Comscore Tracker

Mirip Manusia, Ini 5 Macam Kepribadian Kucing Menurut Ilmuwan

Ada juga kucing yang punya jiwa sosial tinggi

Memelihara kucing adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, bisa menghibur hati si pemiliknya ketika sedang lelah. Apakah kamu juga pemilik kucing?

Belum banyak yang tahu, ternyata kucing juga punya kepribadian yang berbeda satu sama lain. Lauren Finka, ilmuwan dari Universitas Lincoln ini telah mewawancarai lebih dari 200 kucing bersama dengan pemiliknya. Dari penelitiannya itu, ia menemukan bahwa kucing memiliki 5 jenis kepribadian yang berbeda, lho. 

Yuk, simak tentang 5 jenis kepribadian kucing ini selengkapnya.

1. Kucing pemburu

Mirip Manusia, Ini 5 Macam Kepribadian Kucing Menurut Ilmuwanpixabay.com

Kucing dengan kepribadian pemburu ini memiliki karakter yang sangat liar dan menonjol. Kucing tipe ini suka sekali bersembunyi dan menyergap mangsanya. Kamu bisa mengamati dari perilakunya sehari-hari. Contohnya, ketika bermain menangkap sesuatu ia akan menggigit dan menendang-nendang tangkapannya itu.

2. Kucing manusia

Mirip Manusia, Ini 5 Macam Kepribadian Kucing Menurut Ilmuwanpexels.com

Kucing manusia adalah kucing yang suka ditemani oleh manusia. Biasanya, kucing ini mengekspresikan rasa sukanya dengan beraktivitas bersama manusia. Seperti tidur di pangkuan, dibelai-belai, bermain, hingga memijit pemiliknya. Sepertinya kucing ini tidak bosan menghabiskan waktu berjam-jam bersama manusia.

Umumnya, kucing dengan kepribadian ini sering bersosialisasi dengan manusia sejak usia dini. Dia merasa aman dengan manusia dan menganggapnya sebagai bagian dari hidup kucing itu sendiri. Paling gampang deh ngajak kucing manusia bermanja-manjaan.

Atau pahamu pernah ditidurin kucing sampai kram? Kalau pernah, bisa jadi kucingmu termasuk jenis ini.

3. Kucingnya kucing

Mirip Manusia, Ini 5 Macam Kepribadian Kucing Menurut Ilmuwanpexels.com

Kepribadian kucing ini cukup mirip dengan sebelumnya. Bedanya, dalam kasus ini kucing lebih suka ditemani kucing lain. Ia bisa menghabiskan waktu berjam-jam bermain bersama dan mengurusi kucing lain.

Kucingnya kucing sangat suka berada di antara kucing-kucing lainnya. Ia pandai membangun hubungan yang positif dan tidak suka bermusuhan dengan kucing lain lain.  Kucing ini tidak sungkan bersentuhan hidung, 'grooming' satu sama lain, tidur dan bahkan berbagi makanan.

Tak usah khawatir kalau kucing dengan kepribadian ini menghilang dari rumahmu. Ia akan mudah memiliki teman dan aman bersama teman-temannya. 

Baca Juga: Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Dunia

4. Kucing soliter

Mirip Manusia, Ini 5 Macam Kepribadian Kucing Menurut Ilmuwanpexels.com

Kucing soliter juga dikenal dengan karakter kesepian, menyendiri, pemarah, rewel dan selalu waspada. Ia tidak suka kontak sosial. Bisa jadi karena memiliki riwayat trauma yang buruk. 

Kucing yang kesepian lebih suka mandiri dalam segala hal. Dia juga perlu lebih banyak ruang untuk diri mereka sendiri. Kamu yang ingin berinteraksi dengan kucing ini memang perlu waktu sedikit lebih lama. Terpenting, kamu harus selalu meluangkan waktu dan mendekatinya pelan-pelan agar bisa menyesuaikan diri dengan mu.

5. Kucing yang selalu ingin tahu

Mirip Manusia, Ini 5 Macam Kepribadian Kucing Menurut Ilmuwanpexels.com

Dari namanya aja sudah ketahuan, kucing dengan kepribadian ini memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Kucing semacam ini sangat aktif dalam segala hal. Terdorong dengan rasa ingin tahunya, ia akan mengendus apapun dan siapapun yang baru. Tak jarang juga dia senang mengeksplor wilayah baru.

Kalau kamu punya kucing yang selalu ingin tahu, harus siap mental ya. Dia akan menjatuhkan banyak barang, memasuki setiap kotak, dan semua deh yang membuat dia penasaran. Dia tidak bermaksud membuatmu repot, kok. Cuma pengen tau! Iya, pengen tau aja.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis kepribadian kucing. Dengan mengenali kepribadian kucingmu, kamu bisa lebih memilih pola asuh yang tepat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kucing 101: Tanda-tanda Dehidrasi Kucing yang Harus Kamu Perhatikan

Siti Nurdianti Photo Writer Siti Nurdianti

Sharing my daily interest

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya