Comscore Tracker

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lho

Siapa tebakanmu?

Apa yang terbayang darimu dari hewan terkuat di dunia? Apakah hewan berbadan besar melebihi manusia? Atau super tinggi melebihi pohon? Nyatanya, banyak hewan-hewan terkuat di dunia justru ditemukan dari hewan-hewan kecil, terutama serangga.

Adapun, pengertian kuat di sini adalah perbandingan antara berat badan dengan jumlah beban yang diangkatnya. Dilansir dari Earth & World, berikut adalah hewan-hewan terkuat dan paling menakjubkan di dunia.

1. Kumbang kotoran (Scarabaeus viettei)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhoyourshot.nationalgeographic.com

Apakah kamu menyangka bahwa hewan terkuat di dunia adalah seekor kumbang kotoran? Meskipun kecil dan punya makanan yang menjijikkan, yaitu kotoran, kumbang kotoran terbukti sebagai hewan terkuat di dunia. Kok bisa?

Meski panjangnya kurang lebih hanya 1,5 cm, kumbang kotoran bisa mengangkat beban 1000 kali dari berat tubuhnya! Tentu saja beban yang akan kamu lihat adalah bola kotoran. Dengan tanduknya, kumbang kotoran mendorong bola kotoran ke sarang bawah tanah mereka. Menakjubkan!

2. Kumbang badak (Dynastinae)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhoyourshot.nationalgeographic.com

Lagi-lagi, hewan terkuat di dunia berikutnya datang dari serangga dan kumbang, yaitu kumbang badak! Kumbang ini dinamakan badak karena punya tanduk kuat di dada dan kepalanya. Kumbang badak pun jadi salah satu kumbang terbesar di dunia dengan ukuran 15 cm.

Kumbang badak dapat membawa beban 850 kali dari berat badannya. Itu sama dengan manusia membawa beban seberat 65 ton! Tanduk dari kumbang badak sendiri digunakan untuk menarik pasangan, melawan pejantan lain dan menyingkirkan segala benda yang menghalangi jalannya.

3. Semut pemotong daun (genus Atta dan Acromyrmex)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhoyourshot.nationalgeographic.com

Masih dengan serangga, kali ini hewan terkuat ketiga dipegang oleh semut pemotong daun. Semut ini dinamai pemotong daun karena suka memotong daun dan membawanya ke sarangnya. Semut ini punya panjang lebih dari 1 cm, namun dapat membawa berat 50 kali dari berat badannya.

Gak hanya itu, semut ini pun mampu berjalan jauh sambil membawa beban. Semut pemotong daun dapat menggerakkan rahangnya seribu kali dalam sedetik. Otot rahangnya pun sangat kuat! Adapun, semut ini dianggap sebagai ancaman dari lahan pertanian karena dapat memotong ribuan daun dalam waktu singkat. Sehingga, bisa dikatakan semut ini bisa menghancurkan hasil panen.

4. Gajah (Elephantidae)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhoyourshot.nationalgeographic.com

Akhirnya, tiba juga bagi mamalia besar untuk unjuk kebolehan sebagai hewan terkuat di dunia. Gak mengherankan kalau gajah jadi mamalia terkuat di dunia. Gak hanya jadi yang terkuat, gajah pun jadi mamalia darat terbesar di dunia, dengan gajah afrika sebagai spesies terbesarnya. Gajah afrika memiliki berat mencapai 7 ton dan tinggi 366 cm. Mereka pun dapat mengangkat beban melebihi berat badan mereka.

Baik gajah jantan maupun betina memiliki gading sepanjang 2,5 meter. Gading ini sangat sensitif karena memiliki 4.000 otot di dalamnya. Sementara, belalainya digunakan untuk mempertahankan diri, mencari makan dan membawa beban bersama dengan pejantan lain.

5. Gorila (Gorilla gorilla dan Gorilla beringei)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhonationalgeographic.com

Berikutnya, hewan terkuat di dunia jatuh pada primata besar dengan berat 200 kg dan tinggi 1,7 meter, yaitu gorila. Gorila memiliki lengan yang besar dan panjang untuk membawa beban mencapai 10 kali dari berat badannya.

Lengan ini pun berguna untuk menyeimbangkan badan saat berjalan dengan tangannya. Lengan ini pun berguna untuk melawan pejantan lain dan mempertahankan diri dari pemangsa. Diperkirakan gorila memiliki kekuatan 20 kali dari manusia dewasa!

