Comscore Tracker

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!

Nama rupiah ternyata dari Sanskerta!

Uang sebagai alat tukar memiliki sejarah panjang. Begitu pula dengan nama-namanya. Pernah gak kamu bertanya-tanya, kenapa ada begitu banyak mata uang dengan nama yang berbeda-beda? Dilansir dari leftovercurrency.com, berikut sejarah nama-nama mata uang di dunia!

1. Dolar

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!Unsplash/Sharon McCutcheon

Dolar jadi salah satu mata uang paling dikenal di dunia. Dolar (dollar) adalah bentuk kata dan pengucapan orang Amerika modern untuk thaler. Dolar pertama kali dicetak secara resmi pada 1792. Sementara simbol ($) sendiri kemungkinan adalah varian dari peso atau potongan dari angka delapan. 

2. Euro

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!starecat.com

Nama euro secara resmi diadopsi di Madrid European Council pada 1995. Kata euro dipilih karena dengan jelas merujuk pada Eropa. Selain itu kata “euro” sama di semua bahasa resmi Uni Eropa. 

3. Pound

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!pixabay.com

Secara internasional, mata uang pound sering dikaitkan dengan mata uang Inggris. Nama pound sendiri berasal dari bahasa Latin “pondus” yang berarti ‘berat’. Sementara, dalam Inggris Kuno, “pound” adalah satuan berat yang awalnya disamakan dengan berat Romawi Kuno yang disebut “libra”. Itu sebabnya simbol mata uang pound adalah “£” yang merujuk pada angka “L “ pada libra

4. Riyal

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!leftovercurrency.com

Riyal adalah mata uang Arab Saudi. Asal nama riyal berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘nyata’. Nama tersebut umum digunakan sebagai nama koin perak besar dari Eropa. 

Baca Juga: 12 Fakta Unik Sejarah Bendera Merah Putih Indonesia

5. Ringgit

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!AFP/Tengku Bahar

Ringgit atau biasa dikenal dengan ringgit Malaysia adalah unit mata uang Malaysia yang resmi digunakan pada 1975. Nama “ringgit” sendiri berasal dari sisi bergerigi koin perak Spanyol yang digunakan pada zaman dulu.  

6. Rupee

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!jalewa.com

Rupee adalah mata uang yang digunakan di sejumlah negara Asia, seperti India, Pakistan, dan Nepal. Awalnya, berupa koin perak pada abad ke-16. Nama rupee sendiri berasal dari bahasa Sanskerta “rüpya”, yang berarti ‘koin perak’. 

7. Rupiah

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Rupiah berasal dari bahasa India “rupiya” yang merujuk pada bahasa Sanskerta “rupyakam” yang berarti perak. Nama rupiah sendiri digunakan karena pengaruh budaya India yang kuat semasa kerajaan Hindu-Buddha berkuasa di Nusantara ratusan tahun yang lalu. 

8. Yen

Mulai dari Dolar hingga Rupiah, Ini Sejarah Nama 8 Mata Uang di Dunia!elsumario.com

Yen adalah mata uang Jepang. Nama yen diambil dari bahasa Cina “yuan” yang berarti 'sesuatu yang bulat', 'lingkaran' dan 'koin'.

Itu tadi asal mula nama-nama mata uang yang sering kita dengar. Banyak sekali nama mata uang yang justru terpengaruh dari bahasa lain ya. Mana yang paling unik menurutmu? Yuk, bagi pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Asal Mula Slender Man yang Jadi Urban Legend Modern

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya