Comscore Tracker

Terjawab! Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Cokelat Lumer di Mulut Kita

Ternyata bukan cuma perkara rasa yang enak lho

Gak ada yang bisa menolak nikmatnya cokelat. Bahkan saking enaknya, cokelat dianggap sebagai makanan mewah untuk para raja dan bangsawan di masa lalu. Tapi penasaran gak sih, apa yang membuat manusia begitu menyukai rasa cokelat?

Cokelat yang meleleh di mulut meningkatkan aktivitas di otak.

Terjawab! Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Cokelat Lumer di Mulut Kitastocksnap.io

Memang, makanan yang berasal dari biji buah kakao ini punya rasa yang enak di lidah. Tetapi gak cuma itu saja. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh psikolog bernama David Lewis menyebutkan bahwa cokelat yang meleleh di dalam mulut kita menimbulkan sensasi yang mengaktifkan kerja otak dan detak jantung. Setara dengan ciuman yang penuh gairah! Bahkan empat kali lipatnya.

Baca Juga: Ini Lho yang Terjadi Pada Tubuhmu Saat Kamu Merasa Merinding "Ngeri"

Bahan 'ajaib' apa sih yang sebetulnya terkandung di dalam cokelat?

Terjawab! Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Cokelat Lumer di Mulut Kitapixabay.com

Sebetulnya para ilmuwan sudah meneliti secara mendalam, bahan-bahan kimiawi yang terdapat di dalam cokelat. Memang, cokelat mengandung ratusan senyawa alami yang sebagian besar dinamakan anandamide. Anandamide adalah bahan alami yang memberikan rasa enak dan nyaman pada otak manusia. Stimulan yang termasuk di dalamnya adalah theobromine, phenylethylamine dan kafein dalam jumlah kecil.

Para peneliti dari The Neurosciences Institute di San Diego, California, menemukan fakta unik bahwa rasa nikmat yang ditimbulkan ketika makan cokelat, sama dengan ketika seseorang mengkonsumsi mariyuana.

Cokelat menimbulkan kepuasan dan candu pada otak manusia.

Terjawab! Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Cokelat Lumer di Mulut Kitapixabay.com

Di tahun 2001, Dana Small dan timnya melakukan penelitian tentang gangguan makan yang dialami beberapa orang. Mereka melakukan eksperimen terhadap subyek penelitian yang diminta makan cokelat hingga merasa puas dan lebih baik. Hasilnya, para peneliti ini mendapatkan fakta bahwa salah satu struktur otak manusia akan terus aktif mencari-cari rasa puas terhadap cokelat ini. Dan pencarian terhadap rasa cokelat ini akan menimbulkan semacam kecanduan. Hmm, memang segala sesuatu yang enak itu gak baik kalau kebanyakan ya?

Sekarang sudah tahu 'kan, alasan ilmiah di balik nikmatnya cokelat yang meleleh di mulut? Gak heran deh, penyanyi India Arie sampai menciptakan lagu "Chocolate High" karena cokelat memang benar-benar bikin kecanduan!

Baca Juga: Penelitian Unik: Naik Roller Coaster Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Batu Ginjal!

Topic:

Berita Terkini Lainnya