Comscore Tracker

6 Fakta tentang Rasa Pedas, Ada Satuannya Juga Lho

Pecinta pedas wajib tahu

Mengkonsumsi makanan pedas memang sudah menjadi hobi buat sebagian orang. Saat ini juga sudah banyak makanan yang dijual dengan berbagai tingkat kepedasan demi menantang sang pecinta pedas. Berikut adalah 6 fakta pedas yang belum banyak diketahui. Yuk, simak!

1. Rasa pedas disebabkan oleh zat capsaicin

6 Fakta tentang Rasa Pedas, Ada Satuannya Juga LhoUnsplash.com/ Artem Beliaikin

Cabai mengandung komponen aktif bernama capsaicin. Capsaicin paling banyak tersimpan dibagian dalam dan biji cabai. Zat inilah yang memberi sensasi terbakar atau 'rasa pedas' saat dikonsumsi. Tujuan cabai memproduksi capsaicin adalah untuk melindung diri dari serangan mamalia ataupun jamur. 

2. Pedas bukanlah sebuah rasa

6 Fakta tentang Rasa Pedas, Ada Satuannya Juga Lhosehatnesia.com

Lidah manusia hanya mampu mengenali 4 rasa, yaitu rasa manis, asam, asin dan pahit. Pedas bukanlah sebuah rasa. Dalam bahas inggris, pedas berasal dari kata piquance, piquancy atau hot yang adalah suatu jenis ketajaman dan kesakitan khusus terhadap suatu rasa. Jadi, saat kamu kepedasan sebenarnya kamu sedang mengalami kesakitan lho.

3. Air hangat lebih efektif menghilangkan pedas dibanding air es

6 Fakta tentang Rasa Pedas, Ada Satuannya Juga Lhojoss.co.id

Minum air dingin setelah makan makanan pedas memang nikmat. Lidah jadi sejuk dan pedas pun hilang. Namun, rasa itu hanya bertahan sebentar lho. Kamu akan tetap merasakan sensasi pedas sesaat kemudian. Hal ini disebabkan oleh zat capsaicin yang masih tertinggal di lidah. Berbeda dengan air es, air hangat mampu melarutkan zat capsaicin dengan sangat baik sehingga kadar pedas juga akan terminimalisir dan berangsur hilang. Jadi, kalau ingin pedasnya hilang lebih cepat, minumlah air hangat walau rasanya tidak sesejuk air es.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Makan Cabai Rawit, Kaya akan Vitamin!

4. Makanan penghilang pedas

6 Fakta tentang Rasa Pedas, Ada Satuannya Juga Lhohellosehat.com

Selain air hangat, ada beberapa makanan yang bisa dijadikan alternatif sebagai penghilang pedas. Contohnya gula, jeruk nipis, minyak zaitun, dan susu atau produk yang mengandung susu juga bisa.

5. SHU : Schoville Heats Units, Satuan untuk Pedas

6 Fakta tentang Rasa Pedas, Ada Satuannya Juga Lhoforbes.com

Seperti halnya satuan panjang adalah meter (m), satuan berat adalah kilogram (kg), ternyata pedas juga punya satuan. Tingkat kepedasan suatu cabai dinyatakan dengan skala Schoville (SHU) dimana skala ini menunjukkan jumlah zat capsaicin pada cabai. Ada-ada saja ya!

6. Mengkonsumsi Pedas dapat menyembuhkan sariawan

6 Fakta tentang Rasa Pedas, Ada Satuannya Juga Lhohellosehat.com

Tidak jarang pada saat mengalami sariawan, kita diminta untuk mengkonsumsi makanan pedas apalagi cabai. Cabai dipercaya mampu mengatasi sariawan karena mengandung vitamin C.

Namun pada saat timbul sariawan, jaringan dalam keadaan terluka. Sembarangan mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak hanya akan memperburuk keadaan luka. Sebaliknya, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi agar penyembuhan sariawan berjalan lebih cepat. 

Baca Juga: Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuhmu

Vina Anggerina Photo Community Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You