Ini Dia 8 Fakta Seru dalam Dunia Sains yang Belum Banyak Orang Tahu

#SainSeru Woyadong, sains juga bisa seru abis

Siapa bilang science membosankan? Banyak fakta-fakta dalam dunia science yang sangat menarik dan tentunya dapat menambah pengetahuanmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 fakta dalam dunia science yang sangat menarik dan seru abis!

1. Suhu terdingin pernah tercatat ada di bumi

Ini Dia 8 Fakta Seru dalam Dunia Sains yang Belum Banyak Orang Tahualjazeera.com

Menurut ilmuan tempat terdingin di alam semesta adalah bintang berjarak 5 ribu tahun cahaya bernama Nebula bumerang. Suhu terendah bintang ini adalah 272,5 derajat Celcius atau 458,5 derajat Fahrenheit.

Namun di bumi pernah tercatat suhu yang lebih rendah dari pada suhu tersebut. Tepatnya di Laboratorium Nasional Gran Sasso, Italia. Dalam sebuah penelitian di laboratorium tersebut pernah tercatat suhu paling rendah mencapai minus 273,144 derajat Celcius.

2. Galaksi kita punya rasa seperti buah

Ini Dia 8 Fakta Seru dalam Dunia Sains yang Belum Banyak Orang Tahuusaid.gov

Apa kamu pernah membayangkan bagaimana rasa dari galaksi yang kita tinggali? Ternyata saat meneliti awan debu yang tersebar di galaksi bima sakti, ilmuan menemukan bahwa awan debu tersebut mengandung senyawa kimia etil format.

Menariknya senyawa kimia ini juga banyak terkandung dalam buah rasberry sehingga besar kemungkinan rasa dari galaksi yang kita tinggali mirip dengan rasa buah raspberry atau di Indonesia sering disebut juga buah arbei/arben.

3. Bagian tubuh manusia menghasilkan cairan terlicin di dunia

Ini Dia 8 Fakta Seru dalam Dunia Sains yang Belum Banyak Orang Tahuthehumantrainer.com

Sepeti yang kita tahu tubuh manusia memiliki banyak hal menarik. Misalnya seperti pada lutut manusia. Dalam lutut manusia terdapat pelumas yang disebut cairan sinovial.

Cairan sinovial ini berfungsi sebagai pelumas untuk sendi dan tendon. Ilmuan menemukan bahwa cairan sinovial ini merupakan cairan paling licin di dunia dengan konsistensi yang mirip dengan putih telur.

4. Paus bukan organisme hidup terbesar di muka bumi

Ini Dia 8 Fakta Seru dalam Dunia Sains yang Belum Banyak Orang Tahupinterest.co.uk/KittHrabacka

Koloni jamur dapat dikategorikan sebagai sebuah organisme hidup. Hal inilah yang menyebabkan jamur Armillaria ostoyae menjadi organisme terbesar yang hidup di bumi. Koloni jamur ini tumbuh seluas 22 ribu hektar di Hutan Nasional Oregon Malheur dan fakta lainnya yang tak kalah seru, ternyata jamur ini juga merupakan jamur tertua yang berumur sekitar 2400 tahun.