Comscore Tracker

6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terduga

Perang Saudara Amerika berakhir di ruang tamu?

Ketika kita mempelajari sejarah, kita hanya mengetahui hal-hal yang serius dan penting. Ada begitu banyak contoh kecil yang tidak disebutkan oleh buku sejarah, dan beberapa di antaranya lucu.

Tahukah kamu bahwa Perang Saudara Amerika dimulai di dapur toko kelontong dan berakhir di ruang tamu? Berikut ini beberapa fakta-fakta menarik tentang peristiwa sejarah yang tidak terduga dan membuat tertawa. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Penemuan 30 prasasti di dinding tinggi dengan tulisan yang lucu

6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terdugamaeshowe.co.uk

Ada kisah Orkneyinga yang berusia 800 tahun di mana sekelompok orang Viking berlindung di salah satu gundukan makam Maeshowe. Mereka diketahui meninggalkan prasasti. Ketika para arkeolog pertama kali menemukan prasasti itu, mereka mengira itu adalah yang berasal dari kisah Orkneyinga.

Namun transkripsi itu ternyata benar-benar lucu, serta berisi kalimat acak yang ditulis oleh tentara salib yang pasti telah berlindung di makam ratusan tahun yang lalu. Tulisan yang berada di bagian atas tembok diterjemahkan secara kasar menjadi: "Tholfir Kolbeinsson mengukir rune-rune ini tinggi-tinggi."

Bahkan sebagian besar dari tulisan tersebut hanyalah nama-nama orang dan beberapa menggambarkan keindahan seorang wanita, sementara yang lain menggambarkan tujuan hidup Viking.

2. Perang Saudara Amerika dimulai di dapur toko kelontong dan berakhir di ruang tamu

6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terdugaflickr.com/ooocha

Wilmer McLean adalah mantan personel militer dan pedagang bahan makanan. Tetapi alasan dia terlibat dalam sejarah karena Perang Saudara Amerika secara harfiah dimulai dan berakhir di rumahnya. Pertanian keluarga McLean digunakan sebagai markas besar bagi Beauregard, brigadir jenderal Konfederasi. Pada 21 Juli 1861, sebuah bola meriam, yang ditembakkan oleh Union Army baru saja masuk melalui jendela dapurnya.

Setelah serangan tersebut, McLean memutuskan untuk meninggalkan tanah pertanian keluarganya dan pindah ke Virginia untuk melindungi keluarganya. Namun, pada 9 April 1865, perang datang ke rumahnya lagi. Robert E. Lee, jenderal Konfederasi, menyerah di rumah McLean dan penyerahan diri di ruang tamu McLean mengakhiri Perang Saudara.

Baca Juga: 7 Mitos dan Fakta di Balik Peristiwa Sejarah Dunia

3. Selama Pertempuran Bull Run, penduduk biasa pergi piknik untuk menyaksikan pertempuran

6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terdugaflickr.com/exit78

Pertempuran pertama Perang Saudara Amerika adalah Pertempuran Bull Run. Pasukan Union dan Konfederasi bentrok. Yang menarik dari pertempuran ini karena memiliki penonton yang datang dari tempat yang jauh untuk menyaksikannya. Orang-orang datang dengan sandwich dan kacamata, serta makan siang sambil menontonnya. Sebagian besar penonton adalah anggota kongres AS yang mengharapkan tentara Union menang.

Saat itu hari pertempuran bertepatan dengan hari Minggu, jadi orang-orang datang dari seluruh Washington dengan keranjang piknik untuk menikmati pertempuran. Beberapa sumber mengatakan bahwa penontonnya sebagian besar adalah laki-laki, sementara yang lain mengatakan ada banyak perempuan dan anak-anak. Beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa wiraniaga datang ke lokasi untuk menjual pai dan makanan lainnya kepada para penonton.

Alasan orang-orang datang mungkin karena mereka belum pernah melihat pertempuran. Mereka tidak pernah membayangkan bahwa pertempuran bisa menjadi begitu intens dan kejam. Ketika para penonton melihat tentara turun, mereka mulai melarikan diri. Namun, beberapa tetap menonton sampai akhir.

4. Pemilu yang paling curang adalah pemilihan umum Liberia pada tahun 1927 di mana pemenangnya menerima 243.000 suara ketika hanya ada 15.000 pemilih terdaftar

6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terdugapeacepalacelibrary.nl

Charles King, mantan Presiden Liberia, mendapat tempat di Guinness World Book of Records karena menjadi bagian dari pemilihan paling curang yang pernah dilaporkan dalam seluruh perjalanan sejarah. Selama pemilihan umum di Liberia pada tahun 1927, King menang melawan Thomas Faulkner. King menerima 243.000 suara sementara Faulkner hanya 9.000.

Meski tampak seperti kemenangan besar, tetapi jumlah total pemilih terdaftar pada saat itu hanya 15.000. Hal ini berarti bahwa Faulkner adalah pemenang karena ia menerima 9.000 suara, sehingga 6.000 sisanya memilih King. Tetapi King melakukan penipuan dan entah bagaimana menerima 243.000 suara mengingat hanya ada 15.000 pemilih.

5. Selama Perang Dunia II, Jerman menjatuhkan selebaran demoralisasi yang digunakan sebagai tisu toilet

6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terdugapsywar.org

Selama Perang Dunia II, Jerman mulai menjatuhkan selebaran dalam jumlah besar di London dan daerah sekitarnya dengan pesan-pesan demoralisasi. Ada selebaran tertentu di mana satu sisi dicetak dengan pemandangan indah dengan pohon-pohon palem. Ketika seseorang membalik selebaran, mereka akan membaca kata-kata “Apakah kamu berharap akan menemukannya seperti ini?”, dan akan ada gambar kuburan dan kerangka.

Namun, karena banyak selebaran yang tidak berhasil turun ke tanah karena keadaan alam seperti angin. Inggris menggunakannya sebagai tisu toilet murah. 

6. Ketika John Hetherington mengenakan topi top di depan umum untuk pertama kalinya, orang-orang begitu ketakutan

6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terdugablog.britishnewspaperarchive.co.uk

John Hetherington adalah orang Inggris yang berhasil menemukan topi top. Ketika dia pertama kali mengenakan topi top pada 15 Januari 1797, dia cukup menyebabkan keributan.

Sebelumnya orang-orang tidak pernah melihat topi seperti itu. Ketika Hetherington pergi ke jalan raya umum mengenakan topi sutranya, orang-orang sangat ketakutan. Banyak wanita pingsan saat melihat topi itu, dan anak-anak menjerit ketakutan, sementara anjing menggonggong keras.

Hetherington dibawa ke depan walikota yang menuduhnya melanggar perdamaian raja dan memulai kerusuhan. Hetherington dinyatakan bersalah dan harus membayar £500.

Itulah beberapa fakta di balik peristiwa sejarah yang lucu dan tidak terduga. Kamu sudah tahu belum kalau Perang Saudara Amerika melibatkan keluarga McLean?

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Mauritius, Pulau Ilusi Air Terjun Bawah Air

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You