5 Fakta Galaksi di Alam Semesta, Bima Sakti Bukan yang Terbesar!

Alam semesta, menakjubkan dan misterius

Sepanjang perjalanan sejarah manusia, bumi menjadi satu-satunya planet yang dianggap paling aman untuk ditinggali oleh manusia di galaksi Bima Sakti. Namun, apakah kita yakin bahwa di alam semesta yang maha luas ini benar-benar tidak ada kehidupan lain selain di Bumi?

Tidak ada yang tahu pasti. Kamu pasti tahu bahwa bumi hanyalah satu dari sekian juta planet di jagat raya ini. Kita telah lama dijejali dengan pengetahuan mengenai sistem tata surya di Galaksi Bima Sakti namun kurang pengetahuan mengenai galaksi lain. Meski begitu, para ilmuwan masih melakukan penelitian terhadap sebagian besar galaksi yang terus dikembangkan selama bertahun-tahun lamanya.

Keterbatasan teknologi untuk menjangkau seluruh semesta membuat alam semesta ini menjadi salah satu hal paling misterius sepanjang sejarah kehidupan manusia. Tapi, tahukah kamu bahwa semesta raya ini lebih menakjubkan dari yang pernah kamu bayangkan? Ini fakta-faktanya.

1. Jumlah galaksi di alam semesta ada 2 triliun galaksi, masih ada triliunan galaksi lain yang belum terdeteksi

5 Fakta Galaksi di Alam Semesta, Bima Sakti Bukan yang Terbesar!theatlantic.com

Jumlah galaksi yang ada di alam semesta ini ada sekitar dua triliun. Jumlah ini cukup bikin kamu kamu melongo, bukan? Lalu bagaimana para astronom bisa menemukan 200 miliar galaksi di alam semesta? Apakah dipantau satu-persatu? Tentu tidak.

Penelitian galaksi ini menggunakan teleskop yang disebut Teleskop Hubble milik NASA melalui survei Hubble Ultra Deep Field yang bekerja dengan melakukan pengamatan pada satu petak langit. Teleskop ini dapat mendeteksi keberadaan galaksi hingga 13 miliar tahun cahaya (hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang).

Satu tahun cahaya sama dengan sekitar 10 triliun kilometer (dibulatkan), artinya cahaya dapat melintas sejauh 10 triliun (1 tahun cahaya) kilometer membutuhkan jangka waktu satu tahun.

2. Galaksi terjauh berjarak 13,4 miliar tahun cahaya dinamakan GN-z11

5 Fakta Galaksi di Alam Semesta, Bima Sakti Bukan yang Terbesar!wrsi.com

Melalui pengamatan Teleskop Hubble dan Spitzer NASA, para astronom menetapkan GN-z11 sebagai galaksi terjauh yang teramati. Fenomena redshift digunakan sebagai tolok ukur para astronom untuk menentukan jauh tidaknya sebuah galaksi.

GN-z11 mengalahkan rekor redshift dari EGSY8p7. Ukuran GN-z11 lebih kecil 25 kali dari Galaksi Bima Sakti atau Milky Way, namun bintang baru muncul 20 kali lebih cepat dari Galaksi Bima Sakti.

Berdasarkan publikasi Astrophysical Journal yang dijelaskan oleh salah satu penulisnya bernama Dr. Ivo Labbe dari University of Leiden, proyek penelitian galaksi ini masih terus dikembangkan karena masih banyak misteri yang belum dapat terpecahkan.