Comscore Tracker

Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesia

Sudah tahu, belum?

Perkembangan kereta api di Indonesia semakin hari memang semakin baik. Kamu sebagai Gen Z pasti sudah menikmati masa saat transportasi jadi serbanyaman dan menyenangkan. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana kereta api zaman dulu?

Dilansir laman Kereta Api Indonesia, berikut sejarah kereta api Indonesia dari masa ke masa. Siapa nih dari kamu yang sudah tahu tentang hal ini?

1. Indonesia merupakan negara kedua di Asia yang memiliki jaringan kereta api tertua

Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesiaunsplash.com/Ashik Salim

Belajar sejarah dulu, nih. Saat periode tanam paksa, hasil pertanian butuh didistribusikan dari pedalaman ke kota-kota pelabuhan. Makanya, dibutuhkan transportasi. Tepatnya, pada 1864, pencangkulan pertama jalur kereta api Vorstenlanden dari Solo ke Yogyakarta dibangun oleh Gubernur Jenderal Hindia-Belanda.

Lanjut pada 1875, ada lagi jalur kereta api dengan rute Surabaya-Pasuruan-Malang. Tahun depannya, barulah mulai pembangunan jalur kereta api Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sulawesi.

2. Pada 1928, panjang jalan kereta api dan trem Indonesia yaitu 7.464 km

Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesiaunsplash.com/JK

Tepatnya, sepanjang 4.089 km milik pemerintah dan 3.375 km milik swasta. Panjang banget! Bisa bayangkan, gak, bagaimana panjangnya jalan kereta api tersebut? Pada 1942, perkeretaapian Indonesia diambil alih oleh Jepang sehingga berubah nama jadi Rikuyu Sokyuku atau Dinas Kereta Api.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat 

3. Tahun Indonesia merdeka menjadi tahun pengambilalihan stasiun dan kereta api yang dikuasai Jepang

Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesiaunsplash.com/Dennis Chick

Setelah Indonesia merdeka, pada 28 September 1945 ditetapkan menjadi hari Kereta Api Indonesia karena pengambilalihan stasiun dan KA yang dikuasai Jepang. Momen tersebut diadakan di Kantor Pusat Kereta Api Bandung.

4. Pada 1971, pemerintah mengubah struktur PNKA menjadi PJKA

Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesiaunsplash.com/Balaz Buz

Perusahaan Negara Kereta Api diubah strukturnya oleh pemerintah menjadi Perusahaan Negara Jawatan Kereta Api. Dua puluh tahun kemudian, tepatnya pada 1991, PJKA kembali berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka).

Karena telah dibentuknya UU Tahun 1992 tentang Perkeretaapian, Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas: PT Kereta Api (Persero). Undang-undang tersebut kemudian diperbaharui pada 2007.

5. Pada 2011, PT KAI (Persero) meluncurkan logo baru

Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesiatoursbyrail.com

Kereta Api Indonesia semakin berkembang, termasuk pembaruan logo yang terjadi pada 2011. Turut beroperasilah KA Akses Bandara Kualanamu pada 2013 oleh PT. Railink yang merupakan anak perusahaan dari PT. KAI dengan PT. Angkasa Pura II.

Pembangunan double-track Lintas Utara Jawa sepanjang 725 km pada 2014 selesai dibangun. Lebih berkembang lagi, tahun depannya, diadakan pengembangan jaringan Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek.

Dari dulu sampai sekarang, kereta memang dipercaya sebagai perjalanan paling nyaman yang bisa dinikmati karena pemandangan indah yang disuguhkan selama perjalanan. Perjalanan kereta api Indonesia juga cukup panjang, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Buat kamu sendiri, sudah tahu belum tentang sejarah kereta api Indonesia tersebut?

Baca Juga: Hari Kereta Api, Ini 4 Lokasi Kuburan Kereta Paling Kece

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya