Comscore Tracker

10 Teknik Pembuatan Karya Seni Paling Memukau dari Seluruh Dunia

Kamu paling tertarik yang mana?

Seni dapat mencerminkan nilai sejarah, tradisi, dan budaya yang unik dari suatu tempat. Nilai seni itu dapat dituangkan ke dalam berbagai bentuk karya seni atau kerajinan. Untuk membuat karya seni yang memukau, tak jarang juga membutuhkan teknik atau keterampilan yang tak kalah memukau juga.

Berikut berbagai teknik seni paling memukau dari berbagai daerah yang ada di dunia. Penasaran? Yuk, simak 10 teknik pembuatan karya seni paling unik dan memukau dari berbagai belahan dunia.

1. Ebru 

https://www.youtube.com/embed/jeGqnicNS2A

Ebru merupakan salah satu teknik menakjubkan dalam membuat lukisan yang berasal dari Turki. Ebru seringkali dikenal juga sebagai teknik paper marbling. Seni ini sudah ada sejak kekaisaran Ottoman pada awal abad ke-16.

Dengan teknik ebru, kamu dapat melukis langsung di atas permukaan air yang ada di nampan. Ebru adalah seni tradisional di mana cat warna-warni ditaburkan ke dalam nampan yang berisi campuran air dan karagenan. Kemudian cat diarahkan sesuai dengan motif yang hendak dibuat. Setelah selesai, hasil lukisan di air tersebut akan ditransfer ke kertas.

2. Carpet weaving (tenun karpet)

10 Teknik Pembuatan Karya Seni Paling Memukau dari Seluruh Duniacarpet weaving (instagram.com/_icimod)

Teknik tenun karpet telah ada sejak ribuan tahun lalu di Armenia dan Timur Tengah. Di Armenia, penenun karpet masih menggunakan teknik double-knot tradisional dan mewarnai wol dengan bahan organik.

Untuk membuat satu buah karpet, diperlukan waktu sekitar satu hingga satu setengah tahun. Meskipun lama, karpet yang dihasilkan dari para penenun ini sangatlah indah dan penuh nilai tradisi dan budaya di dalamnya.

3. Nerikomi

https://www.youtube.com/embed/0WKK3Cu-kt0

Teknik Nerikomi merupakan teknik dalam membuat karya seni berbahan clay yang berasal dari Jepang. Untuk menghasilkan pola yang indah pada clay, clay warna-warni ditumpuk sedemikian rupa lalu diiris untuk menunjukkan hasil pola yang telah dibuat.

Clay yang telah memiliki motif kemudian dibentuk sesuai dengan karya seni yang hendak dibuat. Teknik ini terbilang sangat unik dan dapat memuaskan matamu ketika melihat proses daripada teknik nerikomi ini.

4. Rogan art

https://www.youtube.com/embed/PO_eQZ-Mxp8

Di India, Rogan art adalah kerajinan berusia berabad-abad tahun yang telah ada dari keluarga Abdul Gaffur Khatri selama delapan generasi. Keluarga Gaffur merupakan satu-satunya seniman rogan yang tersisa di dunia saat ini.

Yang membuat seni ini unik adalah cat yang digunakan. Catnya terbuat dari pigmen dan castor oil yang dipanaskan selama dua hari hingga menjadi tekstur seperti madu. Selain cat, hal terpenting lainnya dalam seni ini adalah keterampilan tangan. Cat ditorehkan ke kain menggunakan batang logam lalu tangan harus secara terampil membuat desain yang diinginkan pada kain.

Gaffur sendiri mengungkapkan bahwa untuk menyelesaikan beberapa kain kecil memerlukan waktu lima hari. Untuk desain yang lebih kompleks dan sulit, dapat memakan waktu hingga dua tahun lamanya. 

5. Seni mengerdilkan pohon

10 Teknik Pembuatan Karya Seni Paling Memukau dari Seluruh Duniabonsai (instagram.com/bonsaigers)

Tentu kamu tidak asing dengan teknik yang satu ini. Seni mengerdilkan pohon adalah teknik seni untuk menghasilkan pohon hias kerdil dengan berbagai bentuk pohon yang unik. Biasanya seni ini bertujuan untuk menciptakan representasi miniatur alam yang sempurna dari sebuah pohon biasa.

Di Jepang, teknik ini dikenal sebagai bonsai. Praktik membuat pohon-pohon kecil ini sudah muncul sejak abad ke-6. Untuk menghasilkan tanaman bonsai, pohon akan ditekuk dan dipelintir menjadi bentuk yang diinginkan. Kemudian diposisikan di sekitar batu atau bahkan ditempatkan dengan pohon lain untuk menciptakan hutan kecil. Teknik ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai dan bila ada satu gerakan yang salah maka dapat merusak penampilan dari pohon tersebut.

