Comscore Tracker

Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lamban

Salah satunya, ada si sapi laut

Membicarakan keunikan hewan memang tidak ada habisnya. JIka kamu sering waspada dengan gerakan beberapa hewan yang gesit dan licah, maka ada beberapa jenis hewan yang juga memiliki gerakan yang sangat lambat. 

Sejak dulu, siput menjadi lambang gerakan hewan yang begitu lamban. Ternyata, ada hewan lain yang memiliki rekor tidak jauh berbeda dengan siput dalam hal kecepatan gerak. 

Yuk, simak ulasan berikut!

1. Koala

Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lambanpixabay/HolgerDetje

Koala merupakan binatang yang tergolong hampir punah dan langka. Ia juga merupakan mamalia marsupial atau mamalia berkantong di bagian perut. Kecepatan geraknya hanya mencapai 40 km/jam.

Hewan ini juga sangat hobi tidur. Tidak heran jika kamu sering menemukannya dalam kondisi terpejam dan memeluk pohon yang dipanjatnya. 

2. Manatee

Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lambanpixabay/PublicDomainImages

Manatee adalah mamalia laut berukuran besar dan tergolong herbivora. Julukan untuk manatee adalah sapi laut karena bentuk wajah dan makanannya mirip dengan sapi. Kecepatan geraknya hanya mencapai 20 km/jam.

Rata-rata berat manatee lebih dari 500 kg. Habitatnya berada di perairan laut yang dangkal (max. 2 meter) dan hangat. Adapun usianya bisa mencapai 70 tahun.

Baca Juga: 6 Hewan Tampak Seram Ini Ternyata Gak Berbahaya bagi Manusia

3. Bintang laut

Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lambanpixabay/BarbelNaujack

Bintang laut memiliki lengan sebanyak lima buah dan satu cakram di tengahnya. Hewan ini tidak memiliki kerangka dalam. Ia lebih banyak mengandalkan sistem vaskular air hidrolik untuk bergerak. Kecepatannya hanya mencapai 12 km/jam.

4. Tree-toed sloth

Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lambanpixabay/HansBraxmeier

Sloth dikenal dengan julukan binatang pemalas karena gerakannya yang sangat lambat. Sloth tergolong ke dalam famili Bradypodidae. Ia sangat hobi merayap, memanjat dan bergelantungan di pohon untuk tidur dan menikmati makanannya.

Kecepatan geraknya hanya mencapai 0,24 km/jam. Panjang tubuhnya mencapai 60 cm dan berat 3,5-4,5 kg. 

5. Giant tortoise

Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lambanpixabay/Alexas_Fotos

Giant tortoise juga tergolong hewan terlamban. Ia memiliki usia hidup terlama dibanding hewan sebelumnya. Rata-rata usinya mencapai 100 tahun lebih. Kecepatan gerak kura-kura raksasa yang pernah diukur hanya mencapai 0,30 km/jam. Meski demikian, kecepatan renangnya bisa meningkat ketimbang berjalan di area darat. 

Nah, itulah daftar hewan yang memiliki gerakan terlambat yang pernah ada. Jangan dicelakai kalau tidak berbahaya ya, guys!

Baca Juga: 7 Tempat Ini Memiliki Jumlah Hewan Lebih Banyak daripada Manusia

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You