Comscore Tracker

Kontribusi Positif pada Dunia, Cerita RER Bantu Selamatkan Ekosistem

#IMGS2022 RER berikan kontribusi positif untuk ekosistem

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 digelar oleh IDN Media pada 29-30 September 2022 yang dilaksanakan secara luring di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta. Acara yang mengusung tema "Indonesia Fast Forward" ini dijadikan sebagai wadah anak muda dalam berbagi inspirasi melalui ragam kontribusi positif yang bisa diberikan kepada Indonesia.

IMGS 2022 menghadirkan beragam sesi panel yang diisi oleh 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, salah satunya bidang lingkungan yaitu dengan turut menghadirkan Medina Kamil dan Tiurma Rosinta Siagian selaku Corporate Communications Restorasi Ekosistem Riau (RER). RER merupakan suatu program kolaboratif yang menyatukan kelompok swasta dan publik untuk memulihkan dan melestarikan kawasan hutan gambut yang memiliki nilai ekologi penting di Semenanjung Kampar, Indonesia.

Seperti yang disampaikan oleh Corporate Communications Restorasi Ekosistem Riau (RER), Tiurma Rosinta Siagian, RER bergerak bersama Grup APRIL sebagai donatur, turut memulihkan dan melestarikan area hutan dengan luas 150 ribu hektare atau seluas dua kali ukuran negara Singapura. Berikut hasil 5 rangkuman dari ragam kontribusi positif untuk ekosistem yang diterapkan oleh RER.

1. RER melakukan restorasi terhadap 150 ribu hektare kawasan hutan, seluas dua kali negara Singapura

Kontribusi Positif pada Dunia, Cerita RER Bantu Selamatkan EkosistemKawasan RER (rekoforest.org)

Tiurma menyebutkan bahwa RER dilakukan di pesisir timur pulau Sumatra seluas 150 ribu hektare, atau seluas dua kali negara Singapura. Melansir dari website rekoforest.org, pada pertemuan COP 21 di Paris pada bulan Desember 2015, APRIL juga mendedikasikan dana sebesar 100 juta USD untuk mendukung upaya konservasi dan restorasi jangka panjang sampai dengan 10 tahun.

2. RER mengelola salah satu area gambut terbesar di Asia Tenggara

Kontribusi Positif pada Dunia, Cerita RER Bantu Selamatkan Ekosistemrekoforest.org

RER turut berkontribusi positif dalam mengelola Semenanjung Kampar di Sumatra, yang merupakan salah satu area gambut terbesar di Asia Tenggara sekaligus yang paling terancam. Meski penebangan dan kebakaran hutan berlangsung bertahun-tahun, Semenanjung Kampar masih menyimpan stok karbon dalam jumlah yang sangat besar.

Baca Juga: Politik dan Anak Muda, Bicara Miskonsepsi dan Patriarki di IMGS 2022

3. RER menyusun strategi pengelolaan atas keanekaragaman hayati di Semenanjung Kampar

Kontribusi Positif pada Dunia, Cerita RER Bantu Selamatkan EkosistemRER melakukan pemantauan keanekaragaman hayati (rekoforest.org)

Upaya RER sejak 2015 telah menciptakan lingkungan dimana habitat dan populasi burung dapat berkembang. Berdasarkan laporan dari RER pada tahu 2017, terdapat 299 burung langka dan terancam punah di kawasan RER dan sekitarnya. Termasuk Rangkong Helm (Rhinoplax vigil) pun terancam punah, yang terdaftar dalam Daftar Merah Spesial Terancam IUCN (International Union for Conservation of Nature).

4. RER mengedukasi masyarakat setempat 

Kontribusi Positif pada Dunia, Cerita RER Bantu Selamatkan EkosistemRER memberikan edukasi pada masyarakat (rekoforest.org)

Tiurma menjelaskan RER punya cara dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. "Dulu, nelayan menggunakan tuba (racun) dan kejut listrik dalam menangkap ikan. RER memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara menangkap ikan yang benar dan sustain atau berkelanjutan," ujar Tiurma dalam rangkaian acara IMGS 2022, 29 September 2022 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

5. RER turut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi masyarakat sekitar

Kontribusi Positif pada Dunia, Cerita RER Bantu Selamatkan EkosistemMadu Hutan Riau (rekoforest.org)

RER bermitra dengan para pengumpul madu lokal di Semenanjung Kampar dan Pulau Padang. RER membantu para pengumpul madu dengan jalan membeli, memasarkan, dan menjual madu sebagai Madu Hutan Riau. Hasil laba diperoleh oleh masyarakat dalam bentuk proyek atau sarana dan prasarana yang dapat digunakan dan membawa manfaat bersama. Hal yang unik, lebah madu terbesar di dunia turut berkontribusi dalam proses pembuatan Madu Hutan Riau ini, yaitu lebah madu raksasa Asia (Apis dorsata).

Itulah hasil rangkuman dari kontribusi positif yang diterapkan RER untuk bangsa Indonesia, bahkan untuk keberlangsungan hidup dunia. Mari kita bagikan inspirasi demi keberlangsungan hidup dunia kita bersama. Salam kontribusi positif.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Nonton Film Dokumenter Frontier Sumatra 

Tamisha Ulfahira Al Amri Photo Writer Tamisha Ulfahira Al Amri

just tryin somethin new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya