Comscore Tracker

5 Fakta Menakjubkan Sang "Ubur-ubur yang Abadi"

Kok bisa ya?

Zona lautan yang memiliki luas lebih dari dua pertiga bumi masih menyimpan sejuta misteri hingga sekarang. Banyak spesies-spesies yang baru ditemukan, menambah keanekaragaman hayati di dunia laut. Setiap tentunya spesies memiliki keunikan sendiri.

Seperti spesies yang satu ini, immortal jellyfish atau yang dalam bahasa Indonesia adalah "ubur-ubur abadi". Ubur-ubur jenis ini disebut-sebut sebagai spesies yang dapat hidup abadi. Benarkah begitu? Dilansir dari berbagai sumber, yuk, simak penjelasan berikut.

1. Bentuk ubur-ubur

5 Fakta Menakjubkan Sang Ubur-ubur yang AbadiNytimes.com/@Takashi Murai

Immortal Jellyfish yang mempunyai nama latin Turritopsis dohrnii ini berukuran tidak lebih dari jari kelingking manusia. Dikenal sebagai spesies yang dapat hidup abadi, mereka memiliki dua bentuk yaitu wujud sebagai polip dan medusa.

Jika sebagian besar organisme biasanya tumbuh dari fase polip ke fase medusa, ubur-ubur ini punya keunikannya sendiri. Mereka dapat berubah bentuk di antara kedua wujud tersebut.

Makhluk laut yang satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1883 di Laut Mediterania. Namun, baru pada pertengahan tahun 1990-an kemampuan regenerasi ubur-ubur ini diketahui oleh para ilmuwan.

2. Mengalami proses transdiferensiasi

5 Fakta Menakjubkan Sang Ubur-ubur yang AbadiGetty Images/Yiming Chen via abc.net.au

Sama seperti ubur-ubur jenis lain, ubur-ubur ini juga tidak memiliki otak dan jantung. Yang membuat ubur-ubur ini menjadi spesies yang menarik adalah kemampuannya untuk melakukan transdiferensiasi. Proses inilah yang dapat membuat ubur-ubur tidak bisa mati, kecuali dengan beberapa kondisi tertentu.

Proses transdiferensiasi dapat mengubah sel-sel pada tubuh ubur-ubur menjadi sel lain yang sepenuhnya berbeda. Misalnya, sel otot dapat berubah menjadi sel telur atau sel sperma. Sel saraf juga dapat berubah menjadi sel otot. Hal ini berarti bahwa ubur-ubur jenis ini memiliki kemampuan transformasi.

3. Bisa juga mengalami kematian

5 Fakta Menakjubkan Sang Ubur-ubur yang Abadiimmortal-jellyfish.com

Ubur-ubur jenis ini memang dilabeli dengan sebutan ubur-ubur abadi. Hal itu bukan berarti bahwa mahkluk laut yang satu ini tidak bisa mati. Ubur-ubur dapat mati bila dimangsa oleh predator.

Kelaparan juga menjadi salah satu sebab musnahnya ubur-ubur ini. Proses transdiferensiasi hanya dapat dilakukan setelah mencapai fase dewasa.

Baca Juga: 5 Fakta Ubur-ubur Kotak, Mahluk Laut Paling Berbisa di Dunia

4. Habitat dan makanan

5 Fakta Menakjubkan Sang Ubur-ubur yang AbadiCebimar-USP/@A. E. Migotto via oceanconservancy.org

Ubur-ubur ini lebih suka berada di perairan yang hangat, walau beberapa kali mereka juga menampakkan diri di tempat dengan air yang dingin. Keberadaannya memang sudah menyebar di hampir seluruh lautan dunia. Mereka awalnya berasal dari laut Karibia dan Mediterania.

Makanan untuk ubur-ubur jenis ini biasanya adalah plankton, moluska kecil atau telur ikan. Mereka dapat menyengat, tapi sengatannya tidak beracun seperti ubur-ubur kotak.

5. Cara reproduksi dan penyebaran

5 Fakta Menakjubkan Sang Ubur-ubur yang AbadiNatgeokids.com

Immortal Jellyfish dapat bereproduksi baik secara seksual maupun akseksual. Ketika mereka dalam keadaan genting yang mengakibatkan hampir mati, ubur-ubur ini dapat berubah ke fase polip dan memulai fase hidupnya lagi. Tidak ada batas mengenai berapa kali mereka dapat berubah wujud seperti ini.

Dari sebuah studi melalui jurnal yang berjudul Biological Invasions, ditemukan fakta unik lain tentang ubur-ubur yang telah menyebar ke hampir seluruh lautan dunia ini. Studi itu membuktikan bahwa, walau tersebar di berbagai penjuru bumi, genetik mereka semua identik satu sama lain.

Tidak mungkin bila ubur-ubur ini mengandalkan arus air untuk bergerak menyebarkan spesies mereka ke lautan yang jauh. Maka, kemungkinannya adalah mereka menumpang kapal kargo yang melalui perjalanan untuk melakukan penyebaran. Ubur-ubur pada fase polip dapat menempel pada lambung kapal.

Nah, itu tadi fakta-fakta mengenai Immortal Jellyfish. Unik ya!

 

Sumber:

1. https://www.uw360.asia/the-immortal-jellyfish-7-amazing-facts/

2. https://www.google.com/amp/s/relay.nationalgeographic.com/proxy/distribution/public/amp/animals/2009/01/immortal-jellyfish-swarm-oceans-animals

3. https://immortal-jellyfish.com/immortal-jellyfish-facts/

4. https://www.famousscientists.org/facts-about-the-immortal-jellyfish/

Baca Juga: 5 Fakta Menakjubkan Ubur-Ubur, Salah Satu Hewan Paling Beracun di Bumi

Maya Photo Community Writer Maya

A teen aspiring writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You