Comscore Tracker

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022

Para pendidik harus catat, nih!

Teknologi telah melalui banyak perubahan selama bertahun-tahun, menjadikannya aset yang berguna untuk berbagai sektor di masyarakat. Salah satunya adalah sektor pendidikan yang tampaknya telah ditransformasikan dengan perangkat pedagogis.

Tren baru dalam pendidikan adalah mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Realitas virtual (VR), augmented reality (AR), dan kecerdasan buatan (AI) adalah beberapa tren teknologi pendidikan yang telah didengar semua orang. Untuk lebih jelasnya, simak deretan tren 2022 dalam dunia pendidikan, pendidik wajib paham, nih.

1. Platform e-Learning yang inovatif

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022ilustrasi eLearning (graphicsurf.com)

e-Learning telah ada sejak lama, namun trennya dalam pendidikan terus berkembang dan menjadi semakin populer. Kelas online kini tidak lagi hanya berupa video yang membosankan, tetapi sudah termasuk komunikasi rekan dan interaksi yang efektif.

Berbagai institusi pendidikan kini juga berusaha meningkatkan keterlibatan siswa melalui platform pembelajaran jarak jauh. Tidak hanya inovasi, kurikulum lembaga pendidikan juga harus mengikuti tren pendidikan terkini yang terjadi di dunia luar saat ini.

2. Program pengajaran berbasis AI

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022ilustrasi robot dengan kecerdasan AI (pexels.com/Alex Knight)

Penggunaan sistem penilaian otomatis dan asisten pengajar AI sedang meningkat dan ini memberi kita gambaran tentang tren pendidikan di masa depan. Question Bot, yang dibuat oleh David Kellerman adalah contoh AI yang sedang beraksi. Awalnya, diterapkan di University of New South Wales, pertanyaan bot diprogram untuk memberikan jawaban atas pertanyaan siswa dan menyampaikan video kuliah sebelumnya.

Ini hanyalah salah satu contoh yang menunjukkan potensi besar AI dalam pendidikan. Tugas yang membosankan dapat diselesaikan dengan otomatisasi dan instruktur dapat fokus pada tugas yang kompleks.

3. Pembelajaran immersive dengan VR/AR

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022ilustrasi VR/AR (pexels.com/Eugene Capon)

Teknologi VR/AR banyak dikenal dengan permainannya yang menyenangkan dan interaktif di bidang pendidikan. Namun, tidak hanya sebatas itu. Seorang jurnalis dari University of Maryland menulis bahwa teknologi ini dapat membuktikan keajaiban dengan rentang perhatian siswa.

Teknologi ini membantu siswa menghilangkan gangguan dan membenamkan diri dalam pekerjaan mereka. Ini juga merupakan alat yang sangat berguna bagi siswa dengan ADD/ADHD, karena peralatan VR memiliki kemampuan untuk sepenuhnya membenamkan pengguna dalam lanskap digitalnya.

4. Gamifikasi

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022ilustrasi gamifikasi (retailedge.intel.com)

Proses gamifikasi merupakan salah satu tren baru dalam dunia pendidikan. Semakin banyak pendidik sekarang memilih untuk mengemas pelajaran mereka dalam bentuk permainan. Hal ini berguna dalam membuat siswa terlibat dan memperoleh minat dan kegembiraan maksimal dalam pembelajaran.

Contoh bagusnya adalah Moonpreneur Moonshot Jr yang merupakan permainan papan strategi bisnis, salah satu tren pendidikan yang sedang naik daun. Moonpreneur adalah board game edukasi yang telah membantu ratusan anak, dewasa muda, dan dewasa mendapatkan literasi keuangan dan merangsang pola pikir wirausaha dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Beberapa Tren Media dan Jurnalisme Tahun 2022

5. Analisis pembelajaran

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022ilustrasi guru yang sedang mengajar (pexels.com/Max Fischer)

Data sangatlah berharga dan akhirnya sektor pendidikan mulai memperhatikan hal tersebut. Analisis memungkinkan pengajar untuk lebih menguasai cara terbaik mengajar siswa mereka. Pendidik mendapatkan wawasan melalui umpan balik siswa dari survei.

Ini juga memastikan kepada siswa bahwa suara mereka penting. Dengan demikian, analitis pembelajaran membantu guru dan juga siswa untuk menjaga keterlibatan agar tetap berjalan.

6. Inovasi blockchain

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022ilustrasi blockchain (ledgerinsights.com)

Blockchain’s Distributed Ledger Technology (DLT) memberikan banyak keuntungan bagi pendidikan, terutama penyimpanan data. Dengan penambahan data baru, 'blok' baru dibuat. Oleh karena itu, membuat penyimpanan secara teoritis tak terbatas.

ePortfolio dan Massive Open Online Courses (MOOCs) menggunakan teknologi Blockchain untuk memvalidasi pengetahuan. Dalam hal skalabilitas, otentikasi, dan masalah harga organisasi e-Learning, teknologi DLT memberikan solusi.

7. Pembelajaran dengan bantuan video

7 Tren Pendidikan yang makin Diminati pada Tahun 2022ilustrasi pembelajaran dengan video (pexels.com/Julia M Cameron)

Bentuk pembelajaran ini semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Dengan adanya internet dan gadget digital, video menjadi sangat penting. Video memiliki kecenderungan untuk membuat pembelajaran lebih menarik, lancar, dan interaktif.

Beban guru berkurang sedangkan hasil siswa membaik. Di zaman sekarang ini, lebih dari 2,3 miliar orang menonton video untuk tujuan pendidikan dan hiburan dalam jumlah yang luar biasa.

Itulah beberapa tren pendidikan yang sedang berkembang saat ini. Penting bagi kita sebagai pendidik untuk terus mengasah diri sesuai perkembangan zaman agar proses edukasi anak dapat semakin menyenangkan.

Baca Juga: 4 Tren Usaha Kuliner 2022 yang Menjanjikan, Tertarik Mencoba?

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya