Comscore Tracker

5 Fakta Hura Crepitans, Pohon Berbahaya dengan Buah yang Bisa Meledak!

Ada di Indonesia, lho

Keberagaman flora dan fauna di bumi ini tak pernah habis dan terlalu luas untuk dijelajahi. Selalu ada hal luar biasa yang terjadi dan ditemukan di belahan bumi ini. Dilansir laman Rare dan Useful Tropical Plants Database, salah satu flora yang termasuk sangat unik yaitu Hura crepitans. Lantas apa sih keunikan tanaman ini? Yuk, simak.

1. Dijuluki pohon neraka

5 Fakta Hura Crepitans, Pohon Berbahaya dengan Buah yang Bisa Meledak!idntimes.com/anang-fathur

Tumbuhan ini memiliki banyak nama lain, seperti pohon dinamit, buah roda, bahkan dikenal juga dengan sebutan pohon neraka. Nama ini diberikan karena sifat tumbuhan ini yang memang sangat berbahaya.

Sepanjang batangnya yang menjulang ditutupi dengan duri-duri tajam yang sangat berbahaya bagi manusia maupun binatang. Selain itu, getah tumbuhan ini juga sangat beracun dan biasanya digunakan sebagi olesan pada mata anak panah saat berburu.

Buahnya pun berbahaya karena selain dapat meledak seperti dinamit saat matang, juga dapat menimbulkan kram usus, diare, muntah, kebutaan, bahkan kematian.

2. Berasal dari Amerika selatan

5 Fakta Hura Crepitans, Pohon Berbahaya dengan Buah yang Bisa Meledak!ilovehomoeopathy.com

Tumbuhan berbahaya ini berasal dari kawasan Amerika Selatan dan Hutan Amazon, namun saat ini penyebarannya sudah semakin luas. Selain karena jangkauan sebar biji yang luas karena ledakan yang ditimbulkan, penyebaran tanaman ini juga dibantu angin dan hewan.

Baca Juga: Tuai Pro Kontra, Ini 6 Tanaman yang Merupakan Hasil Rekayasa Genetika

3. Termasuk tanaman evergreen

5 Fakta Hura Crepitans, Pohon Berbahaya dengan Buah yang Bisa Meledak!rare.us

Tumbuhan ini juga termasuk tumbuhan evergreen. Artinya, ia 'selalu hijau dan segar sepanjang tahun di setiap musim'. Ia tidak menggugurkan daunnya dengan serentak  seperti halnya pohon jati saat musim kemarau atau pohon maple saat musim gugur.

4. Ledakan sebagai proses berkembang biak

5 Fakta Hura Crepitans, Pohon Berbahaya dengan Buah yang Bisa Meledak!commons.wikimedia.org

Ledakan yang terjadi pada buah saat terlalu matang bukanlah sebuah tindakan perlawanan dari predator atau semacamnya, melainkan sebagai bentuk upaya perluasan jangkauan penyebaran biji dan upaya reproduksi.

5. Kerap disangkutpautkan dengan hal mistis

5 Fakta Hura Crepitans, Pohon Berbahaya dengan Buah yang Bisa Meledak!africanplants.senckenberg.de

Tumbuhan ini sangat berbahaya dan banyak melukai makhluk hidup lain, baik karena duri pada batangnya, racun getahnya, atau karena ledakan keras dan berbahaya. Tanaman ini pun kerap kali dikaitkan dengan hal-hal mistis dan angker, apalagi namanya yang sudah menyematkan kata neraka yang semakin membuat tumbuhan ini terlihat menakutkan.

Di Indonesia, tumbuhan ini disebut juga dengan buah roda. Jika menemuinya, kamu perlu berhati-hati, ya!

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Bunga Iris, Tanaman Invasif Bunga Nasional Prancis

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya