Comscore Tracker

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan Ilmiahnya

#RamadanMasaKini jika mepet imsak, seberapa mepet kah?

Meski sunah, sahur sangat penting karena jadi satu-satunya waktu untuk umat Islam makan, sebelum datangnya waktu berbuka. Sahur juga penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Lantas, sebenarnya, kapan sih waktu terbaik untuk makan sahur dikaji secara ilmiah? Berikut ulasannya.

1. Sahur yang benar dilakukan di akhir malam

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan Ilmiahnyateamdannygreen.com.au

Dilansir dari Academia, menurut Dr. Mohd Afifuddin Mohamad dari Universiti Sains Malaysia, mempercepat makan sahur di tengah malam memang diperbolehkan. Hanya saja itu tidak sesuai dengan sunah. “Sahur” sendiri dinamai sesuai dengan waktu sahr yang merupakan akhir malam. Seseorang yang makan tengah malam biasanya khawatir melewatkan sahur dan salat Subuh karena ketiduran.

2. Sahur di akhir waktu lebih baik

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan IlmiahnyaPexels.com/Skitterphoto

Itu karena membuat seseorang mendapatkan lebih banyak energi. Adapun, tujuan sahur sendiri adalah memberikan kekuatan fisik dan menghemat energi seseorang, Itu sebabnya, bijaksana untuk menunda sahur di akhir waktu.

3. Sahur sama seperti sarapan yang penting untuk menghindari risiko obesitas, serangan jantung, dan diabetes

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan Ilmiahnyaunsplash.com/brookelark

Studi dari University of Harvard pada 2005 menunjukkan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan rentan mengalami obesitas, serangan jantung, dan diabetes. Sementara, orang yang sarapan pagi, 50 persen menurun risikonya terhadap penyakit tersebut.

Selain itu, penelitian dari Princess Nora bint Abdul Rahman University pada 2010 menunjukkan bahwa sarapan pagi yang teratur memiliki manfaat baik untuk gizi tubuh. Itu sebabnya, sama seperti sarapan, sahur sangat penting dan direkomendasikan sebelum puasa.

Baca Juga: 10 Peristiwa Langit Mei, Ada Hujan Meteor yang Siap Temani Sahurmu! 

4. Sebaiknya, makanlah hingga imsak tiba untuk memaksimalkan waktu makanmu

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan Ilmiahnyapexels.com/mentatdgt

Ada dua waktu untuk berhenti sahur, yakni waktu yang disukai dan waktu yang diizinkan. Memaksimalkan sahur hingga di akhir waktu itu penting. Hanya saja, kamu perlu tahu kapan harus berhenti.

Waktu yang disukai untuk sahur adalah sepuluh menit sebelum waktu Subuh. Contohnya, jika waktu Subuh adalah 04.10, sebaiknya kamu berhenti makan Sahur pada 04.00. Waktu tersebut biasa dikenal dengan istilah imsak.

5. Kamu diperbolehkan makan hingga menjelang waktu Subuh

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan Ilmiahnyapexels.com/vjapratama

Kamu boleh saja makan hingga menjelang waktu Subuh, yakni misalnya sampai 04.10 atau saat azan Subuh berkumandang. Namun, jika melebihi waktu tersebut, puasamu dianggap batal.

6. Tinggalkan makanan yang tersisa saat azan Subuh tiba

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan Ilmiahnyaunsplash/pablomerchanm

Memperkirakan waktu Sahur itu sangat penting. Mungkin pernah kamu Sahur di menit-menit terakhir. Jika kamu memanfaatkannya hingga azan datang, kamu perlu lebih waspada. Saat azan tiba dan masih ada makanan tersisa di tanganmu, sebaiknya kamu tak memakannya.

7. Namun, kamu boleh menelan yang ada di mulut

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik Makan Sahur? Ini Penjelasan Ilmiahnyaeatthis.com

Jika kamu sedang mengunyah dan azan Subuh berkumandang, kamu masih boleh menelannya, kok. Hanya saja, bukan berarti kamu masih boleh santai-santai makan selagi azan, ya. Sebaiknya akhiri dan lanjutkan dengan beribadah salat Subuh.

Makan sahur memang sebaiknya dilakukan di akhir waktu. Namun, bukan berarti kamu mempersiapkan makananmu dengan mepet, ya. Berikan waktu juga untukmu memasak atau memanaskan makanan. Kemudian, berikan waktu untuk kamu makan dengan tenang dan tak terburu -buru hingga waktu imsak atau Subuh.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya