Comscore Tracker

5 Fakta Indian Bullfrog, Katak Kuning Bersuara Aneh yang Bikin Heboh

Hanya berubah warna saat musim hujan

Baru-baru ini jagat media sosial tengah di hebohkan dengan kemunculan video yang menampilkan puluhan katak besar berwarna kuning dan terdengar dengan suara mereka yang cukup aneh dan menarik perhatian.

Lantas jenis katak apakah itu? Yuk simak fakta katak unik ini.

1. Menghebohkan India

https://www.youtube.com/embed/-_RHZcLd1ps

Berawal dari video yang diunggah oleh akun twitter dengan nama @ParveenKaswan yang menampilkan kawanan katak berwarna kuning sedang menikmati hujan sambil mengeluarkan suara unik di kota Narsinghpur di Madhya Pradesh, India. Video ini berhasil menarik perhatian dan membuatnya viral hingga ke berbagai negara termasuk Indonesia. 

2. Bukanlah hal aneh

5 Fakta Indian Bullfrog, Katak Kuning Bersuara Aneh yang Bikin Hebohresearchmatters.in

Meskipun menimbulkan kehebohan, namun kenyataannya kemunculan katak kuning bersuara aneh ini bukanlah hal yang aneh. Katak tersebut diketahui merupakan jenis katak Indian bullfrog yang memiliki nama latin Hoplobatrachus tigerinus.

3. Ditemukan di beberapa wilayah

5 Fakta Indian Bullfrog, Katak Kuning Bersuara Aneh yang Bikin Hebohjlrexplore.com

Katak unik ini dapat ditemukan di beberapa wilayah di antaranya daratan Myanmar, Bangladesh, Pakistan, Afghanistan, dan Nepal. Jenis katak ini menyukai habitat dengan perairan yang bersih dan daratan yang basah sebagai tempat untuk hidup.

Baca Juga: 5 Fakta Paedophryne amauensis, Spesies Katak Terkecil di Dunia

4. Jantan berubah warna pada musim kawin

5 Fakta Indian Bullfrog, Katak Kuning Bersuara Aneh yang Bikin HebohYoutube.com/farmers market

Indian bullfrog sebenarnya tidak lah berwarna kuning, melainkan berwarna coklat dengan corak atau garis pada bagian punggungnya. Namun sang jantan kemudian akan berubah warna menjadi kuning cerah dengan kantung suara yang menggembung berwarna biru tua cemerlang untuk menarik perhatian sang betina. Perubahan warna ini terjadi selama musim kawin di musim hujan.

5. Tidak beracun bahkan terkdang di konsumsi manusia

5 Fakta Indian Bullfrog, Katak Kuning Bersuara Aneh yang Bikin Hebohconservationindia.org

Jika biasanya kita akan waspada dengan jenis katak berwarna cerah karena umumnya beracun, namun lain halnya dengan indian bullfrog. Meskipun warnanya cerah katak ini tidaklah beracun bahkan kadang dijadikan bahan konsumsi oleh manusia.

6. Spesies katak yang rakus

5 Fakta Indian Bullfrog, Katak Kuning Bersuara Aneh yang Bikin Hebohyoutube.com/aditya joshi

Jenis katak ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan termasuk jenis katak yang rakus krena memakan hampir apa saja yang bisa masuk ke mulutnya. Bahkan berudu dari Indian bullfrog ini juga cukup berbahaya karena seringkali memangsa berudu katak dari jenis lain.

7. Mudah berkembang biak

5 Fakta Indian Bullfrog, Katak Kuning Bersuara Aneh yang Bikin Hebohscroll.in

Seperti kebanyakan spesies katak pa aumumnya, Indian bullfrog juga merupakan jenis katak yang produktif dan menghasilkan banyak keturunan. Dalam satu kali musim kawin indian bulfrogg betina dapat menghasilkan hingga 5.750 telur.

Itu dia beberapa fakta Indian Bullfrog. Spesies katak dengan warna dan suara yang unik. Lucu ya!

Baca Juga: 6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskan

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya