Comscore Tracker

Secara Ilmiah, Berapa Jam Seseorang Bisa Mulai Berteman? Ini Kata Ahli

Tetap harus ada usaha

Mungkin banyak orang yang kesulitan dan mengeluh karena sulit mendapatkan cintanya. Entah karena canggung atau ujung-ujungnya gak cocok. Meski begitu, sebenarnya hal itu juga terjadi saat kamu hendak mencari teman.

Gak semua orang bisa dengan nyaman kamu jadikan teman. Buat kamu yang akan memulai hidup di tempat baru, mungkin ada kalanya memikirkan berapa waktu yang kamu butuhkan untuk punya teman.

Ternyata, hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Dilansir dari Special Broadcasting Service (SBS), Jeffrey Hall, seorang peneliti komunikasi interpersonal dari University of Kansas menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa berteman. Dia mengumpulkan data dari 429 sukarelawan. Berikut hasilnya!

1. Butuh waktu 50 jam waktu bersama untuk menjadikan seseorang sebagai teman biasa

Secara Ilmiah, Berapa Jam Seseorang Bisa Mulai Berteman? Ini Kata AhliPixabay/Free-Photos

Definisi teman dalam masyarakat Indonesia memang luas. Biasanya, kamu akan memanggil seseorang sebagai “teman” minimal jika sudah berkenalan dan saling mengetahui nama satu sama lain.

Meski begitu, rasa-rasanya kamu belum akan sepenuhnya nyaman memanggil “teman” orang yang baru kamu kenal. Nyatanya, perlu 50 jam waktu bersama untuk bisa nyaman menyebutnya sebagai “teman”. Contohnya, teman-teman satu sekolah atau kantor yang sering hilir mudik.

2. Perlu 90 jam untuk menganggap seseorang sebagai teman dengan nyaman

Secara Ilmiah, Berapa Jam Seseorang Bisa Mulai Berteman? Ini Kata Ahliseventeen.com

Setelah kenalan, mungkin kamu akan menghabiskan waktu untuk mengetahui satu sama lain dengan banyak bertanya tentang kehidupan masing-masing, seperti tentang asal-usul dan keluarga.

Meski begitu, kadang kamu merasa canggung karena banyak memikirkan kira-kira apa yang akan kalian bicarakan. Butuh waktu hingga 90 jam untuk menganggapnya sebagai teman dengan nyaman, entah untuk diri sendiri atau mengenalkannya kepada orang lain.

Baca Juga: Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraian

3. Sementara, butuh 90 jam waktu berkualitas untuk seseorang benar-benar kamu anggap sebagai teman dekat

Secara Ilmiah, Berapa Jam Seseorang Bisa Mulai Berteman? Ini Kata Ahlikuaibao.qq.com

“Witing tresna jalaran saka kulina” atau yang berarti ‘cinta karena terbiasa’. Istilah tersebut juga bisa menggambarkan pertemanan seseorang dengan orang lain. Untuk punya teman dekat, kamu memerlukan 90 waktu berkualitas dengan orang lain. Waktu berkualitas ini gak sekadar menyapa atau menghabiskan waktu bersama lho.

Pasti beda rasanya, antara mengobrol panjang lebar tapi canggung dengan berdiam diri dengan teman dekat tapi nyaman. Untuk itu, kamu perlu berusaha dan bersabar. Kamu bisa mengusahakannya dengan banyak bercerita agar dia juga mau terbuka atau bisa dengan bepergian bersama.

4. Seseorang punya kecenderungan untuk mencari teman saat pindah ke tempat baru

Secara Ilmiah, Berapa Jam Seseorang Bisa Mulai Berteman? Ini Kata Ahlicdn.worldnomads.net

Selain itu, ternyata seseorang punya kecenderungan untuk terbuka dan ingin menjalin hubungan yang dalam ketika pindah ke tempat yang baru. Wajar saja karena di tempat yang baru mungkin kamu belum kenal siapa-siapa. Sebagai makhluk sosial wajar saja jika butuh merasa nyaman dengan punya seseorang yang dekat denganmu.

5. Kamu punya waktu 3-4 bulan untuk menjalin pertemanan dengan orang lain atau kemungkinannya kamu gak akan pernah bisa mewujudkannya

Secara Ilmiah, Berapa Jam Seseorang Bisa Mulai Berteman? Ini Kata Ahliunsplash.com/@afaahloo

Dari waktu-waktu tersebut, ternyata ada jangka waktunya lho. Kamu punya waktu 3-4 bulan untuk menjalin pertemanan dengan orang lain, selanjutnya kemungkinan kamu tidak akan bisa mewujudkannya.

Memang baik untuk punya teman sebanyak-banyaknya, namun kamu juga berhak untuk memilih mana yang ingin kamu dekati. Kamu berhak merasa nyaman dan bahagia.

Itu tadi penjelasan tentang berapa jam waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa memulai pertemanan. Sesuatu memang gak bisa dilakukan dengan instan. Kamu pun gak bisa punya teman jika gak berusaha untuk mencari. Untuk itu, berusahalah, namun gak perlu terburu-buru. Nikmati saja waktu yang ada.

Baca Juga: Menurut Penelitian Terbaru, 3 Hal Ini Bisa Menyebabkan Manusia Punah!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You