Comscore Tracker

5 Barang Tak Terduga yang Pernah Ditemukan di Dalam Dinding

Akibatnya, ada yang harus bayar tagihan listrik selama 77 tahun

Pernahkah kamu menemukan barang atau hal yang unik dan tak terduga di dalam dinding rumahmu? Meski terdengar aneh, tetapi beberapa ternyata orang ada yang secara tak sengaja menemukan barang atau hal di dalam dinding bangunan yang mereka renovasi atau beli. 

Pada 2012, seorang pria bahkan tak sengaja menemukan lampu neon yang menyala di balik dinding selama sekitar 77 tahun, lho. Padahal kebanyakan lampu neon biasanya hanya bertahan 20 hingga 40 tahun. Wah, kira-kira berapa tagihan listriknya, tuh? Berikut ini beberapa barang tak terduga yang pernah di temukan di dalam dinding bangunan.

1. Buku komik langka

5 Barang Tak Terduga yang Pernah Ditemukan di Dalam Dindingilustrasi buku komik (unsplash.com/introspectivedsgn)

Ini berawal dari seorang kontraktor bernama David Gonzalez yang membeli sebuah rumah di Minnesota seharga 10 ribu dolar AS atau setara Rp143 juta. Pada 1938, saat merenovasinya, ia secara tak sengaja menemukan salinan komik langka di dalam dindingnya, di antara surat kabar yang digunakan sebagai penyekat.

Komik tersebut adalah salinan Action Comics No. 1 dari 1938. Saat ini, diperkirakan hanya ada sekitar 100 eksemplar komik yang tersisa yang kebanyakan sudah dalam kondisi yang tidak bagus. Karena sangat langka, pada 2011, salinannya bahkan hampir terjual seharga 2,16 juta dolar AS atau Rp31 juta. 

Namun dilansir dari CBR, karena salinan Gonzales tidak dalam kondisi yang begitu bagus, maka sayangnya hanya mampu terjual seharga 175 ribu dolar AS atau setara Rp2,5 miliar. Menurut para ahli, seharusnya salinan komik yang ditemukan Gonzalez ini bisa terjual lebih mahal jika sampul salinannya tidak robek selama pertukaran antara ia dan bibi istrinya.

2. Karya seni terkenal dari pelukis Amerika

5 Barang Tak Terduga yang Pernah Ditemukan di Dalam Dindingilustrasi seseorang yang sedang melukis (pexels.com/Sena Aykut)

Pada 2006, lukisan asli Breaking Home Ties secara tidak sengaja ditemukan di dalam dinding rumah kartunis Don Trachte. Breaking Home Ties adalah karya seni terkenal dari pelukis Amerika, Norman Rockwell. Awalnya, lukisan aslinya diperkirakan dipajang di Museum Norman Rockwell di Stockbridge, Massachusetts. Namun dengan penemuan ini, membuktikan bahwa yang selama ini ada di museum merupakan lukisan palsu.

Dilansir The Guardian, Trachte ternyata telah membeli lukisan asli dari Rockwell pada 1960-an hanya dengan 900 dolar AS atau setara Rp12 juta. Kemudian, pada 1970-an, ia memalsukan lukisan Breaking Home Ties dan menyembunyikan yang aslinya selama 35 tahun di dalam dinding rumahnya.

Menurut putra Trachte, alasan ayahnya menyembunyikan Breaking Home Ties mungkin untuk mencegah lukisan itu diambil dari keluarganya. Tetapi, tentu motif pastinya masih belum jelas sampat saat ini.

Pada akhirnya, sebuah museum memutuskan untuk menampilkan versi asli dan palsu lukisan Breaking Home Ties secara berdampingan. Kemudian, pada November 2006, Rumah Lelang Sotheby menjual lukisan aslinya seharga 15,4 juta dolar AS atau setara Rp221 miliar.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Hartebeest, Mamalia Eksotis dari Wilayah Subsahara

3. Lampu neon yang menyala selama sekitar 77 tahun

5 Barang Tak Terduga yang Pernah Ditemukan di Dalam Dindingilustrasi lampu yang menyala (pexels.com/Burly Vinson)

Pada 2012, Andrew Meieran, pemilik baru Kafetaria Clifton di Los Angeles, menemukan lampu neon yang menyala di balik dinding gedung. Saat itu, ia sedang merenovasi gedung tersebut. Dilansir Los Angeles Times, lampu itu kemungkinan telah dipasang pada 1935 saat bangunan masih beroperasi sebagai restoran. 

Saat itu, restoran sempat menampilkan mural yang diterangi oleh beberapa lampu neon. Pada 1949, satu lampu seperti itu di sudut toilet bawah tanah ditutup. Tetapi, tanpa disadari, beberapa lampu ternyata dibiarkan menyala selama 77 tahun sampai Meieren merenovasi gedung tersebut.

Karena dibiarkan begitu lama, lampu diperkirakan telah menghabiskan lebih dari 17 ribu dolar AS atau setara Rp244 juta dalam tagihan listrik. Selain itu, mengingat kebanyakan lampu neon hanya bertahan selama 20 sampai 40 tahun, lampu ini terbilang cukup unik dan sulit ditemukan.

4. Sarang lebah dengan sekitar 80 ribu ekor lebah

5 Barang Tak Terduga yang Pernah Ditemukan di Dalam Dindingilustrasi kumpulan lebah (pexels.com/Ion Ceban)

Apakah kamu pernah berpikir bahwa ternyata di balik dinding rumahmu ada sarang lebah yang tersembunyi? Wah, jangan sampai itu benar-benar terjadi, deh. Sebab sengatannya mengandung racun yang akan menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri.

Namun, keluarga Florida ternyata menemukan sarang lebah berukuran besar di dalam dinding rumah mereka. Ini berawal dari suara mendengung yang terdengar terus-menerus sehingga mereka memutuskan untuk menyingkirkan sarang lebah tersebut dengan meminta bantuan seorang peternak lebah profesional, Elisha Bixler.

Saat Bixler merobohkan dinding pancuran keluarga, sarang lebah ternyata cukup besar setinggi 7 kaki. Sarang itu membentang dari lantai ke langit-langit dan kabarnya terdapat sekitar 80 ribu ekor lebah di dalamnya. Untungnya, Bixler dapat menangkap lebah-lebah tersebut dan memindahkannya ke peternakannya.

5. Ruang tak berpenghuni

5 Barang Tak Terduga yang Pernah Ditemukan di Dalam Dindingilustrasi tumpukan sampah di dalam ruangan (pexels.com/Francesco Paggiaro)

Dilansir The Guardian, ini dimulai saat Samantha Hartsoe menemukan sesuatu yang aneh di kamar mandi rumahnya di Manhattan. Karena tak ingin mati penasaran, Hartsoe  kemudian menyelidikinya dan menemukan lubang menganga di dinding, di belakang cermin kamar mandi. 

Hartsoe dengan sigap mempersenjatai dirinya dengan lampu depan darurat, masker, dan palu untuk memanjat melalui lubang itu. Ia menemukan sebuah ruang yang misterius yang di dalamnya terdapat tumpukan sampah dan beberapa jendela yang terbuka. 

Hartsoe mengira ia akan bertemu dengan seseorang karena ia menemukan botol air yang kosong tergeletak di sana. Namun, setelah dilakukan penyelidikan secara menyeluruh, ia menyimpulkan bahwa ruang itu tidak dapat dihuni.

Kalau di dinding rumahmu ditemukan barang atau hal yang aneh seperti ruang kosong atau tagihan listrik yang fantastis karena lampu yang dibiarkan menyala selama 77 tahun, kira-kira apa yang akan kamu lakukan, nih?

Baca Juga: 7 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Triliunan Rupiah

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya