Comscore Tracker

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!

Minum kopi ternyata nggak bikin kamu kreatif!

Kita pasti pernah atau bahkan sering dituntut untuk berpikir inovatif, dan menghasilkan ide-ide berbeda dalam berbagai kesempatan misalnya ketika bekerja. Jangan pikir bahwa kreativitas hanya diperlukan orang-orang yang bergelut dalam bidang seni saja. Dalam keseharian, gagasan-gagasan segar hampir selalu kita butuhkan misal untuk memecahkan permasalahan pribadi.

Jika selama ini kamu berpikir bahwa kreativitas hanya dimiliki orang-orang berbakat, para ahli justru mengemukakan sebaliknya. Setiap orang memiliki kapasitas untuk menjadi kreatif.

Akan tetapi, pemikiran dan tindakan kita sehari-hari kerap menyabotase dan menghambat kreativitas kita. Apa saja tindakan-tindakan yang membuat seseorang menjadi less creative tersebut? Simak berikut ini!

1. Terlalu banyak duduk saat rapat

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!blueoceanbrain.com

Beberapa dari kita mungkin berpikir, bagaimana bisa seseorang menghasilkan ide kreatif jika mereka rapat dengan menahan rasa pegal karena berdiri? Tetapi jangan salah, sebuah penelitian oleh Universitas Washington telah menjumpai, berdiri selama melakukan rapat kerja ternyata dapat membuat tim lebih berpikir kreatif.

Menurut Andrew Knight, seorang profesor yang memimpin penelitian tersebut, berdiri ketika rapat efektif meningkatkan gairah fisiologis seseorang. Membuat mereka lebih berenergi dan semangat. Selain itu, tim yang melakukan diskusi sambil berdiri cenderung kurang protektif terhadap ide mereka.

Artinya terjadi banyak pertukaran informasi antar anggota tim, sebab tak terjadi pembatasan diri untuk bersuara. Dengan informasi lengkap inilah, kemudian mampu tercipta gagasan yang berbeda dan kaya kreativitas.

2. Kamu melakukan sesuatu tanpa kolaborasi

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!www.beyondphdcoaching.com

Seseorang yang terlalu konsisten dengan independesinya, ternyata tak selalu memiliki dampak baik lho bagi dirinya. Dalam hal menggali kreativitas, seseorang tak mungkin bisa melakukannya sendirian.

Joshua Wolf Shenk dalam bukunya The Power of Two mengatakan, bahwa kreativitas secara umum adalah hasil dari paling tidak dua orang yang saling berinteraksi apa pun bentuknya, mulai dari kolaborasi, saling menginspirasi, hingga saling bersaing.

Maka dari itu, kamu tak bisa menjadi penemu hal-hal menakjubkan di atas namamu sendiri. Bahkan orang seperti Steve Jobs sekali pun, pasti mencapai gagasan hebat karena berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya.

Baca Juga: 7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan Kreativitas

3. Kamu berpikir menciptakan gagasan itu mudah

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!www.verywellmind.com

Tak peduli seberapa pintar seseorang, ide-ide hebat bukan hal yang muncul akibat kejeniusan semata. Lebih dari itu, untuk mendapatkannya seseorang membutuhkan tekad, dan semangat untuk melalui proses trial and error. 

Jika kamu berpikir kreativitas adalah hal yang mudah tanpa harus didahului kerja keras, maka jangan harap kamu akan menciptakan hal luar biasa nantinya.

4. Menganggap kamu bukanlah tipe orang kreatif

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!www.medicalnewstoday.com

Siapa bilang kreatif merupakan kemampuan bawaan seseorang sejak lahir? Jika kamu orang yang suka mengotak-kotakkan antara kamu dan orang lain, menganggap mereka kreatif sedangkan kamu tidak, maka stop persepsi salah tersebut.

Faktanya, menurut seorang profesor Harvard Business School  Teresa Amabile, telah banyak penelitian yang menemukan bahwa semua orang dengan tingkat kecerdasan rata-rata pun mampu melakukan berbagai tingkat pekerjaan kreatif. Sebab, kreativitas seseorang sejatinya dapat dibentuk dengan cara giat melatih keterampilan masing-masing.

5. Terlalu ketat dengan deadline yang kamu ciptakan

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!www.entrepreneur.com

Kamu mungkin sering mendengar anggapan bahwa ide-ide biasanya akan muncul pada saat seseorang kepepet. Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Masih menurut Amabile, saat melawan waktu atau deadline yang ada, kreativitas seseorang justru semakin tidak muncul.

Fenomena ini terjadi karena semacam mabuk tekanan. Tekanan inilah yang membuat pikiran seseorang tak cukup ruang untuk menimbang dan menyelesaikan masalah, dengan mencoba ide-ide berbeda.

6. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!www.thehealthy.com

Di Indonesia, kopi mungkin identik dengan keadaan saat seseorang butuh mengobrol dan memecahkan masalah, juga mencari inspirasi-inspirasi tertentu. Ya, menstimulasi otak dengan kafein memang dapat meningkatkan kinerja fisik, membantu pengambilan keputusan/pemecahan masalah, serta meningkatkan fokus.

Namun, kafein ternyata tidak dapat mengarahkan pikiran untuk mencapai ide-ide unik. Sebab, dalam menemukan kreativitas, seseorang perlu membiarkan pikirannya melompat-lompat memikirkan hal yang tidak berkaitan, alias berimajinasi. Sedangkan, peran kafein untuk meningkatkan fokus seseorang tentulah berlawanan dengan hal tersebut.

7. Kamu selalu berusaha menghindar dari kebosanan

7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Menghambat Kreativitasmu, Lho!Unsplash.com/wflwong

Masyarakat umumnya memandang bahwa orang sibuk kelihatannya lebih keren dan prestisius. Kenyataannya, orang-orang menganggur yang sedang merasa bosan justru tak kalah produktif lho!

Dalam sebuah studi oleh Pennsylvania State University, psikolog menemukan dalam serangkaian ujian, bahwa peserta yang merasa bosan memiliki performa lebih baik dalam hal kreativitas, dibandingkan orang yang merasa santai dan gembira.

Ketika bosan, itu berarti seseorang sedang tak melakukan apa pun. Keadaan ini berpotensi membuat seseorang menghabiskan pikirannya untuk mengembara. Dengan melamun misalnya, kita memberi kesempatan untuk mengakses kondisi pikiran kita yang luas.

Selain itu, bosan juga mendorong pikiran seseorang untuk menjelajahi outlet kreatifnya. Sebab, otak akan mengisyaratkan bahwa keadaanmu saat ini kurang, hingga menyugestimu untuk mencari cara untuk maju. Jadi, bosan dan melamun gak selalu berarti seseorang less productive, ya!

Nah, itulah ketujuh keadaan yang harus kamu hindari saat sedang membutuhkan kreativitas dan mencari inovasi. Ngaku deh, kesalahan nomor berapa yang paling sering kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Mematikan Kreativitasmu Dalam Berkarya

Sinta Photo Community Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You