Comscore Tracker

Keju Berusia 7 Ribu Tahun Ditemukan di Kroasia

#SainSeru Waduh, gimana rasanya ya?

Para ahli sains menemukan tanda-tanda apa yang dipercaya sebagai keju tertua yang pernah ditemukan. Sebuah tim internasional, termasuk para peneliti Heriot-Watt University mengatakan keju yang ditemukan di Kroasia tersebut mengarah pada transformasi Eropa.

1. Keju itu ditemukan dalam bentuk asam lemak

Keju Berusia 7 Ribu Tahun Ditemukan di Kroasiam.huffpost.com

Keju itu bukan berupa keju padat yang sering ditemui. Melainkan dalam bentuk asam lemak yang ditemukan pada gerabah dari situs arkeologi di Pokrovnik di pantai Dalmatian.

Namun hal itu cukup bagi peneliti dari Heriot-Watt University di Edinburgh and Pennsylvania State, Rochester Institute of Technology, dan Šibenik City Museum untuk menyimpulkan bahwa objek tembikar seperti saringan telah digunakan untuk menyaring curds dari whey dalam pembuatan keju.

2. Penemuan ini mendorong waktu kembali pada Zaman Neolitikum

Keju Berusia 7 Ribu Tahun Ditemukan di Kroasiam.phys.org/Sibenik City Museum

Dilansir dari Newsweek, sebelumnya, tanda-tanda pembuatan keju di Mediterania diketahui adalah 5 ribu tahun lalu pada Zaman Perunggu. Penemuan ini mendorong waktu kembali pada Zaman Neolitikum. Walaupun sebenarnya pertanian di wilayah Eropa yang dikaitkan dengan keju dan susu telah dimulai sejak sekitar 9 ribu tahun lalu.

Tulisan oleh Evershed, dikatakan bahwa telah ditemukan sisa-sisa susu yang melimpah di kapal tembikar yang lebih tua di Anatolia barat laut, sekitar 9 ribu tahun yang lalu. Hal ini memberikan bukti paling awal dari pengolahan susu. Tapi masih belum jelas apakah residu ini berasal dari keju.

3. Terobosan transformasi manusia

Keju Berusia 7 Ribu Tahun Ditemukan di Kroasiapixabay.com/1627417

Penemuan ini akan menjadi terobosan bagi teknologi yang mentransformasi manusia. Anak-anak muda di zaman itu sering meminum susu, sedangkan orang dewasa malah tidak toleran terhadap laktosa. Keju mengubah hal itu karena orang dewasa sekalipun dapat mencerna keju.

Konsumsi susu dan produk susu akan memiliki banyak keuntungan bagi populasi pertanian awal, karena susu, yogurt, dan keju adalah sumber kalori, protein, dan lemak yang baik. Produksi susu dan keju pada saat itu juga mengurangi kematian pada bayi.

Dilansir dari BBC, karena keju yang pertama kali dibuat telah menghilang pada masa prasejarah. maka ada teori sebelum tembikar dikembangkan, mereka menyimpannya di kandung kemih yang terbuat dari perut hewan. Rennet yang berada di kulit akan bereaksi membentuk curds dan whey.

Maya Photo Community Writer Maya

A teen aspiring writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You