Comscore Tracker

5 Hal Ini Mungkin Terjadi Jika Semua Negara Punya Senjata Nuklir

Bisa jadi dunia ini gak mengenal perdamaian lagi, uh ngeri!

Pernahkah kalian membayangkan jika senjata nuklir menguasai dunia? Seperti yang kita ketahui bahwa senjata nuklir memiliki dampak yang cukup besar ketika diledakkan. Hal itu dapat dilihat pada peristiwa hancurnya Kota Nagasaki dan Hiroshima karena ledakan salah satu jenis senjata nuklir yaitu bom atom oleh Amerika Serikat.

Namun, jika semua negara memiliki senjata nuklir, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Berikut penjelasannya.

1. Tidak berkembangnya teknologi

5 Hal Ini Mungkin Terjadi Jika Semua Negara Punya Senjata Nuklirpexels.com/christina morillo

Ketika negara-negara berlomba untuk meningkatkan kualitas keamanannya, hal itu malah membuat perkembangan teknologi kian susah. Hal itu dikarenakan sikap tertutupnya suatu negara dengan negara lain yang disebabkan oleh ketidakpercayaannya.

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa jika semua negara berlomba-lomba untuk mencapai kepentingan nasionalnya saja tanpa melakukan sebuah kerja sama, maka perkembangan yang sifatnya global tidak akan terealisasi.

2. Dunia akan hancur jika terjadi perang

5 Hal Ini Mungkin Terjadi Jika Semua Negara Punya Senjata Nuklirpixabay.com/TheDigitalArtist

Jika semua negara memiliki senjata nuklir, ketika terjadi perang maka dunia ini akan hancur. Hal itu akan terjadi karena jika semua negara meluncurkan senjata nuklir hanya untuk menyerang musuh, besar kemungkinan mereka akan diserang balik oleh musuhnya dengan menggunakan senjata yang sama. Peristiwa saling perang tersebut yang melandasi bahwa dunia ini akan hancur karena adanya perang senjata nuklir.

Baca Juga: Mengerikan, Ini 5 Perang Paling Mematikan dalam Sejarah Modern

3. Terjadinya Arms race

5 Hal Ini Mungkin Terjadi Jika Semua Negara Punya Senjata Nuklirpexels.com/pixabay

Militer identik dengan persenjataan. Ketika kuantitas persenjataan suatu negara cukup banyak, dalam konsep realisme dapat disimpulkan bahwa negara tersebut memiliki kekuatan yang besar pula. Ketika semua negara memiliki senjata nuklir maka juga akan berlomba-lomba untuk memperbanyak dan meningkatkan kualitas persenjataan.

Hal itu bertujuan untuk menjaga keseimbangan keamanan yang ada di negara tersebut. Tidak melulu tentang senapan, menambah jumlah tank dan nuklir juga akan dilakukan agar terlihat unggul jika dibandingkan dengan negara lain.

4. Tidak akan ada kerja sama antar negara

5 Hal Ini Mungkin Terjadi Jika Semua Negara Punya Senjata Nuklirpixabay.com/geralt

Berdasarkan pada beberapa kemungkinan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa negara-negara yang melakukan persaingan dalam peningkatan kualitas teknologi dan persenjataan, mereka tidaklah bekerja sama. Karena jika dilihat dari sudut pandang sebuah negara, mereka pasti beranggapan bahwa negara lain itu jahat.

Hal itu juga disebutkan dalam sebuah karya seorang filsuf yaitu Thomas Hobes, yang mengatakan bahwa manusia adalah serigala bagi manusia lain.

5. Terjadinya dilema keamanan

5 Hal Ini Mungkin Terjadi Jika Semua Negara Punya Senjata Nuklirtimeline.com

Meskipun tidak ada sebuah kerja sama, untuk melindungi negaranya, sebuah negara membentuk aliansi-aliansi yang hanya berfokus pada bidang keamanan. Walau memiliki kekuatan yang sama kuat, dengan adanya sebuah aliansi, negara-negara sepihak dituntut untuk mengambil keputusan yang sama.

Beberapa tuntutan tersebut harus dipatuhi atas dasar kesepakatan. Jika hal tersebut terjadi, maka sebuah negara dihadapkan oleh dua pilihan yaitu tetap patuh atau tidak, yang pada intinya akan mengarah terhadap terjadinya konflik.

Itulah tadi 5 kemungkinan yang akan terjadi jika semua negara memiliki senjata nuklir. Cukup dilematis ketika kita melihat kemungkinan yang akan terjadi karena baik dari sisi positif dan negatif itu berimbang sama besar kuatnya. Menurut pendapat kalian, apakah suatu saat semua negara akan memiliki nuklir?

Baca Juga: 5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusia

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You