Comscore Tracker

Amit-amit, deh! 5 Fakta Mengerikan jika Astereoid Sampai Menabrak Bumi

Bisa-bisa, terjadi kiamat, lho

Berbicara mengenai luar angkasa memang menjadi salah satu hal menarik. Sebab, hal itu berhubungan dengan keajaiban-keajaiban yang terletak di tata surya. Salah satu yang menarik untuk dibahas, yaitu asteroid. Secara umum, asteroid adalah planet minor atau planetoid karena lebih kecil jika dibandingkan dengan planet dan lebih besar dari meteor.

Benda langit yang terus melayang bebas ini memang kadang dikhawatirkan akan menabrak Bumi. Apabila waktunya tiba, kira-kira, apa saja dampak yang disebabkan dari hantaman planet minor ini, ya? Dilansir dari laman Curious Astro Cornell, berikut lima daftarnya!

1. Kawah Besar

Amit-amit, deh! 5 Fakta Mengerikan jika Astereoid Sampai Menabrak Buminewsweek.com

Bersyukurlah karena Bumi kita tercinta memiliki lapisan pelindung di atmosfer yang akan melindungi Bumi dari berbagai hantaman benda langit. Namun, mengingat pada saat ini pemanasan global terjadi di mana-mana, tentu tidak menutup kemungkinan bila suatu saat nanti atmosfer pada Bumi pun akan menipis.

Apabila hal itu terjadi, tentu saja asteroid akan mudah menubruk Bumi hingga ke bagian kerak dari Bumi. Akan terciptanya kawah besar akibat energi besar asteroid saat menabrak Bumi.

2. Megatsunami

Amit-amit, deh! 5 Fakta Mengerikan jika Astereoid Sampai Menabrak Bumithesun.co.uk

Kawah merupakan salah satu contoh nyata bila asteroid besar sampai menubruk tanah di Bumi. Lalu, apa jadinya bila asteroid tersebut justru terjatuh di laut? Apabila asteroid yang besarnya sekitar 10 km sampai menabrak Bumi, tentu saja akan menyebabkan megatsunami dengan ketinggian yang tak bisa dibayangkan.

Bandingkan saja dengan Palung Mariana yang merupakan dasar Bumi terendah hanya memiliki kedalaman 11 km. Bagaimana bila asteroid sampai menubruk bagian tersebut? Tentu, kejadian tersebut tidak ingin manusia bayangkan.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Badai Meteor Leonid, Terjadi Setiap 33 Tahun Sekali!

3. Suhu Meningkat

Amit-amit, deh! 5 Fakta Mengerikan jika Astereoid Sampai Menabrak Bumiphys.org

Hasil dari tubrukan asteroid yang menabrak Bumi ternyata berpotensi membuat partikel-partikel kecil atau puing-puing terbang secara cepat. Bahkan, saking cepat dan banyaknya puing-puing tersebut, bisa menyebar ke bagian luar atmosfer dan orbit Bumi. Sebagian pun terjatuh kembali ke permukaan ini.

Tentu saja hal ini akan berdampak tidak baik terhadap suhu yang ada. Suhu akan meningkat, bahkan berpotensi kebakaran hutan.

4. Tidak Adanya Sinar Matahari

Amit-amit, deh! 5 Fakta Mengerikan jika Astereoid Sampai Menabrak Bumibcttransfers.com

Apabila hal tersebut terjadi, tentu proses pemulihan pun tidak akan secepat yang kita bayangkan. Banyaknya partikel debu; partikel hasil hantaman asteroid dan kerak Bumi; hingga hasil kebakaran hutan pun semakin membuat cuaca tak terkendali dan menghalangi cahaya matahari.

Ketiadaan sinar matahari tentu menjadi permasalahan serius bagi tanaman, hewan, bahkan manusia sekalipun.

5. Kepunahan Massal dari Makhluk Hidup

Amit-amit, deh! 5 Fakta Mengerikan jika Astereoid Sampai Menabrak Bumihistory.com

Apabila kamu cukup familier dengan cerita dinosaurus masa lampau, tentu kamu pasti pernah mendengar bahwa kepunahan dari hewan-hewan purba tersebut juga disebabkan oleh tubrukan benda langit seperti asteroid terhadap Bumi.

Memang, apabila hal tersebut terjadi, tentu akan berpotensi menyebabkan kepunahan massal yang berdampak kepada hewan, tumbuhan, dan manusia. Waktu pemulihannya pun cukup lama hingga kemudian Bumi dapat disebut layak huni kembali.

Nah, lima fakta mengerikan di atas merupakan skenario terburuk bila asteroid sampai menabrak Bumi. Terlepas dari kemungkinan yang cukup kecil dan proteksi atmosfer terhadap Bumi, kita tidak boleh menyepelekan hal tersebut begitu saja, ya.

Mari mulai menjaga Bumi kita dari pemanasan global agar hal-hal seperti ini tidak sampai terjadi dalam waktu dekat. Mulai dari sekarang, yuk!

Baca Juga: Bila 6 Fenomena Ini Terjadi, Bumi Akan Benar-benar Menghadapi Kehancuran

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You