5 Hewan Imut Ini Ternyata Punya Insting Kanibalisme

Kelinci termasuk di dalamnya!

Insting kanibalisme merupakan sifat pada hewan yang cenderung memakan sesamanya, tidak peduli apakah ia tergolong karnivora, herbivora ataupun omnivora. Kanibalisme pada hewan buas mungkin merupakan hal yang bisa kita terima dan wajar.

Namun, apa jadinya jika kanibalisme juga ada pada hewan-hewan yang kita anggap kecil, lucu dan imut, pasti gak nyangka, bukan? Hewan-hewan imut apa yang ternyata punya sisi kanibalisme?

1. Singa laut

5 Hewan Imut Ini Ternyata Punya Insting Kanibalismepixabay/Gerhard Gellinger

Singa laut tergolong karnivora sekaligus predator dalam rantai makanan. Tidak mengherankan jika ia memiliki insting untuk memangsa makhluk yang sebangsa dengannya. Singa laut sangat senang memangsa bayi singa laut lainnya yang terpisah dari induknya. 

2. Meerkat

5 Hewan Imut Ini Ternyata Punya Insting Kanibalismepixabay/analogicus

Meerkat juga punya wajah yang sangat lucu. Meski begitu, meerkat betina tidak segan-segan memakan anaknya sendiri demi mencukupi persediaan makanan. Insting itu muncul dikarenakan kondisi habitatnya yang berada di savana. Di sana, iklimnya kering dan jarang dirtumbuhi tumbuhan sehingga suplai makanan pun hanya sedikit. 

3. Berudu

5 Hewan Imut Ini Ternyata Punya Insting Kanibalismepixabay/MarjanNo

Berudu adalah calon katak muda yang belum memiliki kaki. Atas dorongan untuk tumbuh dan kembang secepat mungkin, insting kanibalisme mereka muncul. Berudu akan memakan sesamanya tanpa segan. Namun, berudu tidak sembarangan memilih mangsa. Ia hanya mau memakan berudu lain yang bukan saudara seinduknya. 

Baca Juga: 10 Hewan Lucu Ini Tak Disangka Punya Sifat Kanibal, Mengejutkan Sains!

4. Tupai

5 Hewan Imut Ini Ternyata Punya Insting Kanibalismepixabay/Alastair Newton

Tupai juga hewan yang menggemaskan. Hewan yang memiliki gerakan gesit ini juga punya sisi kanibalisme. Hanya saja, mereka tidak akan menyantap tupai yang masih berstatus sebagai saudara seinduknya. Kasusnya sama degan berudu. 

Para tupai hobi menyantap daging tupai lainnya karena mereka sadar bahwa daging tupai memang terasa lezat. Selain itu, hal itu juga akan mengurangi persaingan dalam habitatnya. 

5. Kelinci

5 Hewan Imut Ini Ternyata Punya Insting Kanibalismepixabay/FreePhotos

Kelinci hanya senang memakan bayi kelinci yang baru lahir. Sebabnya, kelinci yang baru saja melahirkan juga merasakan stres sehingga memangsa anaknya. Hal itu berlaku pada kelinci jantan juga. 

Aroma daging kelinci memang enak. Hal itu bisa memancing para predator mendekat ke tempat tinggalnya. Akhirnya, sang induk kelinci lebih memilih memakan bayinya sendiri ketimbang diserang oleh predator lain. 

Nah, itulah sisi menyeramkan dari hewan-hewan yang kita kenal sangat lucu dan imut. Ada yang faktanya sudah kamu tahu?

Baca Juga: Tahu Gak, Bebek Bisa Jadi Kanibal Lho! Nih 4 Fakta Tentang Hewan

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You