Comscore Tracker

Tahu Gak, 5 Hal Ajaib Ini Ternyata Dilakukan Otak Saat Kamu Tidur Lho!

Tidur bisa bikin kamu makin kreatif!

Saat tubuh manusia merasa kelelahan, mereka akan secara otomatis memberi tanda sehingga seseorang bisa mengistirahatkan tubuhnya. Entah itu hanya sekadar merebahkan diri, atau dengan tidur, istirahat memang sangat berperan untuk mengembalikan energi tubuh.

Namun jika tubuh dapat beristirahat untuk mengisi ulang daya, pernahkah terpikir olehmu apa yang dilakukan otak saat kamu tertidur? Apakah mereka turut beristirahat? Jawabannya tentu saja, tidak.

Siapa yang mengira, secara mandiri dan ajaib otak ternyata menjalankan 5 peran berikut bahkan di saat kita sedang dalam keadaan tidak sadar. Penasaran apa saja aktivitas-aktivitas otak tersebut? Simak baik-baik, deh!

1. Otak membersihkan sesampahan di dalamnya

Tahu Gak, 5 Hal Ajaib Ini Ternyata Dilakukan Otak Saat Kamu Tidur Lho!www.healthline.com

Hal ajaib pertama yang dilakukan oleh otak selama tubuh beristirahat, yakni mereka dapat "menyapu" sampah-sampah, atau mendetoks racun yang terkandung dalam otak.

Sebuah percobaan yang dilakukan pada seekor tikus oleh University of Rochester Medical Center 2013 silam, menjumpai bahwa selama tidur otak mengaktifkan suatu sistem pembuangan limbah, yang terjadi agar tak terjadi penumpukan sampah yang nantinya menimbulkan masalah pada otak manusia.

Menurut profesor bedah saraf universitas tersebut, ketika tidur aliran cairan serebrospinal di otak meningkat secara signifikan. Cairan inilah yang membasuh atau menyapu protein limbah beracun dalam otak. Berbeda dengan apabila manusia terbangun, maka sistem saraf tersebut memompa hanya sedikit cairan.

Lebih mudahnya, para peneliti menganalogikan sebuah kran air, yang jika nyala airnya deras maka cucian piring akan lebih cepat bersih. Begitu pula sebaliknya, apabila air yang keluar hanya menetes, maka masih banyak kotoran yang akan tertinggal.

2. Otak menggabungkan dan mengkokohkan memori

Tahu Gak, 5 Hal Ajaib Ini Ternyata Dilakukan Otak Saat Kamu Tidur Lho!bebrainfit.com

Penyataan bahwa tidur dapat membuat seseorang lupa akan hal tertentu mungkin tak sepenuhnya benar. Faktanya, seorang peneliti dari University of California justru mengungkapkan bahwa selama periode tidur dan memejamkan mata, otak dapat mengubah informasi jangka pendek dan peristiwa terkini ke dalam memori jangka panjang.

Inilah alasan mengapa tidur cukup sangat berperan dalam keberhasilan seseorang belajar. Bagi siswa, tidur setelah belajar mampu memadatkan dan menyatukan informasi baru ke dalam arsitektur otak, serta mengokohkan bangunan tersebut. Nah, mulai sekarang jangan justru belajar sampai larut saat akan menghadapi ujian, ya!

Baca Juga: Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnya

3. Otak membuatmu lumpuh atau mengalami sleep paralysis

Tahu Gak, 5 Hal Ajaib Ini Ternyata Dilakukan Otak Saat Kamu Tidur Lho!www.firstbeat.com

Jangan berpikir buruk dulu. Otak memiliki alasan baik untuk melumpuhkan tubuh manusia selama beberapa saat ketika tidur. Tujuannya adalah tak lain untuk mencegah seseorang dari gerak dan tingkah berlebih saat istirahat, seperti menendang, meronta, atau bahkan melakukan gerakan seperti yang sedang kita lakukan alam mimpi.

Dikutip dari Sleep Science, selama tidur bagian otak mematikan neuron motorik yang mengaktifkan otot seseorang, yang menyebabkan kelumpuhan sementara. Biasanya, kelumpuhan ini akan dialami seseorang hanya dalam waktu sekitar 20 menit.

4. Tidur membantu otak untuk membuat keputusan

Tahu Gak, 5 Hal Ajaib Ini Ternyata Dilakukan Otak Saat Kamu Tidur Lho!astrologybay.com

Jangan mengira dengan istirahatnya tubuh seseorang, lantas otak akan berhenti bekerja. Justru di saat seseorang tertidur, otak bekerja lebih untuk mengolah persoalan sulit yang mungkin tak bisa kita selesaikan saat tersadar. Hal ini sejalan dengan temuan dalam jurnal Current Biology, bahwa tidur membantu seseorang merumuskan keputusan tepat setelah bangun.

Sebelumnya, banyak penelitian menjumpai bahwa semakin seseorang berpikir secara sadar mengenai suatu masalah, maka semakin buruk pula keputusan yang akan diambil.

Fenomena tersebut kemudian dipelajari, dan menghasilkan kesimpulan bahwa selama tidur memori manusia akan menilai suatu hal secara objektif. Sebab, ketika tidur alam bawah sadar lebih berpengaruh.

Pemikiran-pemikiran bias yang biasa dihasilkan oleh pikiran sadar manusia tidak akan muncul pada pikiran bawah sadar. Inilah mengapa keputusan yang diambil setelah tidur berkualitas dapat dikatakan paling tepat, walau tidak selalu demikian.

5. Tidur membuat kreativitas seseorang berkembang

Tahu Gak, 5 Hal Ajaib Ini Ternyata Dilakukan Otak Saat Kamu Tidur Lho!www.verywellmind.com

Tak cukup hanya membantu seseorang mengambil keputusan, tidur ternyata juga mampu mengembangkan kreativitas. Otak dalam bertugas menggabung-gabungkan sejumlah informasi agar tercipta wawasan baru tentu membutuhkan waktu. Dan, tidur memberi jeda yang dibutuhkan oleh otak tersebut.

Selain itu, dalam sebuah pengamatan, aktivitas otak memang menunjukkan konsentrasi lebih pada otak kanan (yang berhubungan dengan kreativitas) sesaat setelah tertidur. Penyatuan serta restrukturisasi memori yang dilakukan otak selama periode slow-wave sleep, serta bekerjanya otak kanan inilah, yang kemudian menghasilkan wawasan kreatif ketika seseorang baru bangun tidur.

Itulah 5 hal yang dilakukan otak selama istirahat yang tentunya jarang kita tahu. Gimana, kebayang gak sih betapa menakjubkan kerja otak bahkan saat kita tidur? Jadi, pastikan kamu gak menambah bebannya dengan kebiasaan begadang ya!

 

Baca Juga: Sering Berkeringat saat Tidur Apakah Normal? Ini Penjelasan Medisnya!

Sinta Photo Community Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You