Comscore Tracker

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!

Beberapa ada di Indonesia lho

Tumbuhan memang biasanya gak berbahaya buat manusia, kecuali jika ia besar dan menimpa dirimu. Namun, kamu perlu tahu bahwa di dunia ini ternyata ada banyak tumbuhan yang berbahaya dan dapat membunuhmu.

Ini bukan tentang binatang karnivora yang memakan hewan, melainkan yang sedikit saja tersentuh atau tertelan, nyawamu jadi taruhannya. Dilansir dari Business Insider, ini dia beberapa di antaranya.

1. Hogweed raksasa (Heracleum mantegazzianum) bisa menyebabkan ruam, lecet, luka permanen bahkan kebutaan

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!wikimedia.org

Tumbuhan yang bisa tumbuh hingga enam meter ini terdaftar sebagai gulma berbahaya karena racunnya di Amerika. Dengan hanya melewatinya saja kamu bisa terkena luka bakar dan lecet. Tanaman ini tersebar di Amerika dan mulai menyebar ke Virginia.  

2. Aconitum (Aconitum variegatum) dapat menyebabkan muntah, diare, mati rasa, hingga kematian

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!wikimedia.org

Meski terlihat indah, aconitum ternyata sangat beracun! Tumbuhan ini juga disebut sebagai “wolfsbane” karena digunakan orang zaman kuno untuk membunuh serigala. Caranya dengan menggunakannya pada ujung panah. Bahkan, menurut laporan BBC pada 2014, seorang tukang kebun berusia 33 tahun meninggal dunia setelah menyentuh (bisa jadi juga memakan) tumbuhan ini. 

3. Biji jarak (Ricinus communis) mengandung zat risin atau racun yang mematikan!

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!lucidcentral.org

Menurut Tom Ombrello, profesor biologi Union County College, konsumsi tanaman ini bisa menyebabkan iritasi lambung, muntah, diare berdarah, sakit perut, peningkatan denyut jantung, tekanan darah rendah, banyak berkeringat, kolaps, kejang dan kematian dalam beberapa hari. Jadi, jangan sampai memakannya ya! 

4. Water hemlock (Cicuta virosa) bisa menyebabkan kejang hingga kematian saat dikonsumsi

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!staticflickr.com

Tumbuhan dengan bunga putih kecil ini adalah salah satu tanaman paling beracun yang banyak tersebar di Amerika dan Inggris. 

Baca Juga: 15 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Sampai Sekarang dan Bisa Ditemui!

5. Kecubung pendek (Datura stramonium) bisa menyebabkan koma dan meninggal setelah dikonsumsi

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!worldseedsupply.com

Dilansir dari studi yang dilakukan oleh Tannis H. Wiebe dan tim pada 2006, mereka mengidentifikasi empat remaja Kanada yang mengonsumsi kecubung pendek untuk mendapatkan efek halusinasinya. Walhasil, mereka harus dilarikan ke UGD karena bertindak agresif dan membahayakan diri sendiri.

David W. Nellis dalam buku Poisonous Plants and Animals of Florida and the Caribbean pun melaporkan bahwa orang-orang koma dan meninggal dunia setelah meminum teh yang dibuat dari kecubung pendek. 

6. Gympie gympie (Dendrocnide moroides) memiliki rambut-rambut kecil yang menyengat dan menyebabkan rasa sakit selama berbulan-bulan

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!natgeo.imgix.net

Ilmuwan Hugh Spencer dari Stasiun Penelitian Tropis Cape Tribulation menyampaikan cara terbaik untuk perawatan dari serangan tumbuhan ini dengan mencuci area yang disengat dengan asam hidroklorik. Kemudian, gunakan wax strips untuk menghilangkan rambut beracun yang melekat. 

7. White Baneberry (Actaea pachypoda) beracun saat dimakan

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!amazonaws.com

Buahnya yang seperti mata boneka menyeramkan dan beracun saat dimakan. Para hewan pun menghindari tumbuhan ini. Kamu pun harus! 

8. Birthwort (Aristolochia clematitis) bisa menyebabkan gagal ginjal saat dikonsumsi

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!wikimedia.org

Meskipun bisa digunakan untuk pengobatan tradisional dengan asam aristolochic, tumbuhan ini punya efek samping yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Itu sebabnya Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat mengeluarkan peringatan agar masyarakat gak mengonsumsi tumbuhan ini. Biasanya tumbuhan ini diambil akar dan batangnya. 

9. Apel pantai (Hippomane mancinella) memiliki getah yang bisa menyebabkan lecet, efek terbakar dan kebutaan sementara

Kenali 9 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Dekat-dekat Ya!steemitimages.com

Gak hanya itu, tumbuhan ini juga bisa menyebabkan kematian saat dimakan. Tumbuhan ini memiliki buah seperti apel kecil dan tersebar di seluruh Amerika Tengah dan Amerika Serikat bagian selatan.

Kalau kamu perhatikan, beberapa tanaman tersebut ada yang bisa kamu temukan di Indonesia. Karena itu, jangan sampai kamu makan ya! Biasanya cara paling mudah untuk tahu apakah tumbuhan bisa dimakan atau gak itu dari hewan. Kamu perhatikan apakah mereka biasa memakannya atau gak.

Baca Juga: 9 Hewan Albino & Leukisme Terlangka di Dunia yang Unik, Pernah Lihat?

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You