Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! 

Yuk, ikut kontribusi

Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia adalah perayaan tahunan yang diselenggarakan setiap 8 Mei. Tanggal tersebut dipilih dari hari kelahiran Henry Dunant yang lahir pada 1828. Dia adalah pendiri Komite Palang Merah Internasional (ICRC). Berkat dedikasinya itu, dia mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian.

Di Indonesia sendiri, ada Palang Merah Indonesia (PMI). Tugas PMI adalah siap siaga memberikan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan pelayanan transfusi darah.

Di Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia ini, yuk, kenali sejarah kenapa organisasi inspiratif ini bisa berdiri. Dengan begitu kamu bisa lebih mengapresiasinya. Berikut fakta-faktanya unik sejarahnya!

1. Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional adalah jaringan kemanusiaan terbesar di dunia, mencakup Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) dan Komite Internasional Palang Merah dengan anggota yang tersebar di 186 negara

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! banglatribune.com

2. Henry Dunant, seorang pria berkebangsaan Swiss muncul dengan konsep Palang Merah pada tahun 1859, kemudian pada 1863, ia bersama empat pria lainnya di Jenewa mendirikan Komite Internasional untuk Membantu yang Terluka (International Committee for Relief to the Wounded)

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! wikiwand.com

3. Kemudian, Organisasi Dunant berganti nama menjadi Palang Merah yang mencerminkan lambangnya (kebalikan dari bendera Swiss)

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! theflagshop.co.uk

4. Tanggap bencana merupakan pekerjaan terbesar IFRC, namun mereka juga berkomitmen terhadap kesiapsiagaan bencana, kesehatan, dan kepedulian masyarakat

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! nytimes.com

5. Jaringan Palang Merah telah mengumpulkan dana lebih dari US$3 miliar (Rp43 triliun) untuk bantuan korban tsunami di Samudra Hindia, mencakup Aceh pada 2004

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! worldvision.org

Baca Juga: Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat, Kenali 10 Fakta Sejarahnya Ini

6. Dari 2004 hingga 2008, 51 persen dari bencana yang ditanggapi IFRC ada kaitannya dengan cuaca

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! ifrc.org

7. Pada 2008 saja, IFRC telah merespons 623 bencana yang ada di seluruh dunia

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! chestertownspy.org

8. Jaringan Palang Merah memiliki lebih dari 97 juta staf, sukarelawan, dan pendukung

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! cbsnews.com

9. IFRC memiliki Dana Darurat Penanggulangan Bencana (Disaster Relief Emergency Fund) dengan total US$15 juta (Rp215 miliar) per tahun untuk tindakan pencegahan bencana dan sisanya untuk menanggapi peristiwa-peristiwa tertentu

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! ifrc.org

10. IFRC pada awalnya mengeluarkan sekitar US$500 ribu (Rp7 miliar) untuk bantuan bencana yang terjadi di Haiti, kemudian mengajukan permohonan untuk meningkatkannya menjadi US$10 juta (Rp143 miliar)

Hari Palang Merah Sedunia, Ini 10 Fakta Sejarahnya yang Inspiratif! ifrc.org

Buat kamu yang tertarik, kamu bisa mendaftar untuk menjadi relawan Palang Merah. Kalau tidak, sekadar rutin donor darah saja sudah sangat berarti untuk membantu sesama, lho.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You