Baca Juga: 9 Hewan Albino & Leukisme Terlangka di Dunia yang Unik, Pernah Lihat?

6. Harimau (Panthera tigris)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhonationalgeographic.com

Hewan terkuat berikutnya adalah kucing terbesar di dunia, yaitu harimau. Harimau memiliki berat mencapai 300 kg dengan kaki dan rahang yang kuat. Adapun, harimau siberia adalah subspesies paling besar, meski populasinya akhir-akhir ini menurun pesat.

Mereka mahir berburu dengan otot kaki untuk mengejar dan menerkam mangsa. Sementara, gigi taringnya yang panjang dan rahang yang kuat berguna untuk membunuh mangsa. Mereka pun sering terlihat memangsa besar yang lebih besar dari mereka, seperti lembu liar, antelop dan kadang beruang. Mereka pun kadang bertarung dengan sesamanya untuk menjaga teritorialnya.

7. Sapi (Bos taurus)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhowikimedia.org

Sapi adalah satu-satunya hewan terdekat kita yang masuk kategori hewan terkuat di dunia. Sapi pun telah diberdayakan untuk membawa beban sejak 4000 SM dan dapat membawa beban berat dalam waktu lama. Sapi punya berat rata-rata 640 kg, namun bisa membawa berat mencapai 800 kg! 

Meski gak secepat kuda, namun sapi punya daya tahan yang kuat. Sapi pun juga sering jadi hewan ternak atau transportasi yang berguna. Selain itu, sapi termasuk hewan yang tenang dan penurut.

8. Beruang grizzly (Ursus arctos ssp.)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhoinaturalist.org/Joe Ford

Beruang grizzly termasuk salah satu hewan paling buas di dunia. Beruang ini hanya ditemukan di Amerika Utara dan sekitarnya. Mereka dikenal sebagai hewan buas yang melindungi wilayah dan anak-anaknya. Beruang grizzly memiliki berat mencapai 350 kg dan tinggi 2,5 meter dengan pejantan yang lebih besar daripada betinanya.

Beruang grizzly memiliki kaki yang kuat dan cakar yang tajam sepanjang 15 cm. Rahang mereka pun sangat kuat dan dapat menggigit dengan kekuatan 847 kg per meter persegi. Tenaga tersebut cukup untuk menghancurkan bola boling dan tengkorak mangsa mereka.

Beruang ini punya sifat temperamental dan mudah tersinggung. Gak jarang beruang grizzly pun sering menyerang manusia yang mereka anggap sebagai ancaman. Beruang ini pun termasuk sebagai predator di puncak rantai makanan.

9. Ular anakonda (Eunectes)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhokids.nationalgeographic.com

Anakonda adalah satu-satunya reptil yang masuk dalam daftar hewan terkuat di dunia ini. Meski gak beracun, anakonda memiliki otot tubuh yang sangat kuat. Ada empat jenis anakonda dan yang terbesar adalah anakonda hijau (Eunectes murinus).

Mereka biasa menggigit dengan kekuatan yang besar. Perpaduan antara kekuatan dan kecepatannya sudah cukup untuk membuat mangsanya mati lemas. Biasanya kamu akan melihat dia menggelung erat mangsa dengan tubuhnya. Mereka pun bisa membunuh hewan yang lebih besar dari ukurannya, seperti babi hutan, kaiman hingga jaguar!

10. Elang (Accipitridae)

10 Hewan Terkuat di Dunia Ini Gak Perlu Punya Tubuh Tinggi & Besar Lhokids.nationalgeographic.com

Elang adalah burung terkuat di dunia karena kemampuannya yang luar biasa untuk memburu mangsanya yang empat kali lebih berat darinya. Elang pun biasanya memburu rubah dan kucing.

Mereka pun biasa terbang tinggi dan dalam waktu lama seiring dengan arah angin membawanya. Elang bisa melakukannya karena memiliki otot sayap yang kuat. Gak hanya itu, elang pun memiliki penglihatan yang sangat baik dan cakar yang tajam dan kuat untuk mencengkeram. Burung ini pun bisa menyelam dengan kecepatan luar biasa.

Dari daftar di atas, terlihat bahwa badan tinggi dan besar gak selamanya menjadikan hewan menjadi yang terkuat. Meski begitu, ada beberapa di antaranya yang mungkin sudah kamu duga sebagai hewan yang terkuat. Dari daftar di atas, mana hewan favoritmu?

Baca Juga: 10 Hewan Tercepat di Dunia, Masih Ada Lho yang lebih Cepat dari Citah!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You