Comscore Tracker

Kenapa Manusia Menguap dan Berair Mata? Berikut Penjelasan Para Ahli 

Air mata yang keluar berbeda dari biasanya

Selama ini, para ahli mencari tahu alasan kenapa manusia bisa menguap. Lalu, kenapa setiap kali menguap, kamu akan melihat pandanganmu kabur karena matamu berair? Apakah hal tersebut sama dengan air mata menangis? Berikut penjelasan dari para ahlinya!

1. Bisa jadi menguap adalah sinyal dari otak agar seseorang beristirahat

Kenapa Manusia Menguap dan Berair Mata? Berikut Penjelasan Para Ahli ichef.bbci.co.uk

Dilansir dari The Huffington Post, Matthew Campbell, Ph.D., seorang peneliti di Pusat Penelitian Primata Nasional Yerkes di Emory University, menyampaikan bahwa otak manusia mengirimkan sinyal untuk beristirahat dalam bentuk menguap. Hal itu terjadi saat kamu menerima banyak informasi sekaligus. 

2. Gak hanya lelah, menguap mungkin lebih berhubungan dengan fokus mental seseorang

Kenapa Manusia Menguap dan Berair Mata? Berikut Penjelasan Para Ahli financialtribune.com

Dilansir dari LASIK MD, menurut Andrew Newburg, Direktur Pusat Kerohanian dan Pikiran University of Pennsylvania, menguap mungkin lebih berhubungan dengan fokus mental daripada yang lain. Newburg menjelaskan bahwa menguap membuat oksigen masuk ke dalam tubuh, diikuti dengan jumlah karbon monoksida yang sama banyaknya. Dengan suplai oksigen yang banyak, itu akan membuatmu lebih waspada dan fokus dalam beberapa menit. 

Baca Juga: Kenapa Menguap Bisa Menular? Begini Penjelasan Dari Para Ahli!

3. Menguap juga berhubungan dengan meningkatnya kesadaran, refleksi diri, ingatan dan kewaspadaan

Kenapa Manusia Menguap dan Berair Mata? Berikut Penjelasan Para Ahli Pexels.com/Kaboompics.com

Newburg pun menjelaskan bahwa menguap mengaktifkan bagian otak bernama precuneus. Struktur tersebut berkaitan dengan meningkatnya kesadaran, refleksi diri, ingatan dan kewaspadaan. 

4. Berbeda dengan air mata emosional, menguap menggunakan air mata basal

Kenapa Manusia Menguap dan Berair Mata? Berikut Penjelasan Para Ahli imdb.com

Saat menguap akan kamu dapati pandanganmu mulai kabur karena berair. Ternyata air mata tersebut berbeda dengan air mata emosional loh! Air mata emosional disebabkan saat kamu sedih dan bisa mengalir sangat banyak. Ada juga air mata refleks yang berguna saat matamu terkena kontaminasi debu, kotoran dan asap polusi. 

Sementara saat menguap, kamu akan mengeluarkan air mata basal. Air mata ini berguna untuk melumasi matamu sehari-hari agar gak kering. Air mata basal, terdiri dari campuran protein, air, minyak dan lendir untuk melembapkan dan melumas permukaan matamu setiap hari. 

5. Air mata dihasilkan oleh kelenjar air mata dan mengalir secara diagonal

Kenapa Manusia Menguap dan Berair Mata? Berikut Penjelasan Para Ahli bingolbasin.com

Air matamu diproduksi oleh kelenjar air mata, yang terletak di bawah alis ke arah sisi wajah tiap mata. Saat menguap, kelenjar-kelenjar tersebut akan melepaskan lebih banyak air dari biasanya. Air mata basal yang keluar akan mengalir secara diagonal ke seluruh mata dan dikumpulkan oleh punctum. Saat itu terjadi, matamu akan terasa kabur.

Menguap adalah reaksi yang alami saat kamu merasa lelah. Karena itu, janganlah merasa bersalah jika guru atau dosenmu memergokimu sedang menguap. Asal menguapnya jangan sampai berbunyi dan mengganggu sekitar ya!

Baca Juga: Kenapa sih Kalau Tidur Mulut Kita Terbuka? Berikut Alasannya

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You