Comscore Tracker

Tidak Hanya Cantik, 6 Tanaman ini Ternyata dapat Menyuburkan Tanah

Tanaman ini tidak hanya cantik, tapi juga multifungsi

Tahukah kamu? Ada jenis tanaman yang dapat menyuburkan tanah, yaitu jenis leguminosa. Akar pada leguminosa dapat mengonversi nitrogen yang didapat dari luar untuk tanah, sehingga tanah menjadi kaya unsur hara. Ada yang tertarik tapi masih bingung tanaman legum mana yang cocok untuk pekarangan rumah? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Bunga telang

Tidak Hanya Cantik, 6 Tanaman ini Ternyata dapat Menyuburkan Tanahbunga telang (pexels.com/@tamanna-rumee)

Tanaman yang satu ini tampaknya sudah tidak asing, kan? Ya, bunga telang (Clitoria ternatea) termasuk ke dalam jenis tanaman leguminosa. Selain karena bunganya yang cantik, bunga ini cukup populer karena dapat menghasilkan teh biru yang berkhasiat baik untuk tubuh.

Dalam dunia pertanian, bunga ini sudah sering digunakan. Selain untuk menyuburkan tanah, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

2. Rumput pinto

Tidak Hanya Cantik, 6 Tanaman ini Ternyata dapat Menyuburkan Tanahrumput pinto dan dandelion (unsplash.com/@julesea)

Rumput pinto (Arachis pintoi) adalah salah satu tanaman legum yang berasal dari Brazil. Rumput pinto biasanya dipakai untuk mengurangi gulma pada lahan perkebunan. Dalam sektor peternakan, rumput pinto biasanya dibudidayakan untuk pakan ternak.

Rumput ini juga tak jarang digunakan sebagai rumput taman, karena rumput ini mampu berbunga sepanjang tahun. Lautan bunga kuning yang sangat cantik ini tentunya dapat memanjakan mata yang melihatnya.

3. Kembang merak

Tidak Hanya Cantik, 6 Tanaman ini Ternyata dapat Menyuburkan Tanahkembang merak (unsplash.com/@jsensarma)

Kembang merak (Caesalpinia pulcherrima) yang sering dijumpai sebagai tanaman hias, juga termasuk ke dalam kelompok tanaman legum. Bunganya juga cukup terkenal sebagai bahan obat untuk berbagai macam penyakit.

Tanaman ini bisa kamu tanam di pekarangan rumah untuk mempercantik halaman. Bisa sekaligus meningkatkan unsur hara dalam tanah.

Baca Juga: 5 Fakta Tanaman Binahong Merah, Tanaman Merambat Serba Guna

4. Tanaman sweet pea

Tidak Hanya Cantik, 6 Tanaman ini Ternyata dapat Menyuburkan Tanahbunga sweet pea (unsplash.com/@robpumphrey)

Tanaman sweet pea (Lathyrus odoratus) merupakan salah satu tanaman hias yang juga termasuk ke dalam kelompok legum. Seperti namanya, tanaman sweet pea menghasilkan aroma yang manis dan memikat.

Tanaman ini memiliki bunga dengan warna yang mencolok seperti ungu dan merah muda. Cocok ditanam untuk memberi warna pada halaman rumahmu.

5. Putri malu

Tidak Hanya Cantik, 6 Tanaman ini Ternyata dapat Menyuburkan Tanahbunga putri malu (pexels.com/@theplanetspeaks)

Mungkin, banyak yang sudah cukup familiar dengan tanaman satu ini. Putri malu (Mimosa pudica) adalah salah satu tanaman yang unik, karena apabila daunnya disentuh mereka akan menguncup malu-malu.

Putri malu mungkin sering kita temui bersama rumput-rumput liar, tapi jangan salah, tanaman ini juga diketahui dapat memperbaiki kondisi tanah. Ia juga menghasilkan bunga berwarna merah muda yang cantik.

6. Wisteria

Tidak Hanya Cantik, 6 Tanaman ini Ternyata dapat Menyuburkan Tanahbunga wisteria (pixabay.com/carlottasilvestrini)

Tanaman ini juga cukup populer, terutama untuk yang suka menonton serial anime, pohon wisteria ini sering muncul. Ya, mereka juga termasuk ke dalam kelompok legum. Pohon wisteria merupakan tanaman yang berasal dari beberapa negara di Asia seperti Cina, Jepang dan Korea, juga beberapa bagian di Amerika Serikat, bergantung pada spesiesnya.

Tanaman ini memiliki bunga yang menjuntai, berwarna ungu atau putih. Meskipun pertumbuhannya cenderung lama, bunga wisteria ini tetap ditunggu kedatangannya. Bahkan, ada pohon wisteria yang berusia ratusan tahun di Jepang!

Nah, itu tadi beberapa tanaman cantik yang ternyata juga bisa digunakan untuk menyuburkan tanah. Tertarik untuk menanamnya?

canna bila Photo Writer canna bila

a devoted sunflower.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya