Comscore Tracker

5 Kota dengan Peninggalan Sejarah Kuno Terkaya di Dunia

Situs bersejarahnya bertahan hingga saat ini

Kota-kota kuno telah tersebar di seluruh dunia dan membangkitkan daya tarik wisatawan dan sejarawan. Beberapa di antaranya terkenal dengan bangunan kunonya yang menawan dan merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia.

Berikut beberapa kota di dunia yang dikenal sebagai rumah bagi sejumlah situs-situs bersejarah yang masih bertahan hingga saat ini. Simak lima kota yang kaya akan peninggalan sejarah kunonya di bawah ini!

1. Ellora, India 

5 Kota dengan Peninggalan Sejarah Kuno Terkaya di DuniaEllora (worldhistory.org)

Dipahat dari pegunungan di Maharashtra, Ellora terdiri dari lebih dari seratus gua batu, dengan tiga puluh empat di antaranya dapat dilihat oleh publik. Sejarawan memperkirakan karya seni gua ini sudah ada dari sekitar 600-1000 M.

Seni dan arsitekturnya sendiri terdiri dari campuran kuil dan biara Buddha, Hindu, dan Jain. Agama-agama yang berbeda ini memiliki gua-gua yang berdekatan satu sama lain yang menunjukkan keharmonisan antar budaya. Selain ziarah spiritual dan pekerja, sejarawan juga percaya bahwa gua Ellora mewakili pusat komersial penting di mana perdagangan secara teratur terjadi.

2. Angkor Wat, Kamboja

5 Kota dengan Peninggalan Sejarah Kuno Terkaya di DuniaAngkor Wat (visitsoutheastasia.travel)

Angkor Wat pernah dijuluki sebagai "mega-kota" religius pada abad kedua belas oleh Kekaisaran Khmer. Angkor Wat sendiri memiliki luas sekitar 500 hektare di Taman Arkeologi Angkor.

Kuil dan menara ini mencerminkan kehidupan dari abad ke-9 hingga ke-12. UNESCO menyatakan Angkor Wat sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1992 dan kini kawasan ini ramai dikunjungi sebagai salah satu kawasan pariwisata.

Baca Juga: 10 Fakta Angkor Wat, Salah Satu Candi Buddha Terbesar di Asia Tenggara

3. Roma, Italia

5 Kota dengan Peninggalan Sejarah Kuno Terkaya di DuniaRoma (pexels.com/Pixabay)

Didirikan pada 783 SM, Roma tumbuh menjadi sebuah kerajaan yang besar dan budaya yang begitu kuat melekat di kehidupannya. Makna budaya abadi tercermin dari arsitektur kuno kota Roma yang bercampur seperti di antara yang baru dan kosmopolitan.

Colosseum mungkin adalah monumen bersejarah yang paling dikenal di Roma yang dibangun sekitar 2.000 tahun yang lalu, di mana para gladiator bertempur sampai mati demi kesenangan Kaisar. Selain itu, Romawi adalah pasar dan pusat pertemuan di mana bisnis sehari-hari kehidupan Romawi berlangsung dan tetap menjadi situs wisata dan arkeologi yang populer hingga hari ini.

4. Beijing, China

5 Kota dengan Peninggalan Sejarah Kuno Terkaya di DuniaBeijing (pexels.com/Magda Ehlers)

Seperti Roma, Beijing membanggakan status ibu kota Republik Rakyat Tiongkok dan menampung populasi besar sebanyak dua puluh satu juta penduduk. Beijing didirikan pada 1045 SM dan merupakan rumah bagi tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk Kota Terlarang, Kuil Surga, Istana Musim Panas.

Bagian pertama Tembok Besar China dibangun pada abad ketujuh SM. Situs Warisan Dunia lainnya di Beijing adalah Museum Situs Zhoukoudian, Makam Dinasti Ming, Resor Gunung Chengde, Manusia Peking, Makam Kekaisaran Dinasti Ming dan Qing, Istana Mukden, dan Chengde.

5. Machu Picchu, Peru

5 Kota dengan Peninggalan Sejarah Kuno Terkaya di DuniaMachu Picchu (pexels.com/logan primm)

Machu Picchu diyakini telah dibangun sekitar 1450 CE, tetapi ditinggalkan pada tahun 1572 untuk melindunginya dari invasi Spanyol. Tempat ini menjadi begitu tersembunyi hingga ditemukan pada tahun 1911.

Para arkeolog dan sejarawan menyelidiki tempat ini hanya berdasarkan artefak yang mereka temukan di situs tersebut. Terlepas dari semua yang tidak kita pahami tentang kota kuno ini, Machu Picchu tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan dan sejarawan.

Kota-kota di atas telah dibangun begitu lama, namun keberadaan situs bersejarahnya masih begitu banyak dan kokoh berdiri. Selain itu, kehidupan budaya dan sejarahnya masih terasa hingga saat ini.

Baca Juga: 10 Potret Machu Picchu, Situs Warisan Dunia Pemandangan Spektakuler!

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya