Comscore Tracker

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu 

Jangan biarkan mereka menderita...

Sama seperti manusia, kesehatan dan keselamatan hewan peliharaan pun wajib kamu perhatikan. Itu karena hewan peliharaan pun bisa mengalami kecelakaan. Sebelum dibawa ke dokter hewan, penting untuk mengetahui pertolongan pertama pada hewan peliharaan. Tindakan yang tepat bisa menyelamatkan mereka, lho!

1. Pertolongan pertama pada keracunan atau paparan bahan-bahan beracun

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu trupanion.com

Keracunan hewan peliharaan memang kerap membuat bingung. Namun, pada umumnya, produk yang berbahaya bagi manusia juga berbahaya bagi hewan peliharaan, seperti produk pembersih, racun tikus, dan antibeku. Sebenarnya, pertolongan pertamanya pada hewan peliharaan serupa dengan manusia.

Kamu bisa melihat instruksi pada label kemasan produk. Jika label memerintahkanmu untuk cuci tangan dengan sabun dan air, kamu bisa membilas kulit hewan peliharaanmu dengan sabun dan air juga. Namun, pastikan tak mengenai mata, mulut, atau hidungnya, ya. Jika label memerintahkanmu untuk membilas kulit atau mata dengan air, kamu pun bisa melakukannya pada hewan peliharaanmu sesegera mungkin. Sembari memberikan pertolongan pertama, kamu bisa menghubungi dokter hewan.

Siapkan informasi hewan peliharaanmu pada dokter hewan, seperti spesies, jenis, umur, jenis kelamin, dan berat badannya. Ingat pula gejala keracunan yang terjadi dan lamanya gejala tersebut muncul. Kalau perlu bawa kemasan produk untuk jadi referensi dokter hewan.

2. Pertolongan pertama pada kejang-kejang

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu wagwalking.com

Sebisa mungkin, jauhkan hewan peliharaanmu dari benda apa pun yang bisa melukainya. Selain itu, jangan mencoba untuk menahannya. Biasanya kejang berlangsung selama dua hingga tiga menit. Setelah kejang berhenti, kamu bisa menjaganya agar tetap hangat dan tenang sembari menghubungi dokter hewan.

3. Pertolongan pertama pada patah tulang

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu thehappycatsite.com

Cobalah untuk memberangus hewan peliharaanmu. Lalu, letakkan hewan peliharaanmu di permukaan datar. Saat membawa hewan peliharaanmu, gunakanlah tandu. Kalau tak ada, kamu bisa menggunakan selimut. Sebisa mungkin jangan menekan daerah yang terluka. Segera bawa ke dokter hewan.

Baca Juga: 10 Hewan dengan Pertahanan Diri Paling Aneh, Ada yang Meledakkan Diri!

4. Pertolongan pertama pada pendarahan eksternal

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu wagwalking.com

Hentikan pendarahan dengan perban. Kemudian, berangus hewan peliharaanmu. Gunakan kain kasa yang tebal dan bersih di atas luka. Tekan dengan tangan hingga darah mulai membeku. Hal ini membutuhkan waktu beberapa menit. Berikutnya, bawa hewan peliharaanmu pada dokter hewan.

5. Pertolongan pertama pada pendarahan internal

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu dogappy.com

Pendarahan internal memiliki gejala pendarahan dari hidung, mulut, dan rektum; kencing berdarah; gusi pucat; pingsan; dan nadi lemah. Jagalah agar hewan peliharaanmu tetap hangat dan segera bawa ke dokter hewan.

6. Pertolongan pertama pada luka bakar

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu doghealth.com

Jika terbakar akibat bahan kimia, segera berangus hewan peliharaanmu. Lalu, segera siram luka dengan air mengalir. Jika luka bakar parah, kamu bisa mengompresnya dengan air es.

7. Pertolongan pertama saat hewan peliharaan tersedak

7 Pertolongan Pertama pada Hewan Peliharaan yang Wajib Kamu Tahu vets-now.com

Hewan peliharaan yang tersedak memiliki gejala sulit bernapas, menggaruk mulut berlebihan, tersedak saat bernapas, batuk, dan bibir atau lidah berwarna biru. Kamu perlu berhati-hati hewan peliharaan yang tersedak cenderung suka menggigit karena panik. Jika hewan peliharaanmu masih bernapas, pertahankanlah. Segera ke dokter hewan, ya!

Itu tadi beberapa pertolongan pertama pada hewan peliharaan yang harus kamu tahu. Pertolongan yang cepat dan tepat dapat menyelamatkan hidup hewan peliharaanmu. Namun, segera setelah itu jangan lupa bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya.

Baca Juga: 10 Induk Hewan yang Menggendong Anaknya di Punggung, Bikin Terenyuh

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You