Comscore Tracker

Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu 

Mana yang ada di tempat tinggalmu?

Sebagian orang menjalani hidup mereka bersama hewan peliharaan. Secara gak langsung, baik terlatih maupun gak terlatih, hewan peliharaan ternyata memiliki manfaat kesehatan dan menjadi terapi kejiwaan bagi manusia. Hewan peliharaan juga bisa jadi pelepas stres karena bisa jadi sahabat di rumah.

Dilansir dari TIME, orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki tekanan darah dan denyut jantung yang rendah. Selain itu, juga memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibanding seorang yang gak memiliki hewan peliharaan.

Alan Beck, Direktur Pusat Hubungan Manusia-Hewan University of Purdue menyampaikan bahwa dulu hewan gak diperbolehkan ada di rumah sakit, namun sekarang hampir semua rumah sakit anak-anak memiliki program hewan. Lantas, hewan peliharaan apa saja yang bermanfaat bagi kesehatan mental manusia? Dilansir dari TIME, berikut ini daftar enam terbaiknya.

1. Kelinci mengurangi gangguan kecemasan pada manusia

Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu unsplash.com/Jennifer Chen

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ko HJ dan tim pada 2016, sekelompok orang dewasa yang memiliki gejala stres diminta untuk memelihara kelinci, kura-kura atau mainan. Hasilnya, mainan gak berpengaruh.

Namun, mengelus makhluk hidup, baik cangkang keras kura-kura dan bulu lembut kelinci mengurangi kecemasan. Hal ini pun bermanfaat, baik untuk pencinta hewan maupun yang gak menyukai hewan sama sekali.  

2. Jangkrik bisa mengurangi depresi

Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu kyokushinkarate.co

Hewan gak perlu dipeluk untuk membantu mengurangi stres atau depresi seseorang. Salah satunya dengan memelihara jangkrik. Menurut studi dalam jurnal Gerontology pada 2016, orang tua yang diberi lima jangkrik dalam kandang selama delapan minggu tingkat depresinya berkurang. 

3. Kuda bermanfaat untuk terapi trauma

Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu pixabay.com/stafichukanatoly

Kuda telah digunakan sebagai terapi di Eropa sejak 1860-an. Ternyata, kegiatan merawat kuda bisa mengurangi gejala post-traumatic stress disorder (PTSD) pada anak-anak dan remaja. 

Baca Juga: Ternyata 12 Hewan Ini “Diciptakan” oleh Manusia Lewat Eksperimen

4. Ikan juga bermanfaat untuk memusatkan perhatian orang

Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu expedia.com

Ternyata, hewan juga bermanfaat untuk memusatkan perhatian seseorang. Para penderita Alzheimer yang makan di depan akuarium dengan ikan-ikan berwarna cerah, akan makan lebih banyak. Karena itu, nutrisi yang mereka dapatkan akan menjadi lebih baik. Mereka pun jadi lebih fokus dan rajin. 

5. Anjing juga bermanfaat untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan

Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu banksophilia.com

Dilansir dari jurnal Plos, penelitian yang dilakukan oleh Lisa Freeman, direktur Tufts Institute untuk interaksi manusia-hewan menunjukkan bahwa ketika anak-anak membacakan buku kepada anjing dan pawangnya, mereka menunjukkan gejala kecemasan yang lebih rendah. Perilaku dan keterampilan mereka pun meningkat. 

6. Marmot membantu anak-anak bersosialisasi

Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu unsplash.com/Jack Catalano

Dalam salah satu studinya, Maggie O’Haire of Purdue menyampaikan bahwa hewan memudahkan anak-anak yang kesulitan untuk bersosialisasi. Dengan adanya marmot di kelas, anak-anak dengan autisme lebih banyak tersenyum dan tertawa. Mereka pun menunjukkan gejala stres yang lebih rendah.

Itu tadi hewan-hewan yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan mental manusia. Dari hewan-hewan tersebut, mana yang ingin kamu pelihara? Namun, kamu juga perlu berjanji untuk memeliharanya dengan sepenuh hati ya. Jangan sampai kamu sakiti.

Baca Juga: Sedih Banget, 15 Hewan Ini Ternyata Punah karena Ulah Manusia Sendiri!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya