Comscore Tracker

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!

Indah banget...

Setelah dimanjakan dengan fenomena Supermoon Februari kemarin, Maret 2019 ini kamu juga bisa melihat fenomena langit yang tak kalah menariknya. Fenomena langit Maret berikut ini bisa kamu lihat langsung, asal cuaca sedang mendukung dan tak banyak polusi cahaya, ya. Dilansir dari Info Astronomy, berikut daftar fenomena langit Maret yang bisa kamu simak.

1. Fenomena Galaksi Bimasakti, sepanjang Maret

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!unsplash.com/Evgeni Tcherkasski

Maret jadi momen yang spesial karena kamu bisa melihat bentangan Galaksi Bimasakti lebih jelas. Mengamati Galaksi Bimasakti berarti kamu bisa melihat jantung tempat kita tinggal yang berada di antara rasi bintang Skorpius dan Sagitarius.

Kamu bisa menyaksikannya mulai tengah malam. Galaksi Bimasakti akan berada di langit timur dan terus bergerak ke barat. Kamu bahkan bisa memotretnya, lho, tapi dengan kamera khusus tentunya.

2. Konjungsi bulan dengan Saturnus, Sabtu, 2 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!darkskytelescopehire.co.uk

Apa itu konjungsi bulan? Konjungsi bulan adalah peristiwa langit saat jarak sudut bulan dan objek langit lainnya sama dengan nol derajat ketika diamati dari bumi. Di awal bulan ini, kamu bisa melihat planet bercincin berpadu dengan bulan, lho. Tepatnya sekitar tiga derajat. Kamu bisa melihatnya pada pukul 02.13 dan menghilang pada 05.42 waktu setempatmu.

Kamu akan melihat Saturnus seperti bintang terang, tapi tak berkelip. Hanya saja, untuk bisa melihat cincinnya dengan jelas, kamu membutuhkan teleskop. Itu karena Saturnus berada jauh sekali dari bumi.

3. Konjungsi bulan dengan Venus, Minggu, 3 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!earthsky.org

Pada hari tersebut, bulan dan Venus akan bersebelahan sejauh empat derajat satu sama lain. Kamu akan melihat Venus jadi objek ketiga paling terang setelah matahari dan bulan. Kamu bisa melihatnya mulai 03.30 waktu setempatmu hingga matahari menjelang terbit.

4. Fase bulan baru, Rabu, 6 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!wikimedia.org

Maksud dari bulan baru adalah saat sudut konjungsi antara matahari dan bulan hampir nol derajat. Itu sebabnya sisi terang bulan tak bisa terlihat dari bumi karena posisinya yang membelakangi kita. Fase bulan baru ini terjadi pada 23.05 WIB.

5. Konjungsi bulan dengan Mars, Senin, 11 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!astronomy.robpettengill.org

Pada momen ini, Mars terlihat dengan bulat sabit muda, tepatnya sejauh enam derajat satu sama lain. Kamu bisa melihatnya mulai dari 18.20 waktu setempatmu. Namun, kamu hanya bisa melihatnya sampai 21.30 akibat rotasi bumi. Pada momen tersebut, kamu akan melihat Mars bagaikan bintang merah terang yang tak berkelip.

Baca Juga: Heboh, NASA Temukan Gunung Es Aneh Berbentuk Persegi di Antarktika!

6. Fase bulan perbani awal, Kamis, 14 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!nasa.gov

Pada fase ini, bulan akan terlihat hanya separuh, karena sebagian diterangi matahari dan sebagian lagi tidak. Fase ini akan terjadi pada 17.28 WIB hingga 23.50 WIB.

7. Ekuinoks Maret, Kamis, 21 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!earthsky.org

Ekuinoks adalah peristiwa poros putaran bumi miring. Pada momen ini, bumi miring pada sudut 23,5 derajat pada bidang orbitnya mengelilingi bumi. Peristiwa inilah yang memunculkan musim di bumi. Ekuinoks Maret menandai perubahan musim semi bagi wilayah bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan.

Sementara, di wilayah ekuator mulai musim kemarau. Pada peristiwa ini, siang dan malam akan berlangsung hampir sama persis 12 jam.

8. Konjungsi bulan dengan Jupiter, Rabu, 27 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!astrobob.areavoices.com

Pada tanggal tersebut, bulan dan Jupiter akan terpisah tiga derajat satu sama lain. Pada momen ini, kamu bisa melihat Jupiter lengkap dengan keempat bulannya, Europa, Kalisto, Ganimede, dan Io. Peristiwa ini akan terbit pada 23.29 hingga 05.09 waktu setempatmu.

9. Fase bulan perbani akhir, Kamis, 28 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!astronomy.robpettengill.org

Fase ini sama dengan fase perbani awal. Hanya saja, wilayah bulan yang diterangi adalah wilayah sebaliknya dari fase perbani awal. Bulan perbani akhir terjadi pada 11.11 WIB, namun kamu baru bisa melihatnya mulai tengah malam.

10. Konjungsi Mars dengan Pleiades, Sabtu, 30 Maret 2019

10 Fenomena Langit Maret 2019, Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti Lho!stars.astro.illinois.edu

Kalau biasanya konjungsi bulan terjadi dengan planet, kali ini Mars dengan Gugus Bintang Pleiades. Pleiades akan lebih mudah terlihat dengan bantuan Mars. Pada tanggal tersebut, Mars dan Pleiades berada dua derajat satu sama lain. Kamu bisa melihatnya mulai pukul 19.00 hingga 20.30 waktu setempatmu.

Itu tadi peristiwa langit Maret 2019. Mana yang paling ingin kamu saksikan? Yuk, ajak teman-temanmu untuk nobar! Semoga tak pas hujan, ya.

Baca Juga: Dari Hujan Meteor Hingga Gerhana, Ini 9 Peristiwa Langit Terbaik 2019!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya