Comscore Tracker

5 Perubahan yang Sangat Memengaruhi Pola Hidup Manusia

Ternyata sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari!

Perkembangan zaman merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Hal itu terjadi karena perkembangan pengetahuan yang terus digali oleh manusia agar memudakan jalannya hidup. Namun sadarkah kalian jika perkembangan-perkembangan tersebut malah menjadi kesalahan bagi manusia dikarenakan mereka terlalu menikmati kemudahan yang ada? Hal itu dapat dibuktikan melalui beberapa transisi sesuatu berikut ini!

1. Transisi mesin ketik ke komputer

5 Perubahan yang Sangat Memengaruhi Pola Hidup Manusiapexels.com/pixabay

Memang dengan hadirnya komputer sangat memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan, khususnya mengetik. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa transisi dari mesin ketik ke komputer malah membuat manusia semakin berkurang daya konsentrasinya. Hal itu terjadi karena jika seseorang menggunakan mesin ketik, diperlukan konsentrasi yang cukup tinggi agar pekerjaan tersebut tidak salah. Jika salah sedikit saja meskipun pekerjaan hampir selesai, maka pekerjaan tersebut harus diulang dari awal karena tidak ada tombol hapus dalam sebuah mesin ketik.

2. Transisi surat pos ke surat elektronik

5 Perubahan yang Sangat Memengaruhi Pola Hidup Manusiapexels.com/pixabay

Kehadiran surat elektronik memudahkan manusia dalam mengirim pekerjaan kepada orang lain. Selain kemudahan tersebut, surat elektronik tidak memerlukan perangko seperti surat konvensional dan juga tidak perlu biaya meskipun mengirimkan sebanyak ratusan kali asalkan ada konesi internet. Namun, dengan hadirnya surat elektronik ini malah membuat manusia mengurangi kebiasaan menulis di atas kertas. Hal itu dapat menyebabkan manusia terlalu bergantung dengan teknologi dan mengurangi kegiatan fisiknya.

3. Transisi SMS ke media sosial

5 Perubahan yang Sangat Memengaruhi Pola Hidup Manusiapixabay.com/sabinevanerp

Kecepatan penyebaran informasi pada SMS dengan media sosial memiliki perbedaan yang signifikan. SMS tidak bisa mengirim gambar serta membutuhkan pulsa agar pesan itu dapat tersampaikan. Namun taukah kalian jika hadirnya media sosial membuat manusia makin rentan terhadap stres? Hal itu terjadi karena cepatnya informasi yang disampaikan dan didapatkan dari berbagai pihak. Coba bayangkan jika mood kalian sedang buruk namun ada seseorang yang tiba-tiba memberi tahu kabar yang dapat membuat kalian tambah stres, maka hal tersebut malah melipatgandakan beban hidup. 

Baca Juga: 6 Perempuan Pemberani yang Hidup di Masa Peradaban Kuno

4. Transisi permainan tradisional ke game online

5 Perubahan yang Sangat Memengaruhi Pola Hidup Manusiapexels.com/zhang kaiyv

Dalam sebuah permainan tradisional dibutuhkan "fisik" dari orang-orang yang ingin bermain. Keseruan yang terjadi tidaklah semu serta dapat menambah mempererat hubungan sosial antar sesama. Namun, kehadiran game online membunuh keseruan nyata dengan keseruan semu yang tidak memerlukan kehadiran orang lain dalam sebuah permainan. Hal tersebut malah membentuk karakter manusia menjadi pemalas dan kurang bersosialisasi di kehidupan nyata, atau bahasa gaulnya adalah no life.

5. Transisi buku ke e-book

5 Perubahan yang Sangat Memengaruhi Pola Hidup Manusiapexels.com/pixabay

Buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Namun, beberapa tahun terakhir muncul fenomena buku elektronik yang tidak memerlukan buku secara fisik melainkan berbentuk softfile yang bisa dengan mudah dikirim ke mana-mana. Hal tersebut malah mengurangi esensi sebuah buku yaitu mengisi rak-rak buku yang kosong.

Hal tersebut malah membuat manusia malas datang ke perpustakaan yang notabene adalah gudangnya sumber pengetahuan. Padahal menurut jenderal-jenderal perang di masa lalu, objek pertama yang dihancurkan adalah perpustakaan, hal itu karena tanpa perpustakaan manusia tidak bisa melakukan riset untuk membuat senjata agar memenangkan sebuah perang.

Itulah kelima transisi yang sangat berpengaruh dalam perubahan pola hidup manusia. Manakah perubahan yang sangat terasa dalam hidup kalian?

Baca Juga: 7 Pola Hidup Sehat yang Mudah dan Seru untuk Kamu Lakukan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You