah satu penemu dan insinyur paling terkenal di dunia. Arus bolak-balik listrik (AC) adalah salah satu penemuan terbesarnya. Bukan hanya itu saja, ia juga merupakan seorang yang sangat jenius yang berhasil menemukan motor induksi, Pembangkit Listrik Tenaga Air, grafik bayangan, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya penemuan yang dilakukan oleh Tesla, ada juga lho beberapa penemuannya yang dienyahkan oleh karena berbagai alasan. Salah satunya adalah death ray yang diklaim sebagai senjata laser pembunuh massal.

5. James Clerk Maxwell

5 Ilmuwan dengan Kontribusi Besar dalam Bidang ListrikJames Clerk Maxwell (sciencemeetsfaith.com)

James Clerk Maxwell adalah seorang fisikawan Skotlandia yang hidup pada abad ke-18. Ia terkenal dengan hukum magnetisme dan kelistrikan yang dituangkan dalam rumus matematis. Ia bersama-sama Michael Faraday mendalami studi di bidang elektromagnetik.

Banyak sekali teori-teori kelistrikan yang berhasil ditemukan oleh Maxwell. Berkat kerja kerasnya, banyak sekali teorinya yang dipakai dan menginspirasi ilmuwan lainnya dalam menemukan penemuan lainnya yang membawa dampak besar bagi kehidupan.

Atas jasa ilmuwan-ilmuwan di atas, dunia kelistrikan pun dapat dipelajari dan menginpirasi lahirnya berbagai penemuan-penemuan yang berguna dalam kehidupan manusia. Sudah saatnya kita mengapresiasi sekaligus melanjutkan kembali dengan prestasi penemuan yang tidak kalah membanggakan.

Baca Juga: Peran Penting Peneliti Perempuan dan Tips Melahirkan Peneliti Hebat

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya