Comscore Tracker

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!

Salah satunya dibuat untuk memikat pasangan, lho!

Alam mengejutkan kita dalam banyak hal. Di satu sisi, kita menghadapi kekejaman ekstrem seperti gempa bumi dan angin topan. Sementara di sisi lain, alam memberi kita kreasi yang indah seperti Aurora Borealis.

Terlebih lagi, hewan meningkatkan keindahan alam ini. Hewan dengan cara unik mereka sendiri membuat beberapa hal yang sangat indah dan menakjubkan.

Berikut ini beberapa hal luar biasa yang diciptakan oleh hewan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Umpan laba-laba

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!wired.com/Lary Reeves

Di Peru tepatnya di hutan hujan Amazon, ditemukan seekor laba-laba yang mampu membuat laba-laba palsu yang rumit dan menggantungnya di jaringnya. Laba-laba baru ini diyakini milik genus Cyclosa. Laba-laba menggunakan puing-puing, daun, dan serangga mati untuk membuat replika dirinya yang lebih besar.

Ini pertama kalinya para ilmuwan mengamati spesies yang membangun replika dirinya dengan banyak kaki panjang.

Para ilmuwan menduga bahwa laba-laba palsu dibangun sebagai umpan atau mungkin menjadi bagian dari mekanisme pertahanan mereka untuk membingungkan atau menyesatkan predator.

2. Lingkaran ikan buntal

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!youtube.com/BBC Earth - Life Story

Pada tahun 1995, beberapa penyelam di Jepang menemukan pola melingkar yang aneh di dasar laut. Mereka memperhatikan bahwa polanya datang dan pergi secara misterius. Selama lebih dari satu dekade, para ilmuwan tidak dapat menemukan apa arti dari pola-pola ini.

Pada tahun 2013, para ilmuwan akhirnya menemukan makhluk yang bertanggung jawab atas penciptaan pola bawah laut yang menakjubkan ini, yakni spesies ikan buntal yang baru ditemukan. Mereka juga mempelajari bahwa pola melingkar ini dibuat untuk menarik pasangan.

Untuk membuat polanya, ikan buntal jantan berenang di sepanjang dasar laut dan mengepakkan siripnya. Gerakan seperti itu untuk menciptakan pola-pola lingkaran yang indah. Meskipun panjang ikan hanya sekitar 5 inci, formasi yang mereka buat memiliki diameter sekitar 7 kaki.

Setelah polanya dibuat, ikan buntal betina datang untuk memeriksanya. Jika mereka menyukai kreasi tersebut, mereka bereproduksi dengan ikan buntal jantan yang menciptakan pola itu.

3. Sarang burung bower

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!wikimedia.org/JJ Harrison

Hutan-hutan di Papua Nugini dan Australia adalah rumah bagi sekelompok burung yang tidak biasa yang dikenal dengan bower. Bower diberi nama sesuai dengan bagaimana mereka mampu membuat sarang yang rumit. Mereka membangun sarang yang rumit sebagai bagian dari ritual pacaran yang unik.

Ada contoh di mana satu burung bower telah ditemukan menggunakan benda berwarna seperti kaca hijau, gajah mainan plastik, dan seorang prajurit mainan untuk menghias sarang. Bahkan beberapa burung telah diketahui menggunakan buah-buahan berwarna dan menghiasi sarangnya dengan air liur biru atau hijau.

Baca Juga: Ekstrem! 5 Hewan Ini Sudah Harus Mempertaruhkan Nyawa sejak Bayi

4. Great Barrier Reef

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!flickr.com/lockthegatealliance

Great Barrier Reef adalah salah satu ciptaan alam yang paling luar biasa. Great Barrier Reef merupakan struktur terbesar yang dibangun oleh koloni organisme hidup, lebih besar dari Tembok Raksasa Cina dan satu-satunya makhluk hidup di bumi yang terlihat dari luar angkasa. Struktur ini dibangun oleh miliaran organisme kecil yang dikenal sebagai polip karang.

Karang mendukung keanekaragaman kehidupan laut yang mencakup banyak spesies yang terancam punah. Pada tahun 2006, 30 spesies paus dan lumba-lumba telah tercatat di Great Barrier Reef. Bahkan berbagai macam ikan dan ular laut ditemukan di terumbu.

5. Gundukan rayap

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!Wikimedia.org/Bernard Gagnon

Rayap pembangun gundukan ini adalah arsitek ahli alam. Yang menarik, rayap tidak tinggal di struktur besar yang mereka bangun ini. Rayap membangun sarang mereka untuk perlindungan dari invasi pasukan semut dan ancaman lainnya.

Para ilmuwan juga memiliki teori bahwa gundukan dirancang terutama untuk mengontrol suhu sarang. Tetapi dalam sebuah studi baru-baru ini, telah ditemukan bahwa salah satu fungsi utama gundukan itu untuk mempermudah pertukaran karbon dioksida dan oksigen.

Pada tahun 2015, para ilmuwan menemukan gundukan rayap terlantar yang berusia lebih dari 2.200 tahun dan gundukan lain yang mereka pelajari setidaknya berusia 750 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa rayap menggunakan gundukan yang sama selama ribuan tahun.

6. Pohon Gossamer

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!flickr.com/people

Pada tahun 2010, musim hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya menurunkan curah hujan besar-besaran yang menyebabkan banjir di Pakistan. Airnya lambat surut dan menciptakan genangan-genangan air yang luas di seluruh pedesaan.

Selama masa ini, banjir mendorong jutaan laba-laba dan serangga lain ke pohon-pohon yang berada di atas permukaan air banjir. Hal ini menyebabkan laba-laba membuat jaring mereka, mungkin dikombinasikan dengan serangga lain, hingga menutupi pohon-pohon dengan kepompong.

Meskipun kepompong menyebabkan kematian banyak pohon karena mereka menghalangi sinar matahari mencapai daun, mereka juga tampaknya membantu menjebak lebih banyak nyamuk di wilayah tersebut sehingga mengurangi risiko malaria.

7. Sarang burung penenun

7 Hal Luar Biasa yang Diciptakan oleh Hewan, Menakjubkan Banget!flickr.com/Rui Ornelas dan wikimedia.org/Tu7uh

Burung-burung penenun dikenal karena sarangnya yang rumit. Para jantan membangun rumah untuk menarik perhatian para betina. Tergantung pada jenis burung dan bahan bangunan yang tersedia, sarang dapat dibangun dengan serat tanaman atau ranting. Saat mereka merakit bahan-bahan sarang, mereka mulai menenun.

Desain yang ideal memiliki tabung panjang yang menghubungkan ke ruang yang mungkin berfungsi sebagai kamar bayi. Setelah sarang selesai, para jantan menyatakan open house dengan mengepakkan sayapnya. Jika para betina menyukai apa yang dilihatnya, telur muncul di sarang hanya dalam beberapa hari.

Itulah beberapa hal-hal luar biasa yang dapat diciptakan oleh hewan. Jangan salah, hewan juga dapat berkreasi untuk memikat pasangannya, lho.

Baca Juga: 5 Hewan yang Punya Julukan Vampir, Gak Selalu Mengisap Darah

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya