Comscore Tracker

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! 

Lakukan di saat yang tepat ya

Mungkin terkesan aneh jika kamu berbicara pada diri sendiri di tengah keramaian. Namun, ternyata bicara sendiri punya banyak manfaat untuk dirimu sendiri. Bicara sendiri adalah bentuk dialog internal yang terjadi dalam pikiranmu. Namun, kadang bisa jadi kamu verbalkan.

Dari dialog tersebut kamu bisa mengungkapkan pikiran, keyakinan, pertanyaan dan idemu. Meski begitu, kamu perlu melakukannya dengan tepat karena bicara sendiri bisa jadi positif dan negatif. Lantas apa sasa manfaat dari bicara sendiri? Dilansir dari Healthline, ini manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Obrolan yang positif bisa jadi alat manajemen stres yang efektif

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! unsplash.com/Mikailduran

Jika kamu orang yang optimis, pembicaraanmu akan lebih positif dan penuh harap. Pemikiran positif dan optimis bisa jadi alat manajemen stres yang efektif. Pandangan hidup yang positif bisa memberimu manfaat kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik. 

2. Jika kamu sedang pesimis, cobalah untuk membuat obrolan yang lebih positif untuk meningkatkan kesehatan jiwamu

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! pixabay.com/darksouls1

Bicara sendiri memang bisa negatif atau positif. Itu bukan masalah karena pada dasarnya manusia akan melalui peristiwa yang menyenangkan dan menyedihkan. Obrolan itu pun juga bergantung pada kepribadianmu.

Sementara, jika kamu bicara sendiri dengan obrolan yang terlalu negatif, cobalah untuk mengubah dialog batin itu menjadi lebih positif. Hal itu untuk meningkatkan kesehatan jiwamu. Biasanya, obrolan negatif itu berupa personalisasi (menyalahkan diri sendiri), magnifying (fokus pada hal negatif), katastrofisasi (mengharapkan yang terburuk) dan polarizing (melihat dunia itu hanya hitam putih).

3. Bicara sendiri juga bisa membantu atlet untuk meningkatkan performanya

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! greatist.com

Atlet juga bisa mendapatkan manfaat dari bicara sendiri. Mereka dapat meningkatkan ketahanan dan kekuatan, salah satunya saat mengangkat serangkaian beban berat. 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Ya, Ini Bedanya Psikolog dan Psikiater!

4. Mampu memecahkan masalah, berpikir secara berbeda dan lebih efisien dalam mengatasi kesulitan

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! itemphvac.com

Berdialog dengan diri sendiri akan membuatmu berpikir dari minimal dua sisi. Dengan begitu wawasanmu akan lebih luas dan lebih mudah untuk memecahkan masalah. 

5. Kepuasan hidup yang lebih besar

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! pixabay.com/Free-Photos

Bicara sendiri juga bisa memunculkan rasa syukur terhadap apa yang telah kamu peroleh. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih puas dengan hidupmu dan bisa menjalani hidupmu dengan lebih baik. 

6. Mengurangi rasa sakit

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! jezzards.co.uk

Bicara sendiri juga bisa jadi terapi untuk mengurangi rasa sakit. Biasanya diakibatkan oleh stres dan trauma. Obrolan internal akan membuatmu lebih memahami diri sendiri dan merelakan apa yang telah terjadi.  

7. Bicara sendiri juga punya manfaat fisik

7 Manfaat Ilmiah Bicara Seorang Diri, Kamu Harus Sering Melakukannya! pixabay.com/Free-Photos

Bicara sendiri juga ternyata punya manfaat kesehatan. Ada benarnya pepatah yang mengatakan “dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Adapun, bicara dengan diri sendiri bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, kesehatan kardiovaskular, kesehatan fisik, meningkatkan vitalitas dan mengurangi risiko kematian.

Adapun, bicara sendiri juga bisa makin mudah dan efektif jika kamu berada dalam lingkungan dan orang-orang yang juga positif. Jika kamu mengalami kesulitan, seperti obrolan internal yang melulu membawamu pada pikiran yang pesimistis, gak ada salahnya kamu menghubungi psikolog untuk meminta pertolongan.

Baca Juga: Kenapa Para Psikolog Gak Diajarkan Cara Cegah Bunuh Diri Saat Kuliah? 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya