Comscore Tracker

5 Fakta Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui Orang

Bagaimana, kamu tahu, tidak?

Ayo, di antara kamu, siapa yang sudah tak asing dengan cerita-cerita mengenai Dewa Dewi Yunani? Banyak sekali kisah fiktif, mulai dari novel, film, bahkan komik dan buku majalah. Dewa-dewa terkenalnya, antara lain Zeus, Poseidon, dan Hades.

Namun, tidak jarang dari kita yang tanpa sengaja memiliki pemahaman yang keliru mengenai Dewa Dewi Yunani ini. Nah, artikel ini dirangkum buat kamu yang menyukai legenda Yunani. Dilansir dari jurnal East Tennessee State University, berikut di antaranya.

1. Hestia adalah yang tertua di antara para dewa

5 Fakta Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui Orangpexels.com/jeremy-bishop

Banyak yang mengira bahwa Zeus adalah dewa tertua karena terkuat dan merupakan penguasa langit dan raja dari para dewa. Namun, sebenarnya, justru Hestia, sang Dewi Penjaga Perapian yang merupakan dewi tertua di antara Dewa Dewi Olimpus lainnya.

Dewi Hestia adalah yang terlahir pertama, lalu diikuti Dewi Demeter, Dewi Hera, Dewa Hades, Dewa Poseidon, dan yang terakhir dan paling terkenal, Dewa Zeus!

Wah, bagaimana, nih? Baru poin pertama sudah terkejut, ya? Yuk, lanjut ke poin berikutnya!

2. Hades adalah Dewa Dunia Bawah, bukan Dewa Kematian

5 Fakta Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui Orangpexels.com/freestocks

Banyak yang keliru dan mengira bahwa Hades adalah Dewa Kematian karena dewa yang satu ini mendiami dunia bawah yang kelam dan diisi oleh jiwa-jiwa manusia yang sudah meninggal.

Padahal, Hades adalah penguasa alam bawah tersebut, sementara tangan kanannya, Dewa Thanatos yang merupakan Dewa Pencabut Nyawa. Lo, namanya mirip dengan tokoh antagonis dari Infinity Wars, ya?

Baca Juga: 12 Dewa Dewi Olimpus, Mitologi Yunani yang Menjadi Legenda

3. Dewa Olimpia banyak yang berasal dari anak Dewa Zeus!

5 Fakta Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui Orangpexels.com/margaret french

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Dewa Zeus diceritakan sebagai dewa yang kerap kali memiliki anak dari dewi yang bukan istrinya atau perempuan yang merupakan manusia biasa. Namun, tahukah kamu jika banyak dari anak Dewa Zeus yang merupakan salah satu Dewa Olimpia?

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, mitologi religi dalam Yunani ini banyak menceritakan kisah panjang perjalanan Dewa Zeus yang kerap berganti pasangan, meskipun memiliki istri, yaitu Dewi Hera. Dalam kisah tersebut, diceritakan juga lahirnya berbagai pahlawan maupun dewa yang merupakan anak Dewa Zeus.

Dewa Olimpia adalah dua belas dewa yang menduduki singgasana di Gunung Olimpus, tempat Zeus berkuasa sambil mengamati manusia di bumi. Terdapat lebih dari setengah yang mengisi singgasana Olimpus adalah anak dari Dewa Zeus, mulai dari Dewi Athena, Dewa Ares, Dewa Apollo, Dewi Arthemis, Dewa Dionysus, dan Dewa Hermes.

4. Dewa Ares yang kalah jika bersaing dengan Dewi Athena

5 Fakta Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui Orangpexels.com/jvdm

Dewa Ares adalah Dewa Perang, sementara Dewi Athena adalah Dewi Kebijaksanaan dan Dewi Strategi Perang. Tentu saja, keduanya masih memiliki hubungan satu sama lain, terlebih dalam perang yang terjadi di Bumi. 

Namun, meski adalah Dewa Perang, Dewa Ares dikatakan selalu dikalahkan oleh Dewi Athena, lo! Duh, kasihan juga, ya, Dewa Ares. 

5. Kenali Dewa Dionysus, Dewa Anggur yang sebelumnya adalah manusia

5 Fakta Dewa Dewi Yunani yang Jarang Diketahui Orangpexels.com/adonyi gabor

Dewa Dionysus adalah anak dari Dewa Zeus dengan salah seorang perempuan biasa. Jadi, awalnya Dewa Dionysus hanyalah manusia setengah dewa, lo! Namun, konon suatu ketika, Dewa Dionysus yang saat itu masih manusia, menemukan buah anggur dan membuatnya menjadi minuman anggur yang sangat digemari oleh rakyat Yunani.

Banyak yang kemudian menjadi pengikut dari Dewa Dionysus, bahkan mendewakannya. Kemudian, pada akhirnya, Dewa Dionysus benar-benar diangkat menjadi dewa dan salah satu dari dua belas Olimpia! Hebat sekali, ya!

Jadi, itu tadi hal-hal yang jarang diketahui orang tentang Dewa Dewi Yunani. Bagaimana, apa ada yang bikin kamu terkejut? Ayo, ceritakan di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film tentang Mitologi Yunani, Seru Banget!

Trisna Amitasari Photo Community Writer Trisna Amitasari

Sivitas akademika yang menjadi korban dari kekejaman praktik sosial.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You