Comscore Tracker

Aneh, Bulan Bisa Pengaruhi Mood Manusia dengan 6 Cara Ini Lho!

Begini kata para astrologer

Mungkin kamu akan merasa heran ketika memikirkan pengaruh bulan terhadap mood seseorang. "Apakah mungkin ada?" demikian kamu bertanya-tanya.

Walaupun sejauh ini tak ada studi yang secara gamblang mengatakan bulan turut mengatur biologis manusia, namun beberapa pakar mengatakan mungkin saja bulan berpengaruh terhadap mood seseorang saat melihat fakta bahwa bulan mampu memengaruhi pasang surut air laut.

Berikut ini terdapat 6 penjelasan menurut ilmu pengetahuan serta astrologi, mengenai cara bulan yang konon mampu mengubah suasana hati manusia.

Bagaimana kira-kira? Follow this one!

 

1. Menurut studi, siklus bulan memengaruhi kualitas tidur seseorang

Aneh, Bulan Bisa Pengaruhi Mood Manusia dengan 6 Cara Ini Lho!sciencenews.org

Berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Basel University, Switzerland, fase bulan terbukti memengaruhi tidur manusia. Dalam sebuah jurnal Current Biology yang terbit pada 2013, ditemukan bahwa ketika bulan purnama seseorang cenderung sulit tidur nyenyak.

Kurang baiknya kualitas tidur seseorang pada akhirnya ikut berpengaruh terhadap suasana hati dan juga perilaku. Seseorang yang tidak nyenyak dalam tidurnya akan terbangun dengan rasa lelah. Situasi itulah yang membuat emosi seseorang menjadi tidak stabil dan membuat mood seseorang buruk.

2. Bulan baru dipercaya dapat membuat seseorang menjadi introspektif

Aneh, Bulan Bisa Pengaruhi Mood Manusia dengan 6 Cara Ini Lho!sandramccollom.com

Karena bulan baru merepresentasikan sebuah permulaan, maka hal yang sama berlaku pada siklus hidup seseorang. Dalam fase ini, cahaya bulan sama sekali belum terlihat di langit. Hal ini mengakibatkan energi manusia berada di titik terendah.

Perasaan lelah yang muncul ketika fase bulan baru, membuat seseorang menjadi lebih reflektif dan ingin memulai sebuah pembaruan diri.

3. Pada siklus paruh pertama, seseorang cenderung akan merasa termotivasi

Aneh, Bulan Bisa Pengaruhi Mood Manusia dengan 6 Cara Ini Lho!pinterest.fr/NousDeuxMag

Sama seperti mulai bersinarnya bulan, maka energi manusia ikut bertambah seiring fase ini tiba. Jika ketika bulan baru seseorang mulai menetapkan tujuan dan niat, maka selanjutnya mereka akan memasuki tahap di mana motivasi mulai meningkat.

Dalam fase ini, intuisi manusia dipercaya mulai memengaruhi perilaku mereka agar segera take action atas kekurangan yang telah ditemukan ketika berintrospeksi.

Baca Juga: Harus Tahu, 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Emosi Meledak-ledak

4. Bulan purnama dapat memperbesar emosi seseorang, tak terkecuali perasaan cemas

Aneh, Bulan Bisa Pengaruhi Mood Manusia dengan 6 Cara Ini Lho!medicalnewstoday.com

Dengan energi semakin besar yang keluar, manusia menjadi semakin emosional. Si ambisius maka semakin berambisi, namun kegelisahan seseorang pun juga bisa semakin menjadi-jadi. 

Pada fase ini manusia lebih rentan mengalami depresi dan cemas, karena bulan purnama konon dapat membuat mimpi buruk seseorang menjadi lebih intensif.

5. Fase bulan bungkuk membuat seseorang merasa lebih kalem

Aneh, Bulan Bisa Pengaruhi Mood Manusia dengan 6 Cara Ini Lho!sacredpathuu.org

Berkurangnya cahaya bulan membuat energi manusia juga turut melambat. Fase ini sangat tepat dihabiskan untuk menghentikan kebiasaan buruk atau detoksifikasi pikiran negatif. Karena, pada masa bulan bungkuk ini sangat tepat untuk calming down mengingat energi manusia sudah terserap banyak dan menggebu-gebu saat bulan penuh.

6. Bulan purnama identik dengan bulannya keromantisan

Aneh, Bulan Bisa Pengaruhi Mood Manusia dengan 6 Cara Ini Lho!psychologytoday.com

Pernah mendengar saran nyeleneh ini dari orang lain bahwa agar peluang diterima lebih besar, maka nyatakan cintamu ketika bulan purnama? Ini pula alasan mengapa banyak penyair mengait-ngaitkan syair romansa dengan bulan purnama.

Masih menurut astrologi, pada siklus bulan penuh, manusia cenderung lebih romantis dan juga menjadi lebih tertarik dengan pasangannya. Bahkan, seseorang juga dikatakan terlihat lebih cantik atau tampan saat fase bulan purnama, lho. Yang lagi berencana nembak seseorang, kesempatan nih! Hehe..

Itulah beberapa fakta unik tentang bulan yang ternyata berkorelasi dengan siklus hidup manusia. Terlepas dari benar atau tidaknya pengaruh bulan terhadap manusia, tak ada salahnya bukan memercayai bahwa sebagai makhluk hidup kita tentunya bersinergi dengan alam sekitar?

 

Baca Juga: Sebar Kebaikan, Ini 5 Cara Simpel Jadi Moodbooster Bagi Orang Lain

Sinta Photo Community Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:30:05

Progress: 310.542 dari 813.350 TPS (38.18061%)

Just For You