Baca Juga: Sindrom Stendhal, Fenomena 'Tersakiti' karena Keindahan Karya Seni 

6. Smokes feathers pottery

https://www.youtube.com/embed/kDasvSO3X1Q

Pernah mendengar tembikar dengan motif dari rambut atau bulu hewan asli? Ya, rupanya di Amerika, ada seniman tembikar yang memanfaatkan rambut atau bulu hewan untuk menjadi motif pada tembikarnya.

Untuk membuatnya, Vicente Garcia selaku seniman tembikar, akan membuat terlebih dahulu vas atau tembikar dari tanah liat. Setelah terbentuk, tembikar akan dipoles dengan batu halus sebelum akhirnya dibakar di tungku. 

Setelah tembikar jadi, bulu akan ditempelkan langsung ke tembikar yang masih panas. Bulu akan secara langsung menempel dan menjadi motif pada tembikar. Unik banget 'kan teknik yang satu ini?

7. Amezaiku

10 Teknik Pembuatan Karya Seni Paling Memukau dari Seluruh Duniaamezaiku (instagram.com/amezaiku_yoshihara)

Amezaiku adalah salah satu kerajinan seni tradisional Jepang. Amezaiku berasal dari abad ke-8. Hal yang unik dari Amezaiku adalah kerajinannya berbahan dasarkan gula. Ya, kamu tidak salah baca. Amezaiku menggunakan gula untuk membuat karya seni yang indah untuk dipajang.

Gula akan dipanaskan hingga menjadi permen. Kemudian dengan tangan kosong, adonan permen akan dipotong, ditarik, dan dibengkokkan hingga membentuk pola yang diinginkan. Amezaiku harus selesai hanya dalam beberapa menit setelah permen dikeluarkan dari pot karena karakteristik permen yang cepat mengeras saat didinginkan.

8. Indian bidri art

10 Teknik Pembuatan Karya Seni Paling Memukau dari Seluruh Duniabidri art (instagram.com/paramparikkarigar)

Seni bidri India adalah bentuk pengerjaan atau kerajinan logam yang tidak berubah selama 600 tahun. Dalam pembuatannya, pengerjaan karya seni logam hampir sama seperti pada umumnya. Logam akan dicairkan, kemudian dicetak dan dipahat berjam-jam dengan memperhatikan detail.

Yang membuat unik adalah proses pewarnaan logamnya. Seni bidri India menggunakan tanah khusus untuk menghasilkan warna hitam yang khas pada logam. Tanah itu hanya bisa ditemukan di Bidar, India. Setelah selesai dipahat, para pekerja akan merendam logam dalam lumpur panas yang mereka buat dari tanah tersebut untuk mewarnainya jadi hitam.

9. Seni tato tradisional Hawaii

https://www.youtube.com/embed/q5qjy10i-e4

Di Hawaii, ada seni tato tradisional yang unik, nih. Biasanya pelanggan akan memilih sendiri gambar yang ingin dibuatkan pada tubuhnya. Namun, beda halnya dengan di Hawaii. Seniman tato tradisional akan membuat gambar berdasarkan pada silsilah dan sejarah pelanggannya.

Ahli tato memilih desain menggunakan spritualitas mereka sendiri untuk lebih memahami perjalanan hidup pemakainya. Dalam proses pembuatan tatonya, seniman tato Hawaii menggunakan alat tradisional. Seni tato ini sudah ada selama ribuan tahun.

10. Seni pembuatan gong

10 Teknik Pembuatan Karya Seni Paling Memukau dari Seluruh Duniagong (youtube.com/Insider)

Di Asia Tenggara, alat musik gong bukanlah hal yang asing lagi. Gong merupakan alat musik yang memiliki makna spiritual selama berabad-abad. Untuk membuat gong, membutuhkan proses yang cukup sulit.

Lembaran logam yang berukuran besar akan dipukul dengan tangan hingga membentuk gong. Untuk memperindah tampilan gong, motif pada gong dilukis dengan tangan oleh seniman gong. Kemudian gong akan dites suaranya apa sudah mencapai nada yang sempurna atau tidak.

Bagaimana? Teknik-teknik di atas sangatlah menarik, bukan? Meskipun sudah di era modern, banyak teknik seni yang tetap mempertahankan nilai tradisi dan budaya. Semua teknik tersebut perlu dijaga agar dapat tetap lestari. Kalau kamu ada kesempatan, minat belajar teknik seni yang mana?

Baca Juga: Mengundang Decak Kagum, 5 Karya Seni Paling Fenomenal dalam Sejarah 

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

IG : @gyy_0529 | FB : Sintya Yoo | Twitter : @Sintya46831892

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya