Comscore Tracker

Memiliki Ikatan yang Kuat, 5 Fakta Menarik Tentang Anak Kembar

Insting mereka tetap berikatan meski terpisah jauh

Baru-baru ini publik diramaikan dengan kisah mengenai anak kembar yang terpisah sejak bayi dan tak sengaja dipertemukan melalui media sosial. Banyak orang yang mengaku sangat tersentuh dengan kisah keduanya. Seperti yang kita ketahui bahwa anak kembar memang seakan memiliki ikatan satu sama lain sejak dalam kandungan, hal ini membuat keduanya seakan terus berhubungan dalam segi insting meski terpisah jarak. 

Karena hal ini lah, mungkin sebagian dari kita semakin penasaran apa saja sih yang semakin membuat anak kembar terasa lebih istimewa dan tidak biasa. Simak yuk faktanya! 

1. Telah berkomunikasi sejak dalam kandungan

Memiliki Ikatan yang Kuat, 5 Fakta Menarik Tentang Anak KembarUnsplash/Jens Johnsson

Seakan memiliki kaitan yang kuat dan tak terpisahkan, ternyata memang sepasang atau beberapa pasang anak kembar justru telah melakukan komunikasi satu sama lain sejak dalam kandungan, lho. Hal ini diungkapkan beberapa peneliti Umberto Castiello of the University of Padova di Italy pada tahun 2011 yang melakukan penelitian dengan menggunakan video 3D dari bayi kembar dalam kandungan. Dapat terlihat bahwa bayi pada usia kandungan 14 minggu sudah terlihat mulai berusaha menyentuh satu sama lain. Sementara, pada usia kandungan 18 minggu, mereka sudah sering menyentuh dan seakan menunjukan gesturnya. Hal ini membuat keduanya seakan memiliki gestur masing-masing untuk dapat saling berkomunikasi. 

2. Tidak memiliki kesamaan sidik jari

Memiliki Ikatan yang Kuat, 5 Fakta Menarik Tentang Anak Kembarmagnoliabox.com

Jangan kan anak kembar tidak identik, bahkan anak kembar identik pun sama sekali tidak memiliki kemiripan atau kesamaan sidik jari. Mungkin hal ini lah yang akan membedakan satu sama lain sehingga dapat menjadi identitas dari masing-masing individu. Hal ini tentu sangat unik sebab meski keduanya memiliki bentuk rupa yang mirip dan terlahir dari satu rahim yang sama, namun sidik jarinya tentu berbeda. 

3. Istilah twintuition yang banyak dipercaya oleh orang-orang

Memiliki Ikatan yang Kuat, 5 Fakta Menarik Tentang Anak KembarUnsplash/Daiga Ellaby

Meski tidak ada secara pasti penelitian mengenai hal ini, namun tak sedikit orang yang percaya bahwa anak kembar akan selalu memiliki intuisi ataupun insting terhadap satu sama lain. Biasanya hal ini didasari karena pengalaman pribadi. Tentunya ini dapat menjadi sesuatu yang unik sebab terkadang anak kembar dapat merasakan perasaan saudara kembarnya sendiri. Satu hal lainnya yang sering terjadi adalah berkaitan bila salah satu diantara sedang sakit, maka biasanya saudara kembarnya juga akan ikut sakit. Meski tak dapat dikatakan 100% benar, tapi intuisi ini masih dipercaya banyak orang. 

Baca Juga: Anugerah Terindah, 5 Artis ini Dikaruniai Anak Kembar 

4. Anak kembar dapat terlahir dari ayah yang berbeda

Memiliki Ikatan yang Kuat, 5 Fakta Menarik Tentang Anak Kembarwstwinregistry.org

Hal yang satu ini mungkin cukup mengejutkan bagi kita karena hampir semua orang pasti menganggap bahwa anak kembar sudah tentu memiliki ayah dan ibu yang sama, padahal belum tentu. Ada satu kondisi di mana seorang wanita dapat menghasilkan dua sel telur yang mungkin saja keduanya dapat dibuahi oleh dua lelaki yang berbeda. Hal ini lah yang membuat anak kembar ada pula yang memiliki ras maupun bentuk fisik yang cukup berbeda. Meskipun hal ini mungkin sangat jarang terjadi, namun faktanya tetap ada, lho. 

5. Apabila salah satunya merupakan gay, belum tentu saudara kembarnya pun gay

Memiliki Ikatan yang Kuat, 5 Fakta Menarik Tentang Anak KembarUnsplash/frank mckenna

Meski penjelasan mengenai kecenderungan orientasi seksual sulit untuk dijelaskan karena tentu berkaitan dengan struktur DNA masing-masing, namun peneliti mengatakan bahwa orientasi seksual anak kembar belum tentu sama. Hal ini membuktikan bahwa apabila satu diantara anak kembar merupakan gay, maka belum tentu saudara kembarnya adalah gay pula. Tentunya tidak ada alasan untuk kita mengeneralisasikan orientasi seksual seseorang, ya. 

6. Kepribadiannya bisa sangat bertolak belakang

Memiliki Ikatan yang Kuat, 5 Fakta Menarik Tentang Anak KembarUnsplash/Syd Wachs

Jangan tertipu dengan paras dan fisik yang serupa ya sebab sepasang anak kembar bisa jadi memiliki perilaku dan sifat yang bertolak belakang satu sama lain. Tentunya setiap individu memiliki keinginan dan sifat bawaan yang berbeda-beda, tak perduli meskipun mereka terlahir dari rahim yang sama dengan fisik yang serupa. Hal ini membuktikan bahwa memang kita tidak dapat menyama ratakan satu karakteristik dari anak kembar dan anak kembar lainnya. 

Nah, 6 fakta seputar anak kembar di atas membuktikan bahwa memang meski memiliki kesamaan secara fisik, namun belum tentu anak kembar memiliki kesamaan dari aspek lainnya. Unik, bukan? 

Sumber:

https://www.huffpost.com/entry/twin-facts_n_4959012

www.everydayhealth.com/healthy-living-pictures/wonderful-and-wacky-facts-about-twins.aspx

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kamar untuk Anak Kembar, Manis Banget!